OTOExpo.com –  Tahun 2020 memberikan dampak yang cukup besar kepada seluruh industri pasar mobil bekas dan juga ekonomi dari para pengguna. Hal tersebut telah menyebabkan para pengguna mengurangi budget mereka.



Pada studi yang baru-baru ini dilakukan oleh OLX Autos Indonesia bertajuk “Used Cars Industry Behavior Shift”, melihat lima tren pelanggan yang terjadi pada pasar mobil bekas di 2020.

Perihal kepemilikan mobil, sebanyak 52% responden menyatakan saat ini mereka telah memiliki keinginan untuk membeli mobil, dibandingkan pada masa awal pandemi yang hanya 22%.

Untuk mengantisipasi kenaikan permintaan ini, berbagai cara dilakukan oleh para dealers untuk dapat memfasilitasi para pengguna pada masa pandemi. Kini para dealers menawarkan pendekatan baru diantaranya ada free test drive di rumah dan juga pertemuan secara pribadi.

Tren yang terlihat lainnya adalah adanya peningkatan penggunaan mobil di keseharian pengguna. Sebanyak 42% responden menyatakan saat ini telah menggunakan mobil pribadi dalam kegiatan sehari-harinya, dibandingkan dengan pada masa awal pandemi yang hanya 33%.

Mobil Bekas Yang Seperti Ini Dijauhi Pedagang

Keamanan

Faktor keamanan menjadi alasan pengguna dalam memilih mobil. Namun di sisi lain, para pengguna pun cukup kesulitan ketika ingin membeli mobil secara kredit karena para dealers pun mengalami tantangan dalam jual beli mobil sepanjang tahun.

Mobil Jepang

Berdasarkan data yang dihimpun OLX Autos Indonesia, brand mobil asal Jepang masih menjadi favorit para pelanggan. Berdasarkan studi yang sama, urutan mobil favorit pengguna di tahun 2020 adalah :

  • Toyota Innova,
  • Toyota Avanza,
  • Honda Jazz,
  • Daihatsu Xenia,
  • Honda Brio.

Mobil MPV saat ini masih menjadi andalan para pelanggan untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka. Keadaan setahun terakhir telah menyebabkan para pelanggan mengubah gaya hidup mereka dengan lebih memprioritaskan keamanan.

( Lanjut halaman 2 )

Laman: 1 2