VinFast Mendefinisikan Ulang Kepemilikan Mobil Listrik

VinFast Mendefinisikan Ulang Kepemilikan Mobil Listrik

 

OTOExpo.com –  VinFast kini dengan mantap mengarahkan perhatiannya pada pasar kendaraan listrik Indonesia yang sedang berkembang dalam misi ekspansi internasionalnya.

Kebijakan penyewaan baterai inovatif mereka, terbukti berhasil di Vietnam, menawarkan solusi yang menarik bagi pengendara di Indonesia, khususnya yang sedang melirik kendaraan listrik pertamanya.

VinFast tidak hanya membuat kendaraan listrik lebih terjangkau untuk pengendara di Indonesia tetapi juga memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan tentang kesehatan baterai.

Bagi pembeli mobil, pertanyaan tentang nilai jual sangat bergantung pada keandalan yang disertai oleh umur kendaraan dan masa kepemilikan.

VinFast Mendefinisikan Ulang Kepemilikan Mobil Listrik
VinFast Mendefinisikan Ulang Kepemilikan Mobil Listrik

Dalam industri kendaraan listrik, kekhawatiran ini semakin kompleks dengan hadirnya kesadaran akan masa pakai baterai. Kesehatan baterai menentukan jangkauan kendaraan listrik dan nilai jual dari kendaraan listrik tersebut.

Hal ini menjadi sumber kekhawatiran bagi pengemudi, sebuah faktor yang dapat menurunkan nilai sebuah mobil secara signifikan.

“Oleh karena itu, VinFast hadir menawarkan kebijakan penyewaan baterai berbasis langganan atau battery subscription, sebuah potensi baru yang dapat memisahkan komponen battery pack dari harga pembelian mobil.”

“Dengan penawaran ini, VinFast berkomitmen untuk mengatasi kekhawatiran yang paling mengganggu pemilik kendaraan listrik yakni degradasi baterai,” ujar Tran Quoc Huy, CEO VinFast Indonesia.

Hal ini merupakan salah satu tujuan VinFast sebagai produsen kendaraan listrik terkemuka asal Vietnam, hadir dengan terobosan baru yang dapat mengubah perilaku konsumen agar pengalaman memiliki kendaraan listrik menjadi lebih baik.

Berkendara dengan Percaya Diri: Hilangkan Masalah Kesehatan Baterai

Pergeseran preferensi konsumen terhadap kendaraan listrik masih menjadi tantangan meskipun kesadaran lingkungan dan insentif pemerintah semakin meningkat.

Terbatasnya adopsi kendaraan listrik sebagian disebabkan oleh ketidakpastian seputar umur baterai. Kekhawatiran pelanggan ini merupakan hal yang wajar sebab tingginya biaya penggantian baterai setelah beberapa tahun kepemilikan dapat berefek pada kenyamanan pengendara dan biaya servis yang membengkak.

“VinFast menyadari kekhawatiran konsumen terhadap masa pakai baterai dan ingin membantu adopsi kendaraan listrik secara luas di Indonesia dengan memperkenalkan model penyewaan baterai. Kebijakan penyewaan baterai VinFast yang inovatif menawarkan ketenangan pikiran bagi pemilik kendaraan listrik dengan memastikan baterai mereka tetap dalam kondisi prima.”

VinFast Mendefinisikan Ulang Kepemilikan Mobil Listrik
VinFast Mendefinisikan Ulang Kepemilikan Mobil Listrik

“Jika kesehatan baterai turun di bawah 70% dari kapasitas aslinya, VinFast akan menggantinya secara gratis. Hal ini menghilangkan kekhawatiran dan potensi biaya tinggi untuk mengganti sendiri baterai yang rusak, pengeluaran yang signifikan pada kepemilikan kendaraan listrik tradisional,”  kata Huy.

Meskipun strategi ini menghadirkan kompleksitas dan risiko yang lebih besar bagi VinFast dibandingkan dengan penjualan baterai tradisional, strategi ini memprioritaskan kekhawatiran pelanggan sekaligus mengubah lanskap industri transportasi yang lebih berkelanjutan.

Kekhawatiran utama pada kendaraan listrik tradisional adalah penurunan kesehatan baterai, yang dapat menurunkan nilai jual mobil secara drastis.

VinFast menghilangkan kekhawatiran ini. Dengan mengganti baterai yang kapasitasnya di bawah 70% dan bertanggung jawab atas semua kegagalan baterai, VinFast memastikan kendaraan listrik listrik pelanggan mempertahankan kinerja optimal, yang berpotensi menghasilkan nilai jual kembali yang lebih tinggi di kemudian hari.

Dengan menghadirkan model penyewaan baterai inimodel ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman kepemilikan yang lebih stabil.

Model ini juga berpotensi menjadikan kendaraan VinFast lebih menarik bagi pelanggan yang peduli dengan retensi nilai kendaraan listrik secara jangka panjang.

Rencana penyewaan baterai VinFast dapat mengantarkan era baru kepemilikan kendaraan listrik, di mana masa pakai baterai dan jarak tempuh kini bukanlah masalah besar sehingga kepemilikan mobil listrik lebih terjangkau dan berorientasi pada layanan jangka panjang.

Mobilitas Cerdas, Aman, dan Terjangkau untuk Semua

Sepanjang kepemilikan pelanggan, VinFast menanggung semua biaya pemeliharaan baterai. Hal ini memastikan baterai menerima perawatan ahli yang diperlukan agar dapat berfungsi secara optimal serta memperpanjang masa pakainya.

Selain itu, dengan menawarkan pilihan untuk membeli mobil disertai dengan baterai atau tanpa baterai, produsen kendaraan listrik asal Negeri Naga Biru ini dapat memberikan konsumen pilihan mobil listrik dengan harga yang lebih variatif. Fleksibilitas ini sangat menarik bagi pelanggan yang selama ini ragu untuk berinvestasi awal pada mobil listrik.

“Tentu kendaraan listrik memiliki kapasitas baterai yang besar dan biaya produksi yang mahal,” kata Michael Vousden, analis otomotif di GlobalData, sebuah perusahaan analisis data yang berbasis di London. “Baterai ini yang membuat harga mobil listrik dapat melambung. Jika perusahaan otomotif listrik dapat menurunkan harga pembelian dengan melakukan perjanjian sewa ini, mungkin itu masuk akal.”1

Pengalaman VinFast di Vietnam, pasar kendaraan listrik yang mirip dengan Indonesia dan negara berkembang lainnya, menunjukkan efektivitas kebijakan penyewaan baterai mereka.

Mekanisme ini tidak hanya menurunkan harga dimuka bagi kendaraan listrik milik VinFast, tetapi juga biaya operasional bulanan yang sejalan atau bahkan lebih kompetitif dibandingkan banyak kendaraan berbahan bakar bensin yang ada di pasaran saat ini.

Tentunya, VinFast memastikan biaya ini akan kompetitif atau lebih rendah dibandingkan bahan bakar mobil berbahan bakar bensin tradisional. Produsen mobil Vietnam ini bertujuan untuk membuat kepemilikan kendaraan listrik lebih menarik seiring melonjaknya harga bensin.

VinFast Mendefinisikan Ulang Kepemilikan Mobil Listrik
VinFast Mendefinisikan Ulang Kepemilikan Mobil Listrik

Pendekatan ini terbukti sangat menarik bagi konsumen yang sejauh ini belum dapat menjangkau kendaraan listrik dan biaya servis berkala.

Kebijakan penyewaan baterai, dipadukan dengan kebijakan purna jual yang lebih unggul dibandingkan standar industri, dirancang untuk meminimalkan biaya operasional kendaraan.

Pada akhirnya, upaya ini bertujuan untuk mengurangi beban kepemilikan mobil listrik secara signifikan bagi pelanggan.

Keterjangkauan ini bisa menjadi sangat menarik, menempatkan VinFast untuk bersaing secara agresif dengan produsen mobil dan kendaraan berbahan bakar bensin yang sudah matang. Oleh karena itu, program penyewaan baterai dapat menjadi kunci untuk membuka potensi kendaraan listrik untuk berkembang pesat di pasar yang relatif baru sehingga membuka jalan bagi masa depan yang lebih berkelanjutan di wilayah tersebut.