VinFast Meluncurkan Model Mobil Listrik Kemudi Kanan Saat IIMS 2024

Upaya Ramah Lingkungan Bersama VinFast

 

 

OTOExpo.com – Dalam industri kendaraan listrik, kekhawatiran akan baterai sebagai sumber utama semakin kompleks dengan hadirnya kesadaran akan masa pakai baterai. Kesehatan baterai menentukan jangkauan kendaraan listrik dan nilai jual dari kendaraan listrik tersebut.

Hal ini menjadi sumber kekhawatiran bagi pengemudi, sebuah faktor yang dapat menurunkan nilai sebuah mobil secara signifikan.

“Oleh karena itu, VinFast hadir menawarkan kebijakan penyewaan baterai berbasis langganan atau battery subscription, sebuah potensi baru yang dapat memisahkan komponen battery pack dari harga pembelian mobil. Kebijakan penyewaan baterai VinFast di Indonesia menggarisbawahi komitmennya terhadap transportasi ramah lingkungan.”

VinFast Meluncurkan Model Mobil Listrik Kemudi Kanan Saat IIMS 2024
VinFast Meluncurkan Model Mobil Listrik Kemudi Kanan Saat IIMS 2024

Perawatan rutin, termasuk dalam kebijakan penyewaan baterai, membantu memperpanjang masa pakai baterai. Hal ini berarti lebih sedikit penggantian baterai, sehingga mengurangi dampak yang lebih minim terhadap lingkungan.

“Saya rasa ini adalah peluang pemasaran yang baik, memberikan ketenangan pikiran kepada pembeli bahwa baterai kendaraan mereka akan didaur ulang dengan benar dan tidak akan terbuang sia-sia atau berakhir di tempat pembuangan sampah,” lanjut Michael.  “Pelanggan bisa yakin mereka akan menggunakannya sebagai nilai jual.”

Oleh karena itu, dengan kebijakan penyewaan baterai, VinFast berupaya memastikan penerapan model ekonomi sirkular. Baterai kendaraan listrik diperoleh secara bertanggung jawab dari perusahaan baterai terkemuka dengan kemampuan daur ulang hingga 95%.

“Jika kesehatan baterai turun di bawah 70% dari kapasitas aslinya, VinFast akan menggantinya secara gratis. Hal ini menghilangkan kekhawatiran dan potensi biaya tinggi untuk mengganti sendiri baterai yang rusak, pengeluaran yang signifikan pada kepemilikan kendaraan listrik tradisional,”  kata Huy.

Untuk memastikan pengelolaan baterai yang bertanggung jawab, VinFast menggunakan model penyewaan baterai untuk mengganti baterai dan menggunakan kembali baterai yang sudah ada sebagai unit penyimpanan energi.

Upaya Ramah Lingkungan Bersama VinFast
Upaya Ramah Lingkungan Bersama VinFast

VinFast telah menjalin kemitraan global dengan Li-Cycle, sebuah perusahaan terkemuka asal Kanada untuk daur ulang baterai.

Perusahaan juga mengumumkan Memorandum of Understanding (MOU) dengan Marubeni Corporation, konglomerat perdagangan dan investasi besar Jepang, untuk menjajaki peluang penggunaan sekunder baterai kendaraan listrik dan potensi untuk membangun model ekonomi sirkular.

Marubeni diharapkan dapat memanfaatkan teknologi eksklusif dari mitra strategisnya untuk mendaur ulang baterai kendaraan listrik VinFast, mengubahnya menjadi Battery Energy Storage System (BESS) yang terjangkau dan mudah diproduksi tanpa memerlukan pembongkaran, pemrosesan, dan pengemasan ulang baterai.

Dengan memprioritaskan kesehatan baterai dan daur ulang yang bertanggung jawab, VinFast lebih dari sekadar menjual kendaraan listrik. Mereka membuka jalan menuju masa depan yang lebih bersih.

Komitmen terhadap ekonomi sirkular ini memastikan sumber daya yang berharga digunakan secara efisien, meminimalkan limbah, dan dampak terhadap lingkungan.

Ketika VinFast memperluas jangkauannya, fokusnya pada keberlanjutan berpotensi dapat membuat perbedaan signifikan dalam skala global.