Reset Motor Injeksi Pada ECU dan DLC

OTOExpo.com – Biasanya, motor injeksi yang sering digunakan dengan seiring waktu pasti akan berkurang tenaganya. Tidak perlu risau, namanya juga kendaraan yang digunakan, pasti lama-lama akan turun performanya. Alangkah baiknya apabila motor terasa kurang power-nya,di bawa ke bengkel resmi, jangan di bengkel pinggir jalan

Berikut ini beberapa langkah mengatasinya agar motor kesayangan anda kembali, Jreeeng!,

Reset Injeksi Sepeda Motor

Cara pertama bisa dilakukan dengan reset injeksi. Reset injeksi sepeda motor ini bisa dilakukan di bengkel-bengkel resmi. Proses reset injeksi ini menggunakan alat khusus, HIDS. Dengan alat ini juga, bagian ECU dan DTC akan di setel ualng.

ECU ini berfungsi mengontrol beberapa fungsi dan fitur motor Injeksi. Sedangkan DTC adalah kode yang digunakan untuk mengetahui permasalahan yang ada di dalam sistem kendaraan.

Reset ini perlu dilakukan agar memori ataupun permasalahan yang terjadi pada motor bisa terhapus rekamannya. Jika ECU terlalu banyak menyimpan kode kerusakan motor, bisa-bisa malah ECU-nya yang rusak. Sehingga membuat motor kalian jadi tidak bertenaga.

Setel ulang injeksi ini bisa dilakukan pada motor matic dan motor bebek. Kalian juga bisa melakukannya secara manual, terutama untuk motor pabrikan Honda. Selain mudah dilakukan, penyetalan ulang ini juga dapat mengembalikan performa mesin yang menurun.

Cara Reset DLC

prosedur reset injeksi sepeda motor. Lokasi DLC alias Diagnosis Link Connector. Lokasinya beda-beda untuk tiap pabrikan motor.  Letak DLC untuk motor injeksi pabrikan Yamaha biasanya dekat dengan accu motor.

Untuk motor Honda DLC-nya kebanyakan terletak di bawah jok. Sedangkan Posisi DLC untuk Suzuki hampir sama  dengan Yamaha, terletak dekat dengan accu.

Selanjutnya, buka penutup DLC, lepaskan pengunci DLC. Ingat, di langkah ini mesin dalam keadaan mesin mati dan stop kontak ada di posisi off. Selanjutnya, lakukan  jumper pada DLC, dengan cara menghubungkan kabel berwarna cokelat dengan kabel warna hijau atau hitam.

Masih dalam posisi tersebut, nyalakan stop kontak dengan memutarnya ke posisi on selama tiga detik. Setelah tiga detik, cabut kabel jumper DLC. Tunggu sekitar lima detik, lalu pasang jumper ke tempatnya seperti sedia kala.

Untuk memeriksa apabila proses tersebut sukses, anda bisa memeriksa indikator lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp). Apabila berkedip dengan cepat kaya lampu sein begitu, berarti proses reset DLC sukses.

Cara Reset ECU

Selesai dengan DLC, sekarang waktunya menyetel ulang ECU. Sebelum mereset ECU, pastikan tidak ada kode kerusakan yang tersimpan di ECU. Apabila ada kerusakan, bisa dipastikan acara penyetelan ulang ini bisa gagal total.

Selanjutnya, kalian harus memastikan bahwa jumper DLC masih terpasang. Putar gas ke posisi full saat stop kontak dalam posisi off. Setelah itu, nyalakan stop kontak ke posisi on, dan tunggu beberapa saat hingga lampu MIL berkedip.

Setelah lampu MIL berkedip, tunggu tiga detik sebelum melepas pegangan gas. Lalu, putar stop kontak kembali ke  posisi off. Selanjutnya bisa mencabut kabel jumper DLC.

Biasanya kedipan lampu MIL di proses yang ke dua ini lebih pelan apabila dibandingkan dengan proses reset DLC. Apabila kedipan pendek ini terjadi, bisa dipastikan langkah reset ECU sukses.

• Spread The Love •

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.