OTOExpo.com –  Podcast atau hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum via media internet kini mulai jamak digunakan untuk berbagi konten.

Kata podcast yang merupakan singkatan dari “play-on-demand” dan “broadcast” akhir-akhir ini sedang menjamur di kalangan anak muda.

Apalagi kini pengguna konten audio streaming seperti Tidal, Spotify, Primephonic, Deezer, Qobuz, atau YouTube Music terus bertambah. Spotify menjadi aplikasi podcast yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Kamu bisa mendengarkan podcast secara gratis di Spotify namun ada iklannya kecuali kamu berlangganan bulanan atau harian.

Meskipun dalam bentuk audio, podcast bisa menjadi sarana kreatif untuk memberikan hiburan dan wawasan baru dengan cara yang lebih mudah dinikmati oleh para pendengarnya sambil melakukan kegiatan lain.

Namun ketika kamu ingin memulai sebagai podcaster seringkali menghadapi kebingungan dalam menentukan konten. Selain itu, kamu pun kadang keder karena tidak memiliki peralatan seperti mixer atau mikrofon yang bagus dan mahal untuk membuat podcast.

Di era modern saat ini sebenarnya kamu bisa membuat podcast dengan menggunakan smartphone. Berikut beberapa tips yang akan membantu kamu sebagai podcaster pemula.

Tips Buat Podcast Menggunakan Smartphone
Tips Buat Podcast Menggunakan Smartphone
Tentukan Tema Pembicaraan

Siapkan script terlebih dahulu sesuai tema yang ingin kamu bicarakan. Kalau bisa pilih topik relevan yang dapat menarik para pendengar.

Cara paling mudah saat memilih topik adalah menyesuaikan dengan passion yang kamu sukai. Berbekal topik yang kamu kuasai maka para pendengar podcast akan menilai kamu sebagai ahli yang dapat dipercaya.

Pasang Smartphone di Posisi Tepat

Posisi smartphone saat merekam juga bisa menentukan hasil dari rekaman audio. Sebaiknya letakkan dengan jarak yang cukup agar bisa menghindari volume suara hembusan angin dari mulut atau hidung.

Setelah menentukan topik dan mempersiapkan smartphone, sekarang kamu sudah bisa menyiapkan script untuk tayangan podcast perdana. Khusus untuk episode pembuka, buatlah perkenalan tentang dirimu dan topik yang akan kamu bahas di podcast secara singkat dan informatif.

OPPO Reno6 Meluncur harga resmi 5.199.000
OPPO Reno6 Meluncur harga resmi 5.199.000
Rekam Suaramu

Untuk merekam dengan menggunakan smartphone, sebaiknya matikan notifikasi. Kemudian kamu dapat mulai merekam suara, sendirian, berdua, atau beramai-ramai, yang terpenting adalah topik pembicaraan seru dan hasil rekaman jelas.

Buatlah script untuk tayangan podcast sesuai dengan durasi yang kamu inginkan, biasanya antara 20 hingga 60 menit. Namun sebaiknya kamu melakukan improvisasi dari script agar podcast terdengar alami, bukan sekadar membaca teks.

Sunting dan Unggah

Kamu bisa menggunakan aplikasi penyunting suara, salah satunya Audacity. Tambahkan keterangan dan deskripsi untuk masing-masing episode podcast. Buatlah rangkuman singkat untuk menjelaskan topik di episode tersebut, lalu berilah cover atau sampul menarik dari podcast-mu.

Untuk mengudarakan audio file buatanmu bisa dengan menggunakan layanan third-party seperti Anchor.fm untuk mengunggah tayangan podcast ke berbagai platform media digital seperti Spotify, SoundCloud, atau YouTube.

Pilih Smartphone Andal

Spesifikasi smartphone juga harus diperhatikan untuk membuat podcast. Kamu bisa mencoba perangkat OPPO Reno6 yang memiliki spesifikasi mumpuni dan dilengkapi dengan RAM 8GB LPDDR4X serta ROM 128GB UFS 2.1.

Ponsel cerdas ini juga dipasangi dengan teknologi RAM Expansion untuk memperluas kapasitas memori sehingga mencukupi untuk menyimpan rekaman suara podcast-mu.

OPPO Reno6 Meluncur harga resmi 5.199.000
OPPO Reno6 Meluncur harga resmi 5.199.000

Selain itu, OPPO Reno6 memiliki baterai berdaya besar 5000mAh sehingga bisa menyala lebih lama untuk membuat konten podcast.

Adanya teknologi Dolby Atmos yang menghasilkan kualitas suara lebih baik juga kian mendukung aktivitas pembuatan podcast.

Sebagai tambahan, agar rekaman suara lebih ciamik kamu dapat menggunakan OPPO Enco Air. True wireless (TWS) earphone berbasis Bluetooth 5.2 ini memiliki teknologi peredam bising panggilan berbasis kecerdasan buatan yang intensif, membantu menghadirkan pengalaman suara nan jernih.