Target Isuzu 2024 Perluas Lingkup Usaha Sebagai Real Partner Real Journey

Target Isuzu 2024 Perluas Lingkup Usaha Sebagai Real Partner Real Journey

 

 

OTOExpo.com –  PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) menunjukan performa yang luar biasa dan berhasil menunjukan bisnis yang sustainable di sepanjang tahun 2023 dengan menguasai pangsa pasar kendaraan komersial sebesar 27,7 persen.

Melalui pencapaian tersebut, PT IAMI berhasil menarik perhatian konsumen di Tanah Air kala kondisi pasar yang saat ini sedang mengalami penurunan.

“Kami bersyukur bisa melewati tahun 2023 dan menorehkan pencapaian yang sangat baik dengan memegang teguh prinsip Cautious Optimism. PT IAMI berhasil memaksimalkan sumber daya yang kami miliki serta memanfaatkan peluang-peluang usaha yang ada di tahun 2023, sehingga pangsa pasar Isuzu di segmen kendaraan niaga bisa meningkat sebesar 1,3 persen di tengah penurunan pasar yang terjadi,” ungkap President Director PT IAMI, Yusak Kristian Solaeman.

Target Isuzu 2024 Perluas Lingkup Usaha Sebagai Real Partner Real Journey
Target Isuzu 2024 Perluas Lingkup Usaha Sebagai Real Partner Real Journey

Kepercayaan konsumen pada tahun 2023 ditunjukan oleh penjualan retail PT IAMI yang mencapai 30.085 unit kendaraan, atau setara dengan 27,7 persen total market kendaraan niaga di Indonesia.

Isuzu Elf menempati urutan pertama sebagai produk terlaris dengan penjualan 14 ribu unit dan disusul oleh Isuzu Traga yang terjual lebih dari 11 ribu unit.

Namun, secara persentase, kenaikan yang sangat pesat justru didapat oleh isuzu GIGA dari sektor commercial, di mana ada peningkatan sebesar 34,5 persen dan Isuzu Mu-X dari sektor light commercial yang mengalami peningkatan sebesar 94,7 persen

Secara market share, Isuzu GIGA meningkat 4 persen mencapai 17 persen.

Prestasi positif yang diraih pada tahun 2023 juga menambah deretan performa luar biasa PT IAMI selama 4 tahun berturut, di mana perusahaan bisa meningkatkan pangsa pasar sebesar 4,0 persen.

Sedangkan untuk suku cadang mengalami kenaikan signifikan sebesar 19,8 persen dan ini menjadi capaian terbaru Isuzu di Indonesia.

Kesuksesan PT IAMI, sebuah entitas yang menjadi bagian dari ASTRA International, yang didapatkan di tahun 2023 ini tidak terlepas dari sepak terjang perusahaan yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1974.

Target Isuzu 2024 Perluas Lingkup Usaha Sebagai Real Partner Real Journey
Target Isuzu 2024 Perluas Lingkup Usaha Sebagai Real Partner Real Journey

PT IAMI senantiasa mendukung ekosistem bisnis Indonesia melalui penyediaan solusi mobilitas melalui penyediaan kendaraan bermotor dengan harga yang kompetitif, biaya yang efisien, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen setia.

Hampir selama 50 tahun hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia, PT IAMI sudah melayani jutaan konsumen dari Sabang sampai Merauke dan mendukung kemajuan perekonomian, bisnis, dan perdagangan melalui inovasi yang terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Oleh sebab itu, Isuzu kini hadir dengan 3 produk andalannya yakni Isuzu Elf, Isuzu Traga, dan Isuzu Giga yang bisa dipilih oleh konsumen dan disesuaikan dengan kebutuhan untuk mendukung aktivitas usaha, bisnis, atau kebutuhan sehari-hari secara efektif, efisien, serta terjangkau dari berbagai aspek.

Salah satu kunci utama bisnis PT IAMI terus bisa bertahan selama 50 tahun adalah dengan menghadirkan harga yang kompetitif, menyediakan kendaraan yang sesuai serta efisiensi biaya operasional yang begitu baik sehingga bisnis konsumen bisa ikut tumbuh.

Seluruh kendaraan yang ditawarkan oleh PT IAMI juga tidak lupa didukung layanan purna jual melalui penyediaan kendaraan servis dan penyediaan produk suku cadang yang lengkap, mudah dan cepat.

Isuzu pun sangat mengapresiasi para konsumen yang telah menjadikan Isuzu sebagai real partner real journey.

Tantangan & Peluang Menuju 50 Tahun Isuzu Indonesia

Kini memasuki tahun emas hadirnya Isuzu di Indonesia, PT IAMI melihat banyak peluang dan tantangan yang sudah siap untuk dihadapi.

Berbagai kegiatan dan kampanye untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, serta berbagai inovasi terus dilakukan guna menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan zaman.

“PT IAMI juga akan meningkatkan bisnisnya dengan memperluas lingkup usahanya serta menggaet lebih banyak konsumen di tahun 2024. Langkah-langkah konkrit yang akan diambil meliputi peningkatan portofolio produk dan penyempurnaan layanan purna jual, memaksimalkan pabrik Isuzu di Karawang, memperbesar ekosistem dan stakeholder, sampai memperkuat pilar-pilar bisnis PT IAMI,” lanjut Yusak Kristian Solaeman.

Target Isuzu 2024 Perluas Lingkup Usaha Sebagai Real Partner Real Journey
Target Isuzu 2024 Perluas Lingkup Usaha Sebagai Real Partner Real Journey

Pada tahun 2024, PT IAMI sudah menargetkan diri untuk menjual lebih dari 30 ribu unit kendaraan niaga dengan berbagai model atau diperkirakan setara kontribusinya terhadap lebih 30 persen pangsa pasar kendaraan niaga serta meningkatkan pertumbuhan bisnis sparepart hingga 11,3 persen.

Selain itu, PT IAMI juga berencana untuk melakukan pengembangan utilitas pabrik menjadi 75 persen untuk memenuhi permintaan pasar.

Konten lokal pada produk-produk Isuzu Indonesia juga akan ditingkatkan agar bisa menghasilkan efisiensi dan efektivitas sehingga akhirnya konsumen mendapatkan hasil yang maksimal.

Langkah tersebut sudah mempertimbangkan proyeksi pemerintah terkait pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang mencapai lebih dari 5 persen di tahun 2024.

Proyeksi ini sangat positif bagi Bangsa Indonesia karena pertumbuhan yang akan dialami oleh Indonesia jauh di atas pertumbuhan ekonomi global yang diperkirakan hanya terjadi 2,9 persen.

Kemudian tahun 2024 yang kental dengan suasana politik karena Pemilihan Umum (Pemilu) juga berpotensi menjadi tantangan sekaligus peluang yang bisa dimanfaatkan PT IAMI untuk meningkatkan pertumbuhan bertepatan dengan momen 50 Tahun Isuzu di Indonesia.

Peningkatan perputaran uang yang diperkirakan tembus di Rp179 triliun sanggup mendorong pertumbuhan di sektor retail, tekstil, dan logistik di mana seluruhnya ini membutuhkan kendaraan niaga sebagai bagian dari bisnisnya.