Suzuki Akan Garap Segmen LSUV (Low Segmen Utility Vehicle)

OTOExpo.com – Tidak bisa dipungkiri, penjualan Suzuki masih mengandalkan seri Ertiga di kelas penumpang. Untuk itu, agar tetap bertahan diperlukan ‘kekuatan baru’. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan model ini mencapai 12.850 unit pada semester I/2019.

Saat ini suzuki Ertiga jauh tertinggal dari Toyota Avanza yang merajai kelas mobil serbaguna dengan perolehan 39.825 unit dan Mitsubishi Xpander 32.652 unit pada periode yang sama. Guna menambah kekuatan di kelas tersebut, segmen low sport utility vehicle (LSUV) dianggap paling tepat untuk diisi produk baru.

Line Up Teranyar

Apalagi dikabarkan isu yang beredar adalah Suzuki XL7 akan menjadi model terbaru yang akan menjadi line up teranyar. Model tersebut merupakan peremajaan Suzuki XL6 untuk pasar Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan bahwa apapun produk yang akan masuk Indonesia, pertimbangan utamanya adalah harus bisa diproduksi lokal.

Suzuki XL6 Tengah Dipersiapkan Sasar MPV Premium

Segmen Menarik

Dia juga mengakui bahwa Suzuki belum memiliki produk di segmen LSUV. Padahal di India melalui Maruti sudah ada kelas yang diisi oleh Suzuki XL6, low SUV yang sudah dipasarkan di India. Donny pun menilai segmen tersebut sangat menarik untuk digarap karena termasuk dalam segmen yang paling laris di Tanah Air.

Pasar LSUV menurutnya sangat menarik karena secara line up pasar ini juga potensial, berarti volumenya juga bagus. “Menurut kami, kalau kita perkenalkan produk baru pasti kita produksi di sini. Rugi kalau impor,” pungkasnya.