Strategi KTB Fuso Hadapi Tahun 2024 Dengan Optimis

Strategi KTB Fuso Hadapi Tahun 2024 Dengan Optimis

 

 

OTOExpo.com –   PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia mengungkapkan strategi untuk hadapi tahun 2024. Berdasarkan Data GAIKINDO, penjualan kendaraan komersil dibanding tahun 2022 turun hingga 9 persen.

“Selama 2023 itu kondisinya sedang kurang baik. Jadi ada mining, plantation, kemudian ditambah lagi global ekonomi yang mengakibatkan harga komoditi CPO, batu bara itu tidak sebagus pada tahun 2022,” ungkap Aji Jaya selaku Director of Sales & Marketing Division PT KTB.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, KTB berencana untuk mencari beberapa sektor yang masih berpotensi dan berkontribusi untuk pembelian kendaraan. Salah satunya adalah sektor logistik.

Mitsubishi FUSO eCanter Akan Meluncur Di GIIAS Bawa Kenyamanan Dan Keamanan Lebih
Mitsubishi FUSO eCanter Akan Meluncur Di GIIAS Bawa Kenyamanan Dan Keamanan Lebih

Lebih lanjut Aji mengungkapkan, “Perusahaan logistik itu pengoperasiannya cukup tinggi dan harian. Harus membawa barang atau mengantarkan barang dengan cepat dan tepat waktu. Jadi yang menjadi kebutuhan mereka adalah satu quality, kedua mengenai efisiensi atau operasional.”

Saat disinggung mengenai bus, Mitsubishi Fuso mengungkapkan pihaknya masih mempelajari untuk bisa bermain di segmen bus besar.  “Kami masih mempelajari pasarnya dan juga secara internal melakukan studi bisnis di segmen ini ,” kata Aji Jaya di Jakarta, Jumat.

Hingga saat ini, Fuso memiliki berbagai varian yang dihadirkan di segmen tersebut seperti Canter Bus yang masih menjadi andalan perusahaan untuk saat ini.

“Jadi saat ini seperti Canter Bus, segmennya LTD (light duty truck), saat ini kita sedang fokus di segmen ini. Karena di segmen microbus enam ban, kalau Canter Bus itu di empat ban, alhamdulillah masih menjadi market,” ucap dia.

“Kita masih fokus menggarap segmen bus yang di light duty truck, bus LTD, yang enam ban dan empat ban,” tambah dia.

Dengan masih fokus di segmen LDT, Fuso diklaim ini dirinya masih menjadi raja di segmen tersebut. meski begitu, Fuso tidak menutup kemungkinan nantinya akan bermain di segmen yang lebih luas untuk menambah jajaran portofolio perusahaan.

Sehingga, Fuso di industri kendaraan niaga masih fokus pada segmen bus-bus di segmen LTD (light duty truck) yang menggunakan enam dan juga empat ban yang memang memiliki pasar yang cukup positif.

Strategi KTB Fuso Hadapi Tahun 2024 Dengan Optimis
Strategi KTB Fuso Hadapi Tahun 2024 Dengan Optimis

Tidak itu saja, KTB juga memiliki program yang sifatnya touch langsung pada konsumen, komunikasi langsung dengan konsumen, “sehingga kita tahu, sehingga bisa memberikan program atau strategi yang benar mereka butuhkan,” ungkapnya lebih lanjut.

Menurut rencana, Mitsubishi FUSO eCanter juga akan diluncurkan tahun 2024 ini. Berbagai persiapa sudah dilakukan untuk peluncurannya. termasuk meminjamkan unit contoh kendaraan niaga listrik tersebut ke beberapa perusahaan yang selanjutnya akan ditanyakan mengenai kesiapannya.

“Mereka kita pinjamkan hanya dua bulan. Jadi kalau dua bulan itu belum sampai pada saat mereka harus melakukan maintenance rutin. Dengan harus membeli bahan bakar diganti dengan listrik, mereka sudah rasakan manfaat yang sudah mereka peroleh,” ujar Aji.

“Kalau dari hasil PoC (Proof of Concept) yang kami laksanakan, responnya baik. Seperti yang kita katakan di GIIAS tahun lalu, bahwa pertengahan tahun ini kita akan lauching (eCanter). Dari 8 company yang kita coba berikan kendaraan untuk dicoba di jalan (program PoC), responnya tadi. Sudah ada yang sangat berminat untuk melakukan pembelian unit ini.” pungkas Aji.

Next Generation eCanter merupakan wujud dukungan Mitsubishi Fuso terhadap regulasi pemerintah dan komitmen untuk terus menjaga keberlangsungan lingkungan hidup yang sehat di Indonesia.

Berdasarkan riset yang terus dilakukan sejauh ini persiapan KTB sudah cukup matang untuk merilis truk listrik Fuso eCanter di Indonesia.

Mitsubishi Fuso eCanter akan hadir di Indonesia dengan status completely built up (CBU), atau diimpor langsung dalam kondisi utuh dan lengkap.

Untuk harga truk listrik tersebut, Aji Jaya belum membocorkan harga untuk mitsubishi FUSO eCanter tersebut.

Strategi KTB Fuso Hadapi Tahun 2024 Dengan Optimis
Strategi KTB Fuso Hadapi Tahun 2024 Dengan Optimis

FUSO Di GIICOMVEC 2024

Diajang GIICOMVEC 2024, KTB menampilkan 5-line up produk truk unggulan mereka untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat.  Terdapat lima unit varian Light Duty Truck (LDT) dipajang di pameran tersebut seperti :

  • FUSO Canter FE 71,
  • FUSO Canter Bus,
  • FighterX FN61 FL (6×2),
  •  Fighter X FN62F HD TH (6×4)
  • FUSO eCanter.