OTOExpo.com –  Untuk meracik kopi dengan kualitas superior, Specialty Coffee Association of America (SCAA) menyarankan menggunakan air yang mengandung 50-150 part per million (ppm) mineral.



Jika angkanya terlalu tinggi, maka akan membuat kopi dengan rasa yang terlalu tebal, sementara angka yang terlewat rendah membuat kopi terasa encer.

Namun di luar manfaat mineral, ada kekhawatiran di kalangan para barista atau pemilik mesin kopi bahwa menggunakan air mineral dapat menimbulkan kerak putih pada beberapa area mesin. Padahal, hal ini sangat mudah untuk ditanggulangi. “Kerak putih ini tidak berbahaya dan mudah dibersihkan. Seharusnya ini sudah termasuk salah satu treatment standar kebersihan mesin kopi di kafe,” lanjut Aga.

Jika tidak pernah dibersihkan atau terlambat dibersihkan hingga lebih dari dua minggu, maka korosi tetap lebih mudah terjadi.

Berangkat dari hasil penelitian dan anjuran peracikan kopi inilah, AQUA menawarkan solusi untuk secangkir kopi yang otentik. “Selain dibutuhkan oleh tubuh, ternyata mineral yang ada di dalam air dapat meningkatkan cita rasa kopi yang kita minum. Air mineral AQUA berada tepat di rentang pembuatan kopi yang ideal berdasarkan SCAA, juga dapat membantu menjaga kualitas mesin kopi agar lebih tahan lama,” ujar Dion Sugianto Product Development Manager dari Research & Innovation AQUA. ……. ( Lanjut Halaman 2 )

Laman: 1 2