OTOExpo.com –  Meski PPKM tengah berlangsung, perawatan motor tetap perlu diperhatikan agar kondisi motor selalu prima saat digunakan kembali.

“Walaupun sedang dalam kondisi PPKM, pengguna sepeda motor tetap perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala secara rutin. Untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam melakukan servis rutin, Yamaha menghadirkan fasilitas SKY (Service Kunjung Yamaha) yang dapat dinikmati oleh seluruh konsumen setia Yamaha,” ujar Frengky Rusli selaku Chief Yamaha DDS Jabodetabek.

Selain servis rutin menggunakan fasilitas SKY (Service Kunjung Yamaha) yang dibantu oleh teknisi Yamaha, kita juga dapat melakukan perawatan ringan terhadap sepeda motor sendiri dirumah.

Service Kunjung Yamaha Perawatan Sepeda Motor Selama PPKM
Service Kunjung Yamaha Perawatan Sepeda Motor Selama PPKM

Terdapat beberapa komponen seperti rantai roda, kabel kopling, kabel gas dan bagian-bagian lainnya yang perlu diperhatikan oleh pemilik sepeda motor ketika tidak digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Karena dikhawatirkan akan dapat mempengaruhi kinerja motor tersebut.

Berikut beberapa tips perawatan ringan sepeda motor selama PPKM :

1. Mencuci sepeda motor untuk menghindari timbulnya karat dan risiko lainnya yang berpotensi merusak komponen.

2. Memberi pelumas pada bagian yang berpotensi akan berkarat, seperti rantai roda, kabel kopling, kabel gas dan bagian-bagian lainnya yang bergesek.

3. Memanaskan mesin secukupnya setiap hari, kira-kira sampai suhu kerja mesin antara 80-100 derajat celcius, biasanya memakan waktu sekitar 3-5 menit.

4. Untuk motor matic, sebaiknya diparkir dengan standar tengah agar mudah ketika ingin melakukan pemanasan mesin.

5. Jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu cukup lama, simpan ditempat yang terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan retakan pada kaca speedo meter dan dapat membuat warna body motor menjadi kusam serta memudar.

……Lanjut Laman 2


Laman: 1 2