0 0
Waktu :4 Menit, 12 Detik

OTOExpo.com –  Royal Enfield, merek sepeda motor yang terus berproduksi, yang berkomitmen terhadap misi sosialnya Responsible Travel, dengan memperlihatkan video dokumenter dengan judul “Mendokumentasikan Generasi Terakhir Pengrajin Tusuk Konde dengan Teknik Patri Tiup”.

Video dokumenter yang dibuat bersama Nusantara Documentary tersebut, menandai komitmen dan keterlibatan langsung Royal Enfield dalam melestarikan budaya, termasuk di Indonesia, serta merupakan bagian dari inisiatif global Royal Enfield #LeaveEveryPlaceBetter yang telah menjadi katalisator diantara komunitas Royal Enfield di berbagai belahan dunia untuk berkendara dengan lebih bertanggung jawab.

Berbicara mengenai kegiatan pelestarian warisan di Indonesia, Vimal Sumbly, Business Head for APAC Markets, Royal Enfield berkata: “Royal Enfield berfokus menyemangati komunitas berkendara kami yang bertumbuh semakin banyak untuk berkendara secara bertanggung jawab dengan tujuan meninggalkan setiap tempat dalam keadaan lebih baik – #LeaveEveryPlaceBetter.” ujarnya.

Royal Enfield fasilitasi Video Dokumenter
Royal Enfield fasilitasi Video Dokumenter

Proses pembuatan video dokumenter teknik Patri Tiup dikerjakan oleh Bonfilio Yosafat, pendiri Nusantara Documentary, yang berkendara dengan Royal Enfield 500 ke tempat tinggal Pak Bardian di Kotagede.

Misinya adalah untuk mengarsip secara visual proses pembuatan tusuk konde Jawa yang ikonis dengan teknik tradisional Patri Tiup, yang saat ini hanya dikerjakan oleh Pak Bardian yang berusia 67 tahun.

Berbicara mengenai perjalanan pembuatan video dokumenter tersebut, Bonfilio Yosafat, pendiri Nusantar Documentary berujar: “Mengetahui kisah Patri Tiup dan Pak Bardian, saya kemudian mengajak Royal Enfield untuk membantu melestarikan warisan budaya ini dengan video dokumenter. Syukur Royal Enfield bersedia untuk berkolaborasi dengan Nusantara Documentary. ”

Royal Enfield fasilitasi Video Dokumenter
Royal Enfield fasilitasi Video Dokumenter

“#LeaveEveryPlaceBetter sungguh merupakan apa yang selama ini sudah dilakukan oleh Bonfilio selama perjalanannya melestarikan warisan budaya Indonesia melalui video dokumenter, termasuk kisah Patri Tiup. Bersama-sama kita bisa membantu menyebarkan kisah ini dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan warisan budaya Indonesia yang sungguh indah dan tak ternilai harganya ini, tutup Vimal Sumbly.


 

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %