OTOExpo.com – Baru-baru ini, ramai perbincangan di media massa soal aksi korporasi besar dari GO-JEK dan Tokopedia. Dengan mergernya kedua perusahaan, dampak yang paling ditunggu tentu salah satunya datang dari kalangan pedagang online. Harapannya, dengan merger bersama GO-JEK, makin banyak pilihan dan kemudahan dalam proses distribusi barang ke pelanggan, dan lebih banyak area yang dapat dijangkau.

Sebelum aksi korporasi dilakukan, tercatat minat penjual untuk memanfaatkan platform digital memang naik drastis di tengah pandemi. Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020 mencatat bahwa 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%.

Banyaknya migrasi pelaku UMKM ke skema pemasaran digital selama pandemi menandakan adanya permintaan konsumen yang terus berevolusi.

Namun, dibalik peluang dan segala kemudahan, ada beberapa hal yang patut jadi pertimbangan usahawan sebelum memutuskan terjun ke transformasi bisnis secara digital.

Menanggapi hal di atas, CEO Qasir Michael Williem mengatakan, harus ada unsur kehati-hatian dari gerakan migrasi di atas. Ia menyebut kerap kali usahawan luput memperhatikan risiko yang muncul dari pemasaran melalui media sosial dan platform marketplace/e-commerce.

Qasir Ungkap Peluang Usaha Online Masih Menggiurkan
Qasir Ungkap Peluang Usaha Online Masih Menggiurkan

“Kami menyadari usahawan mikro yang akan menjalani usaha online akan lebih mudah dengan memulai penjualannya di media sosial maupun marketplace. Namun, usahawan juga perlu mempertimbangkan risiko apa saja yang dihadapinya, di samping peluang dan benefit yang didapat jika hanya mengandalkan kedua media tersebut untuk pemasaran,” jelas Michael.

Menurut pria yang akrab disapa Mike ini, setidaknya ada tiga jenis manfaat dan risiko dari media sosial dan marketplace yang dapat menjadi pertimbangan agar semakin siap dan strategis ketika memulai bisnis online.

1. Memulai Bisnis Lebih Mudah dan Cepat

Melalui platform sosial media atau marketplace, usahawan bisa mulai hanya dengan mengikuti instruksi yang tersedia. Seperti mengisi data diri dan kelengkapan data usaha, memuat gambar produk dan layanan, menuliskan deskripsi singkat dari layanan yang dimiliki, dan berinteraksi secara real-time dengan konsumen.

Usahawan juga dapat mengakses di mana pun dan kapan pun aplikasi tersebut melalui smartphone kesayangannya. Khusus di media sosial, usahawan juga dapat membangun dan meningkatkan brand awareness-nya melalui unggahan yang tidak hanya bersifat promosi tetapi juga konten-konten edukatif, informatif, dan menghibur yang berkaitan dengan jenis bisnisnya.

Namun, waspada akan ancaman kejahatan siber yang mengintai data pribadi.

Kemudahan dan pengalaman berbisnis yang lebih simpel dengan menggunakan platform pihak luar tetap berisiko akan faktor keamanan.

Kemungkinan adanya pencurian identitas maupun produk dan layanan yang disalahgunakan bisa dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Misalnya, secara langsung maupun tak langsung kompetisi yang tidak sehat membuat kompetitor Anda berusaha untuk menyerang privasi dan menjual informasi yang Anda miliki. Hal ini tentunya dapat merugikan konsumen maupun usahawan dan keberlangsungan bisnis kedepannya

Di Qasir, kebijakan privasi pengguna sangat dijamin kerahasiaannya. Pengguna secara sadar  memberikan persetujuan pengumpulan informasi pengguna tersebut kepada Qasir.

Sedangkan, pihak Qasir juga menjamin informasi pengguna hanya digunakan semata-mata untuk kepentingan pengguna, meningkatkan kualitas layanan, memperlancar proses transaksi, dan tujuan lainnya sepanjang diperbolehkan oleh ketentuan hukum yang berlaku.

Untuk mengantisipasi kebocoran data, Qasir menggunakan tools atau software yang memang sudah sangat kredibel dan kuat sistem keamanannya untuk bertukar informasi antar tim Qasir. Selain itu, pihaknya juga mendorong tim tertentu untuk menggunakan VPN demi menjamin kerahasiaan data yang dipegangnya.

…….. Lanjut Halaman Berikutnya ( Meningkatkan Efisiensi Operasional Bisnis )

Qasir Ungkap Peluang Usaha Online Masih Menggiurkan Dibutuhkan Kiat Khusus
Qasir Ungkap Peluang Usaha Online Masih Menggiurkan Dibutuhkan Kiat Khusus

 


Laman: 1 2