OTOExpo.com – Ketika Wuling Motors selaku pemegang merek Wuling masuk ke Indonesia, diprediksikan mobil tersebut tidak akan laku di pasaran.

Pasalnya, banyak masyarakat Indonesia masih tidak percaya dengan kendaraan asal Tiongkok. Selama ini, penetrasi kendaraan Tiongkok ke Indonesia selalu mengecewakan konsumen.

Layanan purna jual menjadi faktor utamanya. Dibutuhkan waktu agar masyarakat kembali percaya akan produk Tiongkok.

Pabrik Wuling

Untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat, PT SAIC General Motor Wuling (SGMW) melakukan ‘gebrakan’  dengan melakukan peresmian pabrik Wuling pada 11 Juli 2017 di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat.

Pembangunan pabrik Wuling menggelontorkan investasi sebesar USD 700 juta atau sekitar Rp 9,3 triliun. Pabrik ini menciptakan rantai industri hulu dan hilir serta melibatkan sekitar 3.000 lapangan kerja untuk masyarakat lokal.

PT SAIC General Motor Wuling (SGMW) melakukan ‘gebrakan’ dengan melakukan peresmian pabrik Wuling pada 11 Juli 2017 di Greenland International Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat.

Saat itu, Direktur Senior Manufaktur Wuling Motors Arif Pramadana mengatakan, pabrik Wuling Cikarang sudah dilengkapi teknologi global manufacturing system (GMS).

Dalam pelaksanaannya, Wuling mengandalkan 15 pemasok komponen internasional ternama dan sekitar 20 pemasok komponen local.

“Pabrik ini menunjukkan keseriusan kami untuk memasuki pasar Indonesia, dan merupakan pencapaian penting bagi Wuling di Indonesia,” kata Arif saat itu.

Bukti keseriusannya juga dibuktikan dengan menyediakan layanan purna jual terlebih dahulu sebelum berjualan dengan membangun 50 lebih dealer dan bengkel resmi yang tersebar di penjuru tahah air.

Strategi tersebut dilakukan demi menepis stereotip negatif, yang sudah melekat lama untuk merek Cina di dalam negeri yang susah jaringan layanan purna jual.

Wuling Confero Hadir

Di tahap awal, Wuling membidik pasar segmen mobil penumpang kecil LMPV (low multipurpose vehicle). Wuling Confero dilepas dan dipasarkan dengan harga mulai dari Rp.128 juta rupiah membuat mobil ini ramai perbincangan di platform media sosial.

Setelah Wuling Confero yang viral karena harga yang ditawarkan di bawah harga pasar, Wuling kembali luncurkan seri Cortez dan dilepas mulai dari 180 jutaan. Lagi-lagi menjadi viral dengan dengan harga rendah teknologi mumpuni.

Teknologi yang diusung kedua mobil Wuling pertama di Indonesia tadi memiliki perbedaan yang cukup jauh. Wuling Confero memakai teknologi GM karena ada campur tangan GM disana sementara Wuling Cortez memakai teknologi SAIC.

GIIAS 2019 Masih Memiliki Pesona Bagi Para Pecinta Otomotif di Indonesia

Selain pasar domestik, Wuling turut melebarkan sayapnya ke mancanegara melalui kegiatan ekspor yang dimulai sejak September 2019.

Kini, setelah 4 tahun kiprahnya di Indonesia, Wuling telah meluncurkan 4 model dimana tiga diantaranya berada di segmen mobil penumpang seperti LMPV Confero, MPV Cortez dan SUV Almaz. Sedangkan Wuling Formo menjadi mobil van yang bertarung di segmen kendaraan niaga ringan.

Penghargaan

Beberapa penghargaan bergengsi berhasil diraih Wuling dari kehadiran mobil-mobil tersebut. Selain itu, Wuling juga meraih penghargaan untuk inovasi teknologi canggihnya yang diberi nama WISE yang merupakan perpaduan dari Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driving Assistance System (ADAS).

Masyarakat Indonesia terkejut dengan inovasi canggih yang ditawarkan Wuling. Pasalnya, inovasi canggih pada Wuling tidak terdapat di mobil lain yang harganya relatif lebih mahal.

Teknologi WISE mewujudkan ekosistem pintar di mana pengguna dan kendaraannya bisa saling terhubung via koneksi internet, sehingga pengguna dapat melakukan berbagai kendali dari aplikasi pada gawai pintar ataupun head unit.

Lalu, Wuling juga memiliki teknologi perintah suara cerdas berbahasa Indonesia pertama yakni, Wuling Indonesian Command (WIND)

Teknologi WIND Buat Wuling ALMAZ Dapat Diperintah Lewat Suara

“WISE mendukung kebiasaan berkendara yang aman dan bertanggung jawab melalui kehadiran ADAS. Kami berharap, dengan adanya inovasi ini, pengguna dapat semakin mudah berkendara di berbagai kondisi. Seluruh fitur dalam ADAS ini mampu meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi,” ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Wuling membawa payung accelerate technology bagi negeri.

Gaikindo

Bahkan berdasarkan data GAIKINDO, Wuling yang memiliki lini mobil di bawah harga pasar sudah masuk dalam jajaran 10 mobil terlaris di Indonesia dan berhasil menggeser mobil-mobil yang sudah lebih dulu hadir.

“Almaz di luar ekspektasi kami. Untuk itu kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang mempercayakan Wuling sehingga kami masuk 10 merek terlaris di Indonesia,” ungkap Vice President Wuling Motors, Cindy Cai.

Kemudahan Kepemilikan

Selain teknologi WISE, berbagai Inovasi juga dilakukan Wuling. Salah satunya dalam layanan kepemilikan kendaraan. Melalui Smart Showroom Wuling, konsumen dapat melakukan registrasi untuk test drive, mengetahui simulasi cicilan, hingga mendapatkan informasi program promo terbaru dari Wuling.

Berbagai kemudahan telah disiapkan untuk layanan purna jualnya, seperti layanan Wuling Mobile Service, Wuling Customer Assitance di 0800-100-5050 dan Wuling juga didukung 124 jaringan dealer yang tersebar di seluruh Indonesia.

Wuling juga memiliki  aplikasi MyWuling+  untuk memudahkan para konsumennya mengakses berbagai layanan. Termasuk menghubungkan antara satu pelanggan dengan yang lainnya, serta menyajikan informasi terbaru dari Wuling.

Teknologi WISE Wuling Dinobatkan sebagai salah satu brand inovatif di Tanah Air
Teknologi canggih dari Wuling memudahkan konsumennya
Kerjasama Pembiayaan Nasional

Wuling telah bekerjasama dengan delapan perusahaan leasing dan salah satunya adalah Wuling Finance, captive finance company Wuling yang mulai beroperasi sejak dua tahun silam.

Wuling menyediakan program promo kepada pelanggan berupa gratis servis selama 4 tahun atau 50.000 KM (mana yang tercapai lebih dahulu) tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Wuling turut mendukung pemerintah dalam memperpanjang kebijakan subsidi PPnBM 100% melalui seri Confero. Wuling juga memberikan subsidi PPnBM untuk seri Cortez, seri Almaz, dan seri Almaz RS.

4 Tahun Wuling Motors berkarya di pasar otomotif Indonesia

4 Tahun Wuling Motors berkarya di pasar otomotif Indonesia