Performa Mobil untuk Rutinitas Seru di 2023

Performa Mobil untuk Rutinitas Seru di 2023

OTOExpo.com – Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans), potensi pergerakan selama periode libur Nataru di 2022 menyentuh 16,35% dari jumlah penduduk Indonesia, atau sekitar 44,17 juta orang.

Jumlah ini lebih banyak dibandingkan 2021 yang diprediksi sebanyak 19,9 juta orang. Lonjakan pergerakan selama periode libur Nataru ini mengingatkan para pengendara mobil akan pentingnya melakukan pengecekan dan servis mobil pasca liburan.

Donald Rachmat, General Manager Branch Operation & Commercials CARSOME Indonesia, mengatakan, “Servis mobil berkala adalah kegiatan memperbaiki mobil yang wajib dilakukan paling tidak setiap 6 bulan sekali. Sebenarnya, kilometer tidak selamanya menjadi acuan untuk melakukan servis mobil, namun pada teori umum 10.000 km pada mobil baru dapat dicapai dalam waktu 6 bulan. Jika tidak mencapai kilometer tersebut pun, Anda tetap wajib melakukan servis mobil. CARSOME juga memberikan rekomendasi ini bagi kendaraan Anda yang baru saja kembali dari liburan, untuk melakukan pengecekan cairan oli dan beberapa komponen mesin.”

Berikut 6 komponen teratas yang perlu diperhatikan untuk mengembalikan performa mobil dan menemani rutinitas para pembaca setia Anda di 2023:

Filter Utama Mobil

Untuk mobil yang telah dipacu dalam jangka waktu yang lebih lama dari penggunaan sehari-hari, terdapat empat komponen filter vital yang berpotensi mengalami penurunan performa, seperti filter oli, filter udara, filter bahan bakar, dan filter AC.

Performa Mobil untuk Rutinitas Seru di 2023
Performa Mobil untuk Rutinitas Seru di 2023

Keempat filter tersebut perlu dicek secara berkala untuk mencegah debu dan kotoran menyumbat sirkulasi, sehingga menghambat kinerja mesin dan mengganggu kenyamanan berkendara Anda.

Rem Mobil

Kemacetan yang tidak dapat dihindari akan memberikan beban kerja lebih besar pada rem mobil Anda. Secara berkala, lakukan pengecekan dengan cermat terhadap komponen rem mobil Anda, termasuk minyak rem, kanvas, dan selang pada rem. Beberapa penggantian mungkin perlu dilakukan, terutama ketika telah melewati batas pemakaian.

Ban Mobil

Sebagai tumpuan utama sebuah mobil ketika melewati kondisi jalan yang tidak dapat diprediksi, juga penumpang dan barang bawaan yang memenuhi mobil Anda, pengecekan berkala terhadap tekanan udara dan setiap sudut ban mobil menjadi penting.

Anda juga perlu untuk segera mengganti ban mobil jika kondisinya sudah terlihat menipis, karena ban mobil yang tidak layak dapat berakibat fatal bagi pengendara dan penumpang.

Kaki-kaki Mobil

Ketika Anda mengendarai mobil dengan ban yang terasa tidak stabil bergerak liar ke kiri atau kanan, bisa jadi ada masalah pada kaki-kaki mobil.

Masalah pada kaki-kaki mobil mungkin muncul ketika setir terasa bergetar tidak wajar atau ketika terdengar bunyi saat berputar atau berbelok. Apabila Anda merasakan ciri-ciri tersebut, lakukan pengecekan pada tie road dan long tie road.

Aki Mobil

Sebagai penyuplai daya listrik bagi komponen-komponen mobil, Anda dapat melakukan pengecekan berkala  berdasarkan jenis aki yang digunakan untuk mobil Anda.

Performa Mobil untuk Rutinitas Seru di 2023
Performa Mobil untuk Rutinitas Seru di 2023

Jika Anda pengguna aki basah, periksa kualitas aki dan cek apakah volume air aki yang Anda miliki masih dalam kualitas aman. Sedangkan untuk pengguna aki kering, Anda dapat memantau suara mesin yang ditimbulkan saat mobil dinyalakan (starter).

Bersihkan Kabin dan Bagasi

Untuk kenyamanan berkendara Anda, terutama ketika menjalani rutinitas yang padat, pastikan seluruh bagian mobil Anda dalam keadaan bersih. Penyemprotan desinfektan dapat dilakukan secara rutin untuk melindungi Anda dan keluarga dari virus dan bakteri.

Semoga tips ini dapat membantu Anda dan memberikan semangat tambahan untuk menjalani kembali rutinitas dengan berkendara di 2023.

Performa Mobil untuk Rutinitas Seru di 2023
Performa Mobil untuk Rutinitas Seru di 2023