0 0
Waktu :8 Menit, 44 Detik

Penandatangan Perjanjian Kerja Bersama BRIDGESTONE Indonesia

OTOExpo.com –  Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. beserta jajaran Kementerian Ketenagakerjaan berkesempatan menghadiri penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) antara Manajemen PT Bridgestone Tire Indonesia dengan Serikat Pekerja dari PUK SPSI KEP 3 Wilayah yaitu Pabrik Bekasi, Pabrik Karawang dan Kantor Pusat. Penandatanganan tersebut berlokasi di kantor pusat PT Bridgestone Tire Indonesia Karawang pada tanggal 12 Januari 2022 kemarin.

Penandatanganan PKB PT Bridgestone Tire Indonesia disaksikan Menteri Ketenagakerjaan RI

“Kami sangat berbahagia Ibu Menteri Ketenagakerjaan, Ibu Ida Fauziyah, berkenan menghadiri dan menyaksikan penandatanganan PKB di PT Bridgestone Tire Indonesia. Pembaharuan PKB ini merupakan wujud upaya bersama dari Manajemen dan Serikat Pekerja untuk terus menjaga hubungan industrial yang harmonis, di tengah tantangan era persaingan yang begitu dinamis,” ujar Mukiat Sutikno Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia.

Penandatangan Perjanjian Kerja Bersama BRIDGESTONE Indonesia
Penandatangan Perjanjian Kerja Bersama BRIDGESTONE Indonesia

PKB yang ditandatangani adalah yang ke XIV bagi PT Bridgestone Tire Indonesia dan akan berlaku untuk periode 2022-2024. Dalam penandatanganan tersebut, Manajemen diwakili oleh oleh Mukiat Sutikno selaku Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Yunus Triyonggo selaku HRGA Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia serta Respati Bayu Head of HRGA PT Bridgestone Tire Indonesia.

Sedangkan jajaran pimpinan Serikat Pekerja diwakili oleh Ketua Serikat PUK SPSI KEP 3 wilayah,  masing-masing Zen Mutowali (Bekasi), Jamaludin Suhri (Karawang) dan Ahmad Lutfi (Kantor Pusat).

Dalam sambutannya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. menyampaikan apresiasi kepada Manajemen PT Bridgestone Tire Indonesia dan Serikat Pekerja yang telah berhasil melaksanakan perundingan PKB ke XIV ditengah situasi pandemi COVID-19 dimana dibutuhkan kerja keras, komunikasi efektif, komitmen, empati dan persepsi yang sama  dari pihak Manajemen dan Serikat Pekerja.

Beliau juga berharap momentum ini dijadikan komitmen bersama untuk mewujudkan kemitraan yang baik antara Manajemen dengan Serikat pekerja PT Bridgestone Tire Indonesia sehingga dapat mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan tetap terjaga.

Apresiasi

Pada kesempatan ini, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. juga menyampaikan apresiasi atas segala upaya perusahaan dalam membantu pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19, seperti Sosialisasi Protokol Kesehatan dan bahaya COVID-19 serta Vaksinasi Massal yang ditunjukkan tidak hanya kepada pekerja saja tetapi juga beserta keluarganya.

Penandatangan Perjanjian Kerja Bersama BRIDGESTONE Indonesia
Penandatangan Perjanjian Kerja Bersama BRIDGESTONE Indonesia

Diakhir sambutannya, beliau turut menghimbau bahwa dengan adanya Undang-Undang Cipta Kerja dan peraturan pelaksananya tidak akan mendegradasi kualitas PKB yang sudah baik.

Selain dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan, acara penandatanganan ini dihadiri pula oleh Dirjen HI-Jamsos Kemenaker RI, Ibu Dra. Indah Anggoro Putri, M. Bus., Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bapak Budi Hartawan, S.E., M.A., jajaran Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang, serta jajaran Petinggi Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Ketua DPK APINDO Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang, Ketua PC FSP KEP SPSI Kab-Kota Bekasi dan Kab. Karawang selaku para stakeholder yang terlibat selama proses pembahasan PKB dan turut mendukung terciptanya iklim hubungan industrial yang harmonis di PT Bridgestone Tire Indonesia.

“Bagi Bridgestone, fokus utama kami saat ini adalah menjaga daya saing serta terus meningkatkan produktivitas dan keunggulan kualitas produk kami. Dan kami percaya, hal tersebut hanya dapat dicapai melalui hubungan industrial yang harmonis, dimana semua karyawan saling bahu membahu memastikan keberlanjutan perusahaan dalam menghadapi berbagai tantangan pasar yang ada di dalam maupun luar negeri. tutup Mukiat.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Ibu Ida Fauziyah juga sekaligus meresmikan program pemagangan PT Bridgestone Tire Indonesia yang bernama BE MANTAP.

Sebuah program pemagangan bersertifikat yang merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap pengembangan SDM di Indonesia serta pemenuhan kebutuhan operator yang multitasking di bisnis manufaktur masa mendatang.

Dalam akhir kunjungannya, Ibu Ida Fauziyah menyempatkan untuk berkunjung ke dalam pabrik Bridgestone untuk melihat langsung proses pembuatan ban Bridgestone sebagai salah satu pemimpin pasar di Indonesia dan produk-produknya telah sangat dikenal luas oleh masyarakat.

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %