OTExpo.com –  MSIG Indonesia menyelenggarakan virtual seremoni penyerahan donasi berupa 6.000 buah (1.500 set buku) edukasi protokol kesehatan COVID-19 pada anak kepada 12 sekolah di Paliyan, Yogyakarta, sebagai persiapan pelaksanaan sekolah tatap muka pada wilayah tersebut.

Selain penyerahan donasi pendidikan tersebut, acara ini sekaligus menjadi penutupan rangkaian penyelenggaraan kompetisi menggambar tingkat sekolah dasar yang merupakan implementasi dari edukasi pelestarian keanekaragaman hayati yang dilaksanakan oleh MSIG Indonesia sejak bulan Agustus 2021 yang lalu.

Takashi Ogita, Direktur MSIG Indonesia menyampaikan harapannya pada seremoni virtual yang dilaksanakan pagi ini, “Inisiatif ini merupakan kontribusi nyata MSIG Indonesia untuk berperan dalam penanggulangan COVID-19 dan pengembangan pendidikan di wilayah Paliyan, Yogyakarta, yang sejalan dengan misi kami untuk menciptakan masyarakat yang dinamis dan turut serta menjaga masa depan bumi”, ungkapnya.

MSIG Indonesia Dukung Pendidikan Anak Sekolah Dasar di Paliyan Yogyakarta
MSIG Indonesia Dukung Pendidikan Anak Sekolah Dasar di Paliyan Yogyakarta

Ke-12 sekolah dasar yang menerima donasi pendidikan dan melibatkan siswanya dalam kompetisi menggambar antara lain MI Yappi Banjaran, SD Muhammadiyah Karangduwet, SDN Paliyan I, SDN Paliyan II, SDN Paliyan IV, SDN Paliyan V, SDN Trowono I, SDN Karang Asem yang berlokasi di kecamatan Paliyan serta MI Yappi Karang, SDN Kepek I, SDN Kepek II dan SDN Jetis I di kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pandemi COVID-19 mengharuskan para orang tua dan tenaga pendidikan untuk mampu menemukan solusi kegiatan edukatif yang aman dan membangun bagi anak-anak di rumah.

Namun, keterbatasan akses internet dan sumber pendidikan di luar sekolah yang dialami sejumlah besar anak-anak dari kategori kurang mampu di Indonesia menjadi kendala besar dalam dunia pendidikan nasional.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkap masih ada 12.000 sekolah yang tak memiliki akses internet di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T), serta 48.000 sekolah dengan jaringan internet yang buruk di penjuru daerah. 

MSIG Indonesia Dukung Pendidikan Anak Sekolah Dasar di Paliyan Yogyakarta
MSIG Indonesia Dukung Pendidikan Anak Sekolah Dasar di Paliyan Yogyakarta

Pelaksanaan Kompetisi Menggambar Tingkat Sekolah Dasar

Antusiasme siswa sekolah dasar di Paliyan terhadap kegiatan ini terbukti dengan jumlah siswa yang berpartisipasi hingga penutupan kompetisi pada akhir Agustus 2021 yang lalu sejumlah 1.265 siswa atau sebesar 89% dari jumlah sekolah dasar di Paliyan.

Para pemenang kompetisi menggambar ini, masing-masing mendapatkan smartphone sebagai sarana pendukung untuk menjalani kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun di rumah.

.………lanjut laman 2


Laman: 1 2