Astra UD Trucks Quester Euro 5 Menggunakan teknologi SCR Yang Lebih Ramah Lingkungan

OTOExpo.com –  Terdapat 2 teknologi untuk memenuhi standar emisi gas buang yang ditetapkan pemerintah yakni  teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Exhaust Gas Recirculation (EGR). Penggunaan Teknlogi Exhaust Gas Recirculation (EGR) mengharuskan pengusaha truk untuk menggunakan bahan bakar bersulfur maksimal 50 ppm dan atau setara dengan Pertamina Dex.

Untuk itu, UD Trucks memutuskan menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) yang dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar Bio Solar atau B30 atau Solar Subsidi dan tetap menghasilkan  emisi gas buang Euro 5.

Astra UD Trucks Quester Euro 5 Menggunakan teknologi SCR Yang Lebih Ramah Lingkungan
Astra UD Trucks Quester Euro 5 Menggunakan teknologi SCR Yang Lebih Ramah Lingkungan

Quester Euro 5 tetap menggunakan mesin yang sama dengan mesin Quester yang diluncurkan tahun 2015 yakni mesin commonrail yang dipadukan dengan teknologi Selective Catalytic Reduction atau (SCR)  sehingga mampu melindungi mesin tetap awet sepanjang waktu dan aman dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke gas buang.

Teknologi SCR yang terdapat di Quester Euro5 menggunakan Ad Blue sebagai cairan untuk mengurangi kandungan NOx pada gas buang yang dihasilkan oleh mesin, sehingga sesuai standar Euro 5.

Quester  mengurangi Nox gas buang dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue) ke saluran gas buang di sistem yang terpisah dari mesin utamanya sebelum dibuang ke atmosfer. Sistem ini dikenal dengan istilah Selective Catalytic Reduction (SCR) yang  merupakan teknologi pengendalian sisa pembakaran yang mampu mengurangi emisi Nox dan menghasilkan standar Emisi Euro 5.

Penggunaan Ad Blue ini sebesar 3-5% dari bahan bakar yang digunakan. Jika 1 liter solar digunakan 3 Km, maka 1 Liter Ad Blue dapat digunakan untuk 75 Km. 

AdBlue merupakan cairan yang mengandung urea dan dipatenkan oleh German Association of the Automobile Industry (VDA). Reaksi kimia antara urea dan gas buang, bisa menetralkan gas berbahaya nitrogen oksida (Nox) menjadi air dan nitrogen.

Teknologi SCR Menggunakan AdBlue Dalam Pengoperasiannya di UD Trucks Quester Euro5
Teknologi SCR Menggunakan AdBlue Dalam Pengoperasiannya di UD Trucks Quester Euro5

UD Truks pada generasi yang terdahulu Bernama Nissan Diesel merupakan kelas heavy duty truk pertama di dunia yang telah menggunakan teknologi AdBlue, yang diaplikasikan pada truk Quon di tahun 2004. Teknologi tersebut berhasil mereduksi emisi gas buang tanpa mengganggu kinerja mesin utamanya.

Keuntungan menggunakan Adblue

  1. Mewujudkan Teknologi Ramah Lingkungan
  2. Menekan Tingkat dan Kadar Polusi Udara 
  3. Penggunaan oleh pengemudi menjadi aman dan lebih efisien
  4. Standar emisi Euro 5 dapat dicapai
  5. Perawatan mesin sama seperti mesin Euro 3
  6. Dapat menggunakan bahan bakar solar mengandung Sulfur Tinggi, B30 dan sejenisnya.

harga AdBlue di pasaran akan dibandrol sebesar Rp 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) per liter dan AdBlue bisa didapatkan di seluruh jaringan market place Astra UD Trucks seperti Seva, Tokopedia, Shopee dan Blibli serta di seluruh jaringan outlet Astra UD Trucks di Indonesia.

 

Saksikan Videonya di Youtube Channel @otoexpo_official