OTOExpo.com –  Para produsen smartphone mulai menyematkan fitur NFC atau Near-field Communication. Begitu pula OPPO yang juga telah menggunakan fitur ini sejak seri R, yaitu R17 Pro, di mana ia merupakan ponsel pertama yang memiliki fitur NFC. Kini fitur NFC juga disematkan di seri Reno, termasuk juga di OPPO Reno6.

Fitur ini berupa teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk berbagi informasi hanya dengan mendekatkan ponsel satu sama lain. Dengannya, kamu bisa  mengirim file, foto dan video, mentransfer kontak, berbagi aplikasi, dan melakukan pembayaran tanpa kontak antara ponsel yang mendukung NFC.

Cara kerja NFC sebenarnya bisa digambarkan secara simpel. NFC menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim dan menerima data melalui gelombang radio dengan kecepatan tinggi ketika memegang ponsel berdekatan satu sama lain.

Untuk mengaktifkan NFC, masuk ke menu Settings> Connection & sharing, lalu aktifkan NFC. Hal ini harus secara otomatis mengaktifkan Android Beam untuk memungkinkan transfer data via NFCLalu apa saja sih yang bisa kamu lakukan dengan fitur NFC?

Bagikan Kontak

NFC memungkinkan pengguna untuk mengirim nomor ponsel dan detail kontak ke ponsel lain tanpa harus memasukkan detail secara manual. Untuk melakukan ini, buka Kontak yang ingin kamu bagikan, lalu sentuh ponsel secara bersamaan dan pilih untuk mengirim. Kontak yang kamu kirim akan disimpan ke Daftar Kontak di perangkat lain.

Kirim Gambar atau Video

Untuk mengirim foto atau gambar dari ponsel kamu ke perangkat lain, buka Gambar di aplikasi gambar pilihanmu, tempatkan bagian punggung perangkat bersamaan, lalu tekan KirimSend ketika diminta.

Manfaatkan NFC untuk Bertukar Data dan Bertransaksi Digital

Kirim Dokumen

Apabila kamu ingin mengirim buku online, PDF, atau dokumen lain, maka kamu dapat menggunakan Android Beam. Temukan dokumen di ponselmu, lalu buka menu Settings dan pilih Share > Android Beam. Dekatkan kedua perangkat, lalu tekan Kirim/ Send ketika diminta.

Bagikan Aplikasi

Kamu tidak dapat mengirim aplikasi secara langsung ke ponsel orang lain. Akan tetapi, ketika kamu membuka aplikasi dan menyentuhkan ponselmu bersamaan, kamu bisa mengarahkannya untuk membuka aplikasi Play Store sehingga mereka dapat mengunduh dan memasangnya sendiri.

……….Lanjut Halaman Berikutnya


Laman: 1 2