Mitsubishi FUSO Hadirkan Produk Kuat dan Ramah Lingkungan di GIIAS 2022

Kontribusi Mitsubishi Fuso Euro4 Mengurangi Pencemaran Udara Yang Mengkhawatirkan

 

 

OTOExpo.com – Kehadiran truk sebagai kendaraan bermotor dengan muat banyak tentu sangat dibutuhkan terutama di negara yang sedang berkembang ataupun negara maju.  Truk sendiri merupakan sebuah kendaraan beroda empat atau lebih untuk mengangkut barang atau sering juga disebut sebagai mobil barang.

Sayangnya, kehadiran truk menjadi salah satu penyebab terjadinya pencemaran udara yang buruk. Hasil pembakaran bahan bakar dari truk dapat menyebabkan pencemaran udara yang serius yang dapat dengan mudah dihirup oleh kita.

Polutan Berbahaya

Udara buruk yang telah tercemar, dipenuhi oleh materi partikulat (PM) serta cairan berbahaya yang memenuhi atmosfer. Pencemaran udara juga menjadi salah satu kerusakan lingkungan, berupa penurunan kualitas udara karena masuknya unsur-unsur berbahaya ke dalam udara atau atmosfer bumi.

Unsur-unsur berbahaya yang masuk ke dalam atmosfer tersebut bisa berupa karbon monoksida (CO), Nitrogen dioksida (No2), chlorofluorocarbon (CFC), sulfur dioksida (So2), Hidrokarbon (HC), Benda Partikulat, Timah (Pb), dan Carbon Dioksida (CO2). Unsur-unsur tersebut bisa disebut juga sebagai polutan atau jenis-jenis bahan pencemar udara.

Partikel yang berukuran kecil tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam hidung dan paru-paru saat kita hirup. Setelah terhirup, ini akan memicu masalah pada kesehatan manusia. Berbagai penyakit terutama masalah pernapasan menjadi sangat rentan, seperti asma, iritasi mata, sakit tenggorokan, bronkitis, bahkan dapat menyebabkan kanker paru-paru dan kardiovaskuler.

Peraturan Pemerintah

Guna menekan pencemaran udara, tentu dibutuhkan standarisasi oleh pemerintah. Standarisasi yang dilakukan pemerintah sebagai bentuk peralihan batas emisi kendaraan diesel yang sebelumnya Euro 2 kini menjadi Euro 4. Melalui peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PermenLHK) NO.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 yang diterbitkan pada Maret 2017 berisi tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor.

Dalam peraturan tersebut ditetapkan, standar emisi Euro4 untuk kendaraan bensin berlaku efektif 18 bulan sejak peraturan diterbitkan. Sedangkan untuk kendaraan diesel 4 tahun atau sekitar bulan April di tahun 2021.

Mitsubishi FUSO Lengkapi 29 Varian Canter dan Fighter X dengan Standar EURO4
Mitsubishi FUSO Lengkapi 29 Varian Canter dan Fighter X dengan Standar EURO4

Penerapan tersebut tentu tidak mudah bagi produsen kendaraan bermotor, terutama produsen truk. Pasalnya, selain  dibutuhkan dana yang tidak murah juga diperlukan berbagai pengembangan dari truk yang sudah ada sebelumnya.

Pihak produsen harus memastikan bahwa truknya dapat memenuhi persyaratan emisi yang ketat tanpa mengorbankan kinerja atau efisiensi bahan bakar.

Krama Yudha Tiga Berlian

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang merupakan distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia menjawab tantangan tersebut dan juga mendukung peraturan pemerintah tersebut.

“Di negara asalnya, Mitsubishi Fuso sudah memiliki kendaraan bermesin diesel dengan standar Euro4. Jadi hal tersebut sebenarnya bukan perkara sulit bagi Fuso untuk menghadiran truk-truk bermesin diesel dengan standar Euro4 di Indonesia.” terang Marketing Director dan Marketing Division PT KTB, Duljatmono.(10/03/2022).

Hal tersebut dibuktikan, KTB langsung menghadirkan FUSO dengan meluncurkan 29 varian canter dan fighter x sekaligus yang tentunya sudah memenuhi standar Euro4. Terdiri dari 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X yang ramah lingkungan.

Hadir dengan standar EURO4, mesin 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X dilengkapi teknologi Common Rail yang canggih dapat menghasilkan tenaga mesin yang maksimal, torsi yang lebih tinggi di range RPM yang lebih panjang sehingga performanya lebih optimal.

Mesin baru

Menggunakan mesin baru, performa mesin turut terdongkrak, hingga lebih bertenaga mulai dari 108PS – 150PS pada Canter serta penyesuaian pada Final Gear Ratio untuk performa lebih optimal.

Selain itu, teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan.

Asiknya, kurang lebih 80% suku cadang Canter dan Fighter X memiliki kesamaan dengan yang ada di line up sebelumnya.

Teknologi

“Tiga teknologi utama pada mesin Fuso Euro 4 yaitu penggunaan mesin common-rail dengan ECU (electronic control unit), penambahan Diesel Oxidation Catalyst Muffler, dan Exhaust Gas Recirculation,” ungkap Duljatmono.

Mitsubishi Fuso meluncurkan 3 varian baru yang belum ada di line-up sebelumnya yaitu Canter FE 74 HDS untuk kebutuhan heavy duty yang juga mengutamakan kecepatan, Canter FE 84 SHDX dengan volume kargo yang lebih besar, dan Canter FE 84 GS untuk kebutuhan logistik yang membutuhkan tenaga lebih besar.

Seluruh Model Mitsubishi Fuso Maru-P Jadi Fighter X Baru dengan Euro4
Seluruh Model Mitsubishi Fuso Maru-P Jadi Fighter X Baru Dengan Euro4

Tidak itu saja, Mitsubishi Fuso juga mengakhiri produksi untuk salah satu lini produknya yaitu Mitsubishi Fuso Maru-P pada tanggal 30 Maret 2022 lalu. Sebagai gantinya, KTB membawa produk yang sesuai regulasi pemerintah berstandar emisi EURO 4 per bulan April 2022 lalu dan mentransformasi seluruh model Fuso Maru-P menjadi varian baru Medium Duty Truck (MDT) yaitu dengan nama Fighter X.

Fuso Maru-P

Selama ini Fuso Maru-P dikenal sebagai truk yang tangguh di semua medan serta dapat digunakan untuk berbagai segmen bisnis konsumen seperti perkebunan, pertambangan, dan infrastruktur.

Kesemua produk yang diluncurkan KTB menjadi bukti bahwa FUSO tidak main-main dalam urusan pencemaran lingkungan. Fuso Euro4 hadir menjawab keinginan para konsumen dengan truk yang kuat, kokoh, tangguh, irit bahan bakar dan juga ramah lingkungan.

Mitsubishi FUSO juga berkomitmen untuk memberikan layanan yang unggul di era Euro4 dan memastikan bisnis pelanggan dapat berjalan lancar. kehadiran 29 varian FUSO tersebut memiliki banyak variasi untuk mewujudkan layanan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

After Sales Fuso

Tidak sekedar jualan semata, KTB juga menyiapkan after sales untuk line-up produknya. Hal ini tentu menjadikan FUSO nilai plus dimata konsumennya. Mitsubishi FUSO memiliki layanan jaringan terluas dengan lebh 200 dealer berstandar 3S, lebih dari 6.500 part shop, Truck Center 24 jam, Layanan Bengkel Mobil Berjalan (Mobile Workshop Service), dan program free service.

Mitsubishi Fuso menambah fasilitas Parts Depo untuk menjamin ketersediaan pasokan suku cadang. Mitsubishi Fuso juga akan meningkatkan fungsi Mobile Workshop Service yang dilengkapi dengan peralatan berteknologi tinggi untuk memeriksa kinerja mesin EURO 4 dan menyediakan mekanik profesional untuk melakukan perawatan unit-unit kendaraan yang ada di on-site atau di lokasi operasional konsumen. Dukungan Runner Telematics juga ditingkatkan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap.

FN 62 FL HD Truk Mitsubishi Fuso 6X4 dengan Sasis Terpanjang
FN 62 FL HD Truk Mitsubishi Fuso 6X4 dengan Sasis Terpanjang nongol di GIIAS

Hasilnya, pada GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2022 kemarin, KTB mengumumkan selama tiga bulan FUSO Euro4 berhasil mencatat 4.378-unit SPK dan 1.699- unit SPK. Menjadikan bukti bahwa FUSO dapat diterima dan juga dipercaya masyarakat Indonesia sebagai truk yang tangguh, kuat, irit dan pastinya ramah lingkungan.

Konsumen Fuso

Salah satu konsumen Fuso yaitu PT. Putra Mandiangin Utama (PT.PMU) yang bergerak di bidang pertambangan batubara bahkan telah memesan 300 unit Canter FE SHDX Euro-4 untuk operasionalnya.

Muhammad Alyafei selaku Managing Director PT. PMU, mengatakan Mitsubishi FUSO terkenal dengan produk yang kuat, andal, dan berkinerja tinggi. Hadir dengan reputasi yang baik, produk FUSO telah dijual dan dipercaya di seluru dunia.

“Oleh karena itu, kami memilih FUSO sebagai kendaraan yang mendukung bisnis kami,” kata Muhammad Alyafei (09.11/2022).

Sementara itu, Haspin Walad, Managing Director PT. Metalik Bara Sinergi (PT. MBS) yang bergerak di bidang jasa angkutan batubara telah memesan 100-unit Canter FE SHDX.  PT. MBS mempercayai Mitsubishi FUSO sebagai mitra bisnisnya dikarenakan masukan dari pengemudi mereka.

Mereka memberitahukan bahwa kendaraannya mudah dikendarai dan komunikasi dengan mekanik profesional dan tenaga penjual luar biasa. Mereka sering menghubungi pelanggan untuk mengingatkan jadwal perawatan.

“Jadi, kami tidak ragu untuk menggunakan FUSO sebagai kendaraan operasional kami untuk mendukung bisnis kami,”katanya.

KTB Kirim Beberapa unit FUSO Euro4 Ke Pelanggan Di Jakarta
KTB Kirim Beberapa unit FUSO Euro4 Ke Pelanggan Di Jakarta

Sebagai “Andalan Bisnis Sejati”, Mitsubishi Fuso selalu siap untuk mendampingi seluruh konsumen dan Mitsubishi FUSO berkomitmen untuk memberikan layanan yang unggul di era Euro4 serta memastikan bisnis konsumen berjalan dengan lancar.

 

 

 

 

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *