Kijang Tipe LGX Masih Banyak Peminatnya

OTOExpo.com –  Sebelum Kijang Innova, Toyota memiliki Kijang LGX yang dimasanya mobil tersebut banyak sekali peminatnya. Selain ruang yang lapang, kijang LGX menawarkan interior yang lebih elegan.

Berawal dari Kijang Super dan Kijang Grand. Kedua mobil tersebut diproduksi dengan rentang waktu dari tahun 1985 hingga 1997. Dengan bentuk yang masih terlihat kotak, mobil ini sejatinya cukup laku. Terbukti hingga saat ini pun kedua mobil tersebut masih diburu penggemar.




MenyalinKijang LGX atau biasa juga disebut ‘kijang kapsul‘ terinspirasi dari kijang Grand yang sudah mengalami beberapa modernisasi seperti pada bagian grill depan, lampu depan, disematkannya power steering, ac double blower.

Toyota Kijang LGX pertama kali dipasarkan pada tahun 1997 hingga tahun 2004. Setelah itu Kijang kapsul tidak diproduksi lagi, dan sebagai gantinya muncul kijang Innova.

Dua Varian

Dari tahun 1997 hingga 2004, kijang LGX mempunyai dua varian yaitu Kijang LGX tahun 1997-1999 dan kijang LGX keluaran 1999-2004.  Dimana pada kedua varian tersebut memiliki perbedaan dari sisi teknologi dan penggunaan bahan bakar.

Kijang Tipe LGX Masih Banyak Peminatnya

Untuk teknologi LGX tahun 1999 sudah dibekali dengan teknologi fuel injection sehingga sudah menghasilkan tenaga yang lebih baik dan bagus jika dibandingkan dengan mobil kijang sebelumnya.

Kijang Kapsul

Untuk Kijang kapsul sebenarnya ada 4 tipe mesin, yaitu mesin bensin 1800 cc dengan sistem karburator dan juga sistem injeksi EFI, mesin bensin 2000 cc dengan pasokan bahan bakar full injection, dan yang terakhir adalah  mesin diesel 2400 cc.

Mobil yang berkapasitas 7 penumpang ini memiliki 7 tipe. Berikut tipe kijang kapsul yaitu SX, LX, SSX, LSX, SGX, LGX dan Kijang Kapsul Krista.

Untuk tipe standar ada pada versi SX dan LX, lalu  Tipe Deluxe SSX dan LSX, Kemudian Grand SGX dan LGX, dan tipe tertinggi adalah kijang krista.

Kijang memiliki versi pendek dan panjang. Hal ini bisa dilihat dengan huruf Pertama pada Tipenya. S untuk Short dan L untuk kijang yang Long.

Untuk kijang LGX 2002 sudah menggunakan mesin berkapasitas 1800 cc dan 2000 cc.  Dan pada kijang LGX 2003 serta kijang LGX 2004 mempunyai interior yang lebih elegan. Hal ini terlihat jelas pada dashboard serta jok mobil ini yang menggunakan warna krem serta sudah dilengkapi AC yang menggunakan double blower.

Kijang Tipe LGX Masih Banyak Peminatnya

 

Terdapat juga power window, central lock dan tak ketinggalan juga sudah dilengkapi dengan power steering, audio, wiper depan dan belakang, lampu kabut, spoiler serta bumper depan.

Adapun untuk keunggulan Toyota LGX sendiri adalah berkapasitas tujuh penumpang, hemat bahan bakar (di masanya), mempunyai interior yang elegan, biaya perawatan murah dan  mempunyai harga jual kembali yang stabil.

Berikut ini Konsumsi BBM Kijang Kapsul berdasarkan pemiliknya :

  • Kijang Lgx 1.8 EFI manual (2013) dengan rute kombinasi dalam dan luar kota bisa mencapai 10 km per liter.
  • Kijang Lgx 1.8 EFI manual (2000), diajak jalan-jalan dalam kota cuma bisa 8-9 km/liter dengan kemacetan sedang, namun saat macet parah bisa 5-6 km per liter. Untuk luar kota, lumayan bisa 10 km per liter.
  • Kijang SX 1.8 manual (1997), perjalanan BandungJakarta dengan muatan penuh 4 dewasa plus bagasi mencapai 10 km per liter.




Menyalin