Kijang Innova Zenix HEV & Yaris Cross HEV Dorong Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota

Kijang Innova Zenix HEV & Yaris Cross HEV Dorong Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota

 

 

OTOExpo.com –   PT Toyota-Astra Motor (TAM) dengan visi menghadirkan ever-better cars khususnya kendaraan elektrifikasi (xEV), penjualan Toyota (termasuk Lexus) justru meningkat dari 332.443 unit di tahun 2022 menjadi 339.292 unit di tahun 2023, yang berarti market share PT TAM turut meningkat dari 31,7% (2022) menjadi 33,7% (2023).

Penjualan PT TAM tidak lepas dari kehadiran MPV keluarga ikonik Kijang Innova Zenix di akhir tahun 2022 yang langsung mencatatkan penjualan tinggi pada tahun berikutnya.

Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) berhasil menjadi lokomotif penjualan xEV Toyota dengan total whole sales 27.705 unit di tahun 2023, diikuti Yaris Cross HEV (5.476 unit) dan Corolla Cross HEV (1.217 unit).

Sebuah catatan sejarah penting, penjualan xEV Toyota meningkat tajam lebih dari 8 kali lipat dari 4.436 unit (2022) menjadi 37.736 unit (2023). Pasalnya, Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan Hybrid EV Toyota produksi Indonesia.

Kijang Innova Zenix HEV & Yaris Cross HEV Dorong Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota
Kijang Innova Zenix HEV & Yaris Cross HEV Dorong Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan kepada mobility solution Toyota sehingga whole sales 2023 dapat meningkat. Launching All New Kijang Innova Zenix serta Yaris Cross mendapatkan animo positif masyarakat, khususnya model HEV yang langsung memimpin penjualan kendaraan elektrifikasi kami.” kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto. 

Kijang Innova Zenix HEV

Sejalan inisiatif IT’S TIME FOR EVERYONE untuk capai netralitas karbon, TAM menghadirkan pilihan lengkap kendaraan elektrifikasi (xEV) mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang berhasil menarik minat pelanggan atas kendaraan ramah lingkungan.

“All New Kijang Innova Zenix yang membawa DNA Kijang, mampu membangkitkan minat keluarga atas mobility solution yang andal, khususnya opsi teknologi elektrifikasi HEV di seluruh grade Kijang Innova Zenix sehingga siapapun dapat melakukan langkah ‘kecil’ dalam menjaga lingkungan dimulai dari mobilitas hariannya,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Khususnya selama 3 tahun terakhir. Data menunjukkan kenaikan signifikan penjualan xEV Toyota dari hanya 1.935 unit (0,7% dari total penjualan Toyota) di tahun 2021, menjadi 4.436 unit (1,3%) di tahun 2022, dan mencetak rekor baru 37.736 unit (11,1%) di tahun 2023.

Sebagai model xEV paling populer di masyarakat, kontribusi penjualan Hybrid EV di pasar otomotif Indonesia adalah 2.489 unit (2021), 10.369 unit (2022), dan naik drastis 54.307 unit (2023).

Kijang Innova Zenix HEV & Yaris Cross HEV Dorong Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota
Kijang Innova Zenix HEV & Yaris Cross HEV Dorong Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota

Sepanjang tahun 2023, penjualan xEV Toyota didominasi Hybrid EV dengan tiga besar yaitu Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV.

Masyarakat patut bangga karena Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan produk tangan terampil anak bangsa yang mampu menguasai proses produksi HEV yang canggih dan kompleks.

Kandungan Lokal hingga 80%, Yaris Cross HEV

Meskipun baru launching di awal tahun 2023, Yaris Cross HEV langsung mendapatkan atensi positif dari masyarakat. Dengan kandungan lokal 80%, Cross SUV ini memiliki value for money tinggi di mata pelanggan, khususnya harga yang kompetitif untuk sebuah kendaraan all-rounder yang canggih dan sanggup memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan dengan cara yang efisien dan ramah lingkungan.

Kontribusi penjualan 5.476 unit atau 14,5% dari total sales xEV Toyota tahun lalu, menegaskan hal tersebut.


Sesuai visi menghadirkan ever-better cars, PT TAM memasukkan teknologi elektrifikasi sebagai bagian dari Multi Pathway Strategy dalam berkontribusi menekan emisi karbon.

Yaris Cross HEV dilengkapi hybrid powertrain 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW dan torsi 121 Nm pada mesin serta bertenaga 59 kW dan torsi 141 Nm pada motor listrik.

Toyota Hybrid System (THS) mengendalikan motor bakar dan motor listrik secara optimal sehingga dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar maksimal hingga di angka 1:31 atau 1 liter bahan bakar untuk 31 km.

Pengembangan pada motor listrik dan pemakaian baterai Lithium-Ion yang lebih kompak, berkontribusi untuk menghasilkan linier performance yang semakin kuat dan intuitif, namun hemat bensin dan hening.

Selain Hybrid, xEV jenis Battery Electric Vehicle (BEV) yaitu Toyota bZ4X yang merupakan BEV Toyota pertama yang dipasarkan di Indonesia penjualannya telah mencapai 479 unit di tahun 2023.

Menggunakan all new platform e-TNGA khusus BEV ditambah aplikasi berbagai fitur canggih di sektor comfort, safety, dan ride quality, BEV ini telah dipercaya oleh pemerintah Indonesia dalam berbagai event bertaraf internasional seperti Konferensi G20, ASEAN Summit, dan AIS Summit.

Kijang Innova Zenix HEV & Yaris Cross HEV Dorong Penjualan Kendaraan Elektrifikasi Toyota

Melengkapi lineup xEV Toyota, meskipun baru secara resmi dipasarkan pada bulan Agustus 2023 All New RAV4 GR Sport PHEV langsung memikat hati pelanggan Indonesia.

Kombinasi model GR Sport yang mendapat tuning langsung dari GAZOO Racing dengan sentuhan teknologi elektrifikasi semakin meningkatkan rasa ­­fun-to-drive dari model ini.

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dasarnya sama dengan HEV, tapi supaya lebih fleksibel dan dapat meningkatkan jarak tempuh full Electric Vehicle (EV).


Premium sporty SUV ini juga dapat isi ulang baterai penggerak motor listrik layaknya BEV secara gratis di Ultra Fast Charging Station Toyota di Astha Mal SCBD, beberapa rest area Jalan Tol Trans Jawa, dan lebih dari 95 dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia.

“Bagian dari kampanye IT’S TIME FOR EVERYONE, Toyota mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program netralitas karbon melalui berbagai langkah yang paling sesuai kemampuannya. Dengan semakin lengkapnya pilihan xEV Toyota, pelanggan dapat menentukan sendiri cara menekan emisi karbon dengan tetap memperhatikan kebutuhan dasar mobility solution yang pas dan berkelanjutan,” tutup Anton Jimmi Suwandy.

 

find us at google news