Keunggulan Menggunakan Busi NGK

Keunggulan Menggunakan Busi NGK

 

 

OTOExpo.com– Busi adalah salah satu komponen penting dalam mesin kendaraan. Tanpa busi, mesin tidak akan bisa berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menggunakan busi yang berkualitas dan terpercaya. Salah satu merek busi yang sangat direkomendasikan adalah busi NGK.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan busi NGK.

Pertama-tama, daya tahan elektroda busi NGK lebih lama dibandingkan dengan busi merek lainnya. Elektroda yang lebih tahan lama ini membuat busi NGK dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama sebelum perlu diganti. Hal ini tentu menghemat biaya perawatan kendaraan kita.

Tekstur NGK BUSI Mempengaruhi Kualitas
Tekstur NGK BUSI Mempengaruhi Kualitas

Selain itu, busi NGK juga dapat digunakan pada banyak merek kendaraan. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir bahwa busi NGK tidak cocok atau tidak kompatibel dengan mesin kendaraan kita.  Kita bisa dengan mudah menemukan busi NGK yang sesuai dengan kendaraan kita, baik itu mobil, motor, atau bahkan truk.

Keuntungan lainnya dari busi NGK adalah isolasi yang sempurna. Isolator busi NGK terbuat dari bahan keramikalumina tinggi yang memiliki kemampuan isolasi yang sangat baik.

Bahan ini mampu melindungi busi dari panas dan arus listrik yang tinggi. Dengan isolasi yang sempurna ini, busi NGK dapat bekerja secara optimal dan tidak akan mengalami kerusakan akibat suhu yang tinggi.

Tidak hanya itu, partikel insolator pada busi NGK juga dihaluskan dengan proses spray-dying. Hal ini membuat partikel-partikel tersebut menempel dengan lebih baik pada busi dan tidak mudah terlepas atau rusak.

Dengan partikel insolator yang baik, busi NGK dapat menjaga kestabilan aliran listrik dan mencegah terjadinya korsleting atau hubungan pendek.

Selain itu, busi NGK juga memiliki kedap udara yang baik. Struktur kedap udara pada busi NGK sangat unggul dan kuat karena terdapat talc ring, yaitu bubuk khusus yang berfungsi sebagai penahan udara.

Dengan kedap udara yang baik, busi NGK dapat menghindari kebocoran udara yang bisa mempengaruhi kinerja mesin kendaraan kita.

Namun, kita juga perlu berhati-hati dengan busi palsu. Keberadaan busi palus banyak beredar di masyarakat. Kenapa sangat berhahaya menggunakan busi palsu?

Keunggulan Menggunakan Busi NGK
Keunggulan Menggunakan Busi NGK

Menggunakan busi palsu dapat menyebabkan beberapa kerugian. Pertama, mesin kendaraan bisa menjadi brebet atau tidak stabil. Busi palsu seringkali tidak memiliki kualitas yang baik, sehingga dapat mengganggu pembakaran bahan bakar di dalam mesin.

Kedua, susah start adalah masalah umum yang sering terjadi jika kita menggunakan busi palsu. Busi palsu seringkali sulit untuk menghasilkan percikan api yang cukup kuat untuk membakar bahan bakar. Akibatnya, mesin kendaraan akan kesulitan untuk dinyalakan, terutama pada kondisi suhu dingin.

Selain itu, tingkat keausan busi palsu lebih cepat dibandingkan dengan busi asli. Kualitas material yang digunakan pada busi palsu biasanya tidak sebaik busi asli, sehingga busi palsu akan lebih cepat aus dan perlu diganti. Hal ini tentu akan menambah biaya perawatan kendaraan kita.

Keunggulan Menggunakan Busi NGK
Keunggulan Menggunakan Busi NGK

Dalam kesimpulannya, menggunakan busi NGK memiliki banyak keuntungan. Busi NGK memiliki daya tahan elektroda lebih lama, dapat digunakan pada banyak merek kendaraan, isolasi yang sempurna, partikel insolator dihaluskan dengan proses spray-dying, kedap udara yang baik, dan struktur kedap udara yang unggul dan kuat karena terdapat talc ring.

Namun, kita perlu berhati-hati dengan busi palsu yang dapat menyebabkan mesin brebet, susah start, dan tingkat keausan yang lebih cepat. Oleh karena itu, pilihlah busi NGK yang asli dan berkualitas untuk menjaga kinerja mesin kendaraan kita tetap optimal.