0 0
Waktu :9 Menit, 40 Detik

OTOExpo.com –   Setiap tahun selama musim pagelaran MotoGP, Michelin memperbarui rangkaian ban yang digunakan oleh pembalap-pembalap untuk berlaga di lintasan. Tahun ini pun tak ketinggalan, Michelin menghadirkan dua seri yaitu Michelin Power Slick yang merupakan tipe ban balap tanpa Kembangan dan Michelin Power Rain, yakni ban balap untuk digunakan pada kondisi lintasan basah.

Michelin tahun ini memperkenalkan rangkaian ban untuk sesi balap yang lebih beragam. Terdapat lima tipe ban Michelin yang digunakan pada pagelaran tahun ini yaitu :

  • Michelin Power Slick dengan karakter komponen soft, medium, dan hard;
  • Michelin Power Rain dengan karakter soft dan medium.

Presiden Direktur Michelin Indonesia Steven Vette menjelaskan Michelin memiliki tim tersendiri yang terlibat dalam pagelaran Moto GP, yaitu tim Michelin Motorsport yang berbasis di Clermont-Ferrand, Perancis.

“Tim Motosport tahun ini sangat bangga dengan pencapaian mereka karena selama program uji pre-season Michelin bisa mencapai target pengembangan ban yang diinginkan dan hasil capaiannya juga sangat memuaskan,” kata Steven.

Ban-ban yang digunakan pada musim balap kali ini juga telah ditingkatkan konsistensinya dengan penggunaan bahan yang sedikit lebih keras.

michelin otoexpo
Mengenal Sosok Bibendum Yang Menjadi Ikon Michelin

Namun ban-ban ini dijamin tetap memiliki cengkeraman maksimal dan performa yang kuat. Saat dilakukan pengujian di sesi pra-musim di Qatar, ban Michelin terbukti memecahkan dua rekor baru untuk Losail, yaitu: lap tercepat di lintasan oleh tim dari Ducati, Jack Miller (1 menit 53,183 detik) dan kecepatan tertinggi yang pernah tercatat, yang mana diraih oleh pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco (357,6 kilometer per jam).

Tidak hanya itu, Michelin memasok ban dengan komponen khusus untuk perlombaan MotoGP yang tidak dapat digunakan untuk di jalanan biasa pada umumnya.

Apa saja sih komponen khususnya?

Ban untuk balap memiliki konstruksi yang disesuaikan dengan kondisi aspal di sirkuit.

Slick tyre untuk ban belakang yang baru memiliki konstruksi yang lebih linear membuat kontak sentuh dengan aspal lebih baik. Konstruksi ban yang diciptakan Michelin membuat ban dapat terdeformasi lebih baik dalam menghadapi tikungan dan kondisi motor miring dengan menghasilkan cengkeraman yang kuat.

Kondisi ini dapat meningkatkan performa motor dan pembalap saat perlombaan berlangsung.

…….. Lanjut Laman Berikutnya


Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Laman: 1 2