Jumlah Test Drive Di GIIAS Semarang Naik Signifikan

 

Jumlah Test Drive Di GIIAS Semarang Naik Signifikan

 

OTOExpo.com – Penyelenggaraan pameran otomotif terbesar GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2023 yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) telah resmi berakhir pada Minggu 22 Oktober 2023.

Penyelenggaraan GIIAS Semarang kedua kalinya ini menghadirkan jumlah merek peserta dari lini industri otomotif lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

Jumlah Test Drive Di GIIAS Semarang Naik Signifikan
Jumlah Test Drive Di GIIAS Semarang Naik Signifikan

Total terdapat 30 merek peserta yang ambil bagian pada GIIAS Semarang 2023, yakni termasuk di dalamnya 14 merek kendaraan bermotor, diantaranya adalah 10 merek kendaraan penumpang yakni;

Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, Wuling. Serta 4 merek dari kendaraan roda dua; Exotic, Pacific, Royal Enfield dan Yamaha. Selain itu puluhan industri pendukung otomotif juga turut meramaikan ajang GIIAS Semarang 2023 kali ini.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi menyampaikan bahwa penyelenggaraan GIIAS Semarang 2023, mencatat prestasi yang luar biasa dan berhasil mewujudkan komitmen GAIKINDO untuk terus dapat menghadirkan pengalaman otomotif terbaik.

‚ÄúPameran GIIAS Semarang menampilkan beragam kendaraan terbaru hingga mobil listrik yang ramah lingkungan untuk masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya. GAIKINDO yakin penyelenggaraan pameran GIIAS The Series diberbagai daerah akan menjadi dorongan sangat positif bagi industri otomotif. GAIKINDO akan terus berkomitmen untuk terus menyempurnakan penyelenggaraan pameran otomotif sebagai wadah yang inspiratif, edukatif dan inovatif bagi semua pecinta otomotif,‚ÄĚ ujar Nangoi.

Dengan catatan positif penyelenggaraan GIIAS Semarang, Nangoi menyampaikan bahwa model dan teknologi kendaraan bermotor terbaru masih menjadi magnet yang dicari pengunjung.

‚ÄúAntusiasme pengunjung untuk mencoba langsung kendaraan model baru dan juga bertransaksi pada pameran GIIAS Semarang menjadi tolak ukur kekuatan Masyarakat Jawa Tengah yang dapat terus dimaksimalkan,‚ÄĚ terang Nangoi.

Pembeli Potensial

Partisipasi peserta yang meningkat daripada penyelenggaraan sebelumnya, serta kehadiran ragam kendaraan bermotor terbaru menegaskan bahwa GIIAS Semarang merupakan pusat perkenalan inovasi serta teknologi dari kendaraan terkini industri otomotif bagi publik Jawa Tengah.

‚ÄúRespon masyarakat sangat positif terhadap penyelenggaraan GIIAS Semarang tahun ini, terlihat dari angka trip tercatat pada program¬†test drive¬†mencapai kenaikan 71% dari penyelenggaraan GIIAS Semarang perdana ditahun lalu,‚ÄĚ tutur Rizwan Alamsjah selaku Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO.

Menurutnya data transaksi yang terjadi sepanjang GIIAS Semarang 2023 mencatat kenaikan sebesar 54% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

‚ÄúMelihat data yang tercatat hingga saat penutupan GIIAS Semarang 2023, kami rasa sangat positif, karena artinya pengunjung yang hadir pada GIIAS Semarang 2023 merupakan pembeli potensial yang memang menjadi target dari para peserta,‚ÄĚ ucap Rizwan.

Jumlah Test Drive Di GIIAS Semarang Naik Signifikan
Jumlah Test Drive Di GIIAS Semarang Naik Signifikan

Rizwan juga menyampaikan bahwa kesuksesan pameran GIIAS Semarang tidak lepas dari dukungan Kementerian Perindustrian RI, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, para sponsor, media, dan tentunya para pengunjung.

‚ÄúPenyelenggaraan GIIAS selalu menjadi sebuah perayaan inovasi, visi dan semangat untuk mendorong industri otomotif nasional. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dalam ajang otomotif terbesar ini, semua peserta pameran, para sponsor dan tentunya masyarakat Jawa Tengah yang telah mensukseskan acara ini,‚ÄĚ tutup Rizwan.

GIIAS Semarang 2023 juga kembali menyelenggarakan favourite booth, favourite vehicle hingga most driven car. Berdasarkan hasil survey yang diadakan oleh pihak penyelenggara,

Honda berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan lebih dari 134 meter persegi, Mitsubishi Motors berhasil memenangkan kategori favourite booth dengan luasan kurang dari 134 meter persegi dan Djarum SuperChallenge berhasil memenangkan kategori favourite booth dari industri pendukung. Sedangkan untuk booth motorcycle berhasil dimenangkan oleh Royal Enfield.

Favourite vehicle dengan kategori MPV dimenangkan oleh Toyota All New Alphard HEV, kategori SUV adalah Mazda CX-60, serta untuk favourite motorcycle dimenangkan oleh Royal Enfield Super Meteor 650.

Selain itu, GIIAS Semarang juga memberikan penghargaan pada kategori most driven car atau mobil yang paling banyak dikendarai melalui program test drive GIIAS Semarang kepada Chery Omoda 5.

Keberhasilan penyelenggaraan GIIAS Semarang 2023 juga tidak terlepas dari dukungan penuh para sponsor. Mandiri Tunas Finance sebagai official leasing partner dan Superchallenge sebagai sponsor yang telah menyajikan berbagai kemudahan dan attractive program yang tentunya menjadi nilai tambah yang sangat menarik untuk para pengunjung GIIAS Semarang.

Lanjut ke Bandung

Rangkaian pameran GIIAS The Series 2023 masih belum selesai, selanjutnya GIIAS akan kembali menyapa para pecinta otomotif di kota-kota strategis lainnya.

Kota yang akan menjadi tujuan selanjutnya untuk mengedukasi masyarakat terkait kendaraan listrik adalah Bandung. GIIAS Bandung 2023 akan diselenggarakan perdana dan menjadi seri pertama GIIAS The Series di Provinsi Jawa Barat.

Berbagai merek kendaraan penumpang dan industri pendukung akan hadir pada seri penyelenggaraan GIIAS di Bandung. GIIAS Bandung akan berlangsung pada 22 ‚Äď 26 November, di Sudirman Grand Ballroom.