INI DIA PENYEBAB INSULATOR BUSI RETAK

Ini Dia Penyebab Insulator Busi retak

 

 

OTOExpo.com – Saat melakukan servis kendaraan dan memeriksa busi, mungkin sebagian dari kita pernah melihat keramik busi retak.

Keramik busi yang retak sudah menjadi tanda bahwa busi perlu segera diganti atau bisa berdampak buruk pada kinerja mesin kendaraan. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan keramik busi retak?

Menurut Diko Oktaviano, Technical Support Aftermarket PT Niterra Mobility Indonesia (NMI), keramik busi yang retak dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Salah satunya adalah penanganan yang tidak tepat, seperti busi bersentuhan dengan benda yang lebih keras atau terjatuh dari ketinggian yang cukup tinggi. Selain itu, penyebab umum lainnya adalah proses pemasangan busi dengan kunci busi yang tidak sesuai.

INI DIA PENYEBAB INSULATOR BUSI RETAK
Keramik insulator busi pecah

Diko menjelaskan bahwa retakan pada keramik busi dapat menyebabkan kebocoran listrik pada busi. Kebocoran listrik ini akan berdampak pada masalah teknis, seperti ruang bakar yang lebih mudah kotor karena aliran listrik tidak lancar.

Dampak lain dari keramik busi yang retak adalah mesin kendaraan terasa berat dan boros, sehingga busi cepat aus dan sulit menyala hingga mati.

Untuk menghindari masalah tersebut, PT Niterra Mobility Indonesia (NMI) sebagai pemegang merek NGK Busi menyarankan agar proses pemasangan busi dilakukan dengan benar.

Hal ini termasuk penggunaan kunci busi yang sesuai ukuran dan kunci busi bermagnet jika posisi busi sulit dijangkau. Jika sudah terlihat keramik busi retak pada kendaraan, sebaiknya segera ganti dengan busi yang baru untuk menjaga performa kendaraan tetap maksimal dan keselamatan saat berkendara.

Dalam hal ini, penting bagi pemilik kendaraan untuk memahami pentingnya perawatan busi dan proses pemasangannya. Dengan melakukan perawatan yang tepat, kita dapat menghindari kerusakan yang disebabkan oleh keramik busi yang retak.

Selain itu, penggunaan busi yang berkualitas juga akan memastikan kinerja mesin kendaraan tetap optimal dan efisien.

Sebagai pemilik kendaraan, kita juga harus selalu memperhatikan tanda-tanda kerusakan pada busi, seperti keramik yang retak atau warna busi yang terbakar.

Jika terjadi hal seperti itu, segera konsultasikan dengan mekanik terpercaya untuk mendapatkan solusi yang tepat dan menghindari masalah yang lebih serius di kemudian hari.

INI DIA PENYEBAB INSULATOR BUSI RETAK
Keramik insulator busi pecah

Dengan melakukan perawatan yang baik dan mengganti busi secara berkala, kita dapat memastikan bahwa kendaraan kita tetap dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan.

Jadi, jangan abaikan perawatan busi kendaraan Anda dan pastikan untuk selalu menggunakan busi yang berkualitas agar mesin kendaraan tetap berjalan lancar dan efisien.

Komentar anda