1 0
Waktu :12 Menit, 56 Detik

OTOExpo.com –  Dalam peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PermenLHK) NO.P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 yang diterbitkan pada Maret 2017, standar emisi Euro4 wajib diterapkan untuk kendaraan diesel.  Peraturan ini akan berlaku mulai bulan April di tahun 2022.

Menyikapi peraturan tersebut, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) selaku main distributors dan PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) / pabrik Hino di Indonesia menyatakan  kesiapannya dengan peraturan pemerintah tersebut.

Jelang Euro 4 HINO Luncurkan Truk dan Bus Terbaru
Jelang Euro 4 HINO Luncurkan Truk dan Bus Terbaru

Kesiapan menyeluruh telah dilakukan mulai dari lini produksi, jaringan outlet, sistem teknologi, peralatan teknis, layanan purna jual, hingga SDM dan mekanik yang terlatih pun telah dipersiapkan.

HINO sebelumnya memiliki bekal yang telah dipersiapkan secara matang untuk menyongsong standar Euro4 Aril 2022 mendatang seperti :

  • DNA mesin HINO yang terkenal kuat dan tangguh sebagai kendaraan niaga
  • Pengalaman sejak tahun 1995 untuk mesin common rail
  • Mekanik HINO telah siap dan paham bagaimana cara menangani mesin common rail

HINO juga menyiapkan mesin baru teknologi common rail yang lebih tangguh, ekonomis dan ramah lingkungan, memenuhi regulasi Euro4.  Hino membangun mekanisme 3x penyaringan bahan bakar dengan 1 pre-fuel filter dan 2 main filter. Penyaringan maksimal ini bertujuan memastikan kualitas dan kebersihan bahan bakar.

Sehingga proses pembakaran lebih sempurna dan engine pun akan lebih tahan lama. Supply Pump akan men-supply bahan bakar ke Common Rail system, untuk dinaikkan tekanannya hingga 180-200Mpa.

DX Tools

Sebagai bentuk keseriusannya, HINO memiliki alat DX Tools yang berguna untuk menganalisa mesin common rail dalam merawat dan memperbaiki armada bisnis menjadi lebih tepat dan cepat.

Alat ini dapat mendiagnosis dan troubleshooting mesin common rail menjadi lebih mudah, dikarenakan segala permasalahan kendaraan akan terdeteksi di komputer, sehingga kendaraan menjadi lebih singkat waktu perbaikannya dan tepat sasaran. DX Tools telah dimiliki oleh setiap dealer Hino yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Hino Dutro

Kesiapan HINO kembali ditunjukkan dengan melakukan penyegaran lini andalannya seperti Hino Dutro.  Hino Dutro hadir dalam 4 tipe yaitu cargo, mixer, dump dan juga small bus dimana spesifikasi produk yang sesuai dengan berbagai kebutuhan konsumen di tanah air.

Dari sisi exterior, Hino Dutro memiliki penutup spion samping yang berguna untuk mencegah pencurian. Lalu kombinasi desain headlamp, radiator grill, bumper dan juga fog lamp membuat tampilan lebih mewah.

HINO Dutro Tampilan Baru Ini Lebih Menggoda

Masuki interior, terdapat desain center cluster sebagai tempat penyimpanan handphone, botol minum di tengah dan juga blower angin menambah sirkulasi udara menjadi lebih baik.  Dan juga perubahan warna dashboard, door trim dan kursi yang kini berubah menjadi warna coklat memberikan kesan mewah, nyaman dan modern.

Mesin dan Transmisi

Menggunakan mesin baru dengan kode N04C dan juga transmisi baru berkode RE61 dengan kapasitas mesin sebesar 4.009cc yang dipadukan sistem common rail, EGR (Exhaust Gas Recirculating), DOC (Diesel Oxidation Catalyst) dan ECU control system guna memenuhi syarat emisi EURO4. Terdapat juga VNT (Variable Nozzle Turbo) untuk meningkatkan tenaga dan tetap hemat bahan bakar.

Untuk bahan bakar, HIno Dutro tersebut juga dilengkapi dengan Injector G4S dengan maximum DLC (Diamond Like Coating) yang aman untuk pemakaian Biofuel.

Kematangan Hino Hadapi Euro4 Luncurkan Truk dan Bus

Hino Ranger

Menyasar segmen medium duty truk, Hino Ranger turut alami pembaharuan. Hino Ranger hadir dalam 4 tipe, yaitu : cargo, mixer, dump dan juga tracktor head.

Hino Ranger memiliki 2 tipe mesin dengan 6 silinder segaris dengan kode mesin J08E-WF sebesar 7.684cc (240Ps), J08E-WE (260Ps) dan J08E-WD (280Ps) dan mesin berkode P11-Wn dengan kapasitas mesin 10.520cc yang memiliki tenaga sebesar 340Ps.

Menggunakan mesin baru, tentu menyematkan transmisi baru. Berkode MX07 yang dikombinasikan dengan mesin J08E dapat menghasilkan performa kecepatan kendaraan menjadi optimal. Transmisi MX06 dengan 6 percepatan dan MX07 juga dilengkapi dengan PTO (Power Take Off) pada FG 260JJ. Untuk Hino Heavy Duty menggunakan transmisi M009 DD & OD dengan 9 percepatan yang dilengkapi dengan crawler.

Fitur Keselamatan

Sasis frame yang digunakan lebih tebal, menjadi 8mm untuk meningkatkan kekuatan dan kehandalan. Air intake dibikin desain baru menjadi lebih ramping. Tidak itu saja, pada sektor kaki-kaki menyematkan  Auto slack adjuster  yang berguna untuk mengurangi perawatan dan meningkatkan aspek keselamatan pada sistem pengereman.

Untuk tipe FM 280 JD Mining, sudah dilengkapi dengan air conditioner yang dapat memberi kenyamanan lebih bagi pengemudi, dan sudah dilengkapi dengan door lock serta power window.  Yang terpenting, terdapat tombol ES Start yang memudahkan kendaraan untuk melaju setelah berhenti di rute menanjak.

Kematangan Hino Hadapi Euro4 Luncurkan Truk dan Bus

Bus Hino

Hadir dengan bus ukuran medium dan Big Bus. Kedua bus tersebut tmendapat rasio gear baru untuk meningkatkan daya/torsi dengan mengoptimalkan sistem intake dan bahan bakar. Urusan mesin mendapat sentuhan baru dengan kode N04C-Wk (4.009) dan J08E-WF (7.684cc).

Sasis Frame diperbaharui hingga menghasilkan bagasi lebih luas, dan FOH menjadi lebih panjang.  Bus tersebut juga dilengkapi dengan Full Air Brake, Auto Slack Adjuster & ABS hingga menghasilkan pengereman yang efektif.

Indikator panel mengalami pembaharuan dengan disain lebih informatif dan mudah dibaca. Sistem kemudi dilengkapi dengan steering baru dan modern yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengemudi.

Jelang Euro 4 HINO Luncurkan Truk dan Bus Terbaru

Hino Profia

Hino Profia merupakan truk heavy duty untuk area pertambangan di Indonesia. Hadir dalam 2 tipe yaitu ZS 4141 | 6×4 dan ZY 5041 | 8×4.

Hino profia mendapat mesin baru dengan 16 percepatan, 6 silinder berkapasitas 12.913cc  berkode E13C-BJ yang menghasilkan tenaga sebesar 410Ps.

Untuk sisi keamanan, Hino Profia memiliki pembersih udara ganda yang berguna disaat kondisi berdebu seperti di area pertambangan. Selain itu,  dilengkapi juga dengan hour meter yang berfungsi memantau informasi pemakaian untuk perawatan mesin saat ganti oli mesin.

Kematangan Hino Hadapi Euro4 Luncurkan Truk dan Bus

Standar EURO4

Semua kendaraan Hino yang diproduksi sudah dengan teknologi mesin Euro4 untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis, mulai dari light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia dan Hino Bus.

Dimana seluruh kendaraan Hino Euro4 sudah sangat siap membantu operasional bisnis menjadi lebih mudah, karena Hino tangguh di jalan dan siap meningkatkan keuntungan di tangan.

#HinoAlwaysWithYou

 

 

 

 

Happy
Happy
50 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
50 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %