Hindari Busi NGK Imitasi Salah Satunya Adalah Harga Murah

Hindari Busi NGK Imitasi Salah Satunya Adalah Harga Murah

 

 

OTOExpo.com –  Saat ini, ada banyak sekali produk busi yang beredar di pasaran. Salah satu merek busi yang terkenal adalah NGK. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua busi dengan merek NGK adalah asli. Ada juga busi NGK imitasi yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk bisa membedakan antara busi NGK asli dan busi NGK imitasi.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah dalam mencari busi NGK yang asli adalah marking pada busi. Busi NGK asli memiliki marking yang jelas dan terbaca dengan baik.

Sedangkan, busi NGK imitasi seringkali memiliki tanda tulisan yang tidak jelas atau samar-samar. Jika Anda menemukan busi dengan marking yang tidak jelas, sebaiknya hindari penggunaannya.

Diterangkan oleh Diko Oktaviano sebagai Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia, “Biasanya pada busi imitasi tulisannya tidak jelas bahkan samar-samar. Selain itu juga tidak presisi. Nah, kalau menemukan busi seperti itu lebih baik hindari.”

Selain itu, jenis huruf yang digunakan pada busi juga dapat menjadi petunjuk apakah busi tersebut asli atau imitasi. Busi NGK asli menggunakan jenis huruf yang khas dan mudah dikenali.

Hindari Busi NGK Imitasi Salah Satunya Adalah Harga Murah
Busi NGK Imitasi

Sedangkan, busi NGK imitasi seringkali menggunakan jenis huruf yang berbeda atau tidak konsisten. Jadi, perhatikanlah jenis huruf yang terdapat pada busi sebelum membelinya.

Bentuk Busi

Selanjutnya, perhatikan juga bentuk busi. Busi NGK asli memiliki bentuk hexagon yang khas. Sedangkan, busi NGK imitasi seringkali memiliki bentuk yang tidak sama atau tidak sesuai dengan standar.

Jadi, jika Anda menemukan busi dengan bentuk yang berbeda, sebaiknya hindari penggunaannya.

Perhatikan juga nomor lot pada busi. Busi NGK asli memiliki nomor lot yang tertera dengan jelas dan mudah terbaca. Sedangkan, busi NGK imitasi seringkali tidak memiliki nomor lot atau nomor lot yang tertera tidak jelas. Jika Anda menemukan busi tanpa nomor lot atau nomor lot yang tidak jelas, sebaiknya hindari penggunaannya.

Tipe huruf yang digunakan pada busi juga dapat menjadi petunjuk apakah busi tersebut asli atau imitasi. Busi NGK asli memiliki tipe huruf yang konsisten dan mudah dikenali.

Hindari Busi NGK Imitasi Salah Satunya Adalah Harga Murah
Marking dan Hexagon pada Busi

Sedangkan, busi NGK imitasi seringkali menggunakan tipe huruf yang berbeda atau tidak konsisten. Jadi, perhatikanlah tipe huruf yang terdapat pada busi sebelum membelinya.

Gasket pada busi juga harus diperhatikan. Busi NGK asli memiliki gasket yang sulit dilepas atau melekat dengan kuat pada busi. Sedangkan, busi NGK imitasi seringkali memiliki gasket yang mudah dilepas atau tidak melekat dengan kuat. Jadi, jika Anda menemukan busi dengan gasket yang mudah dilepas, sebaiknya hindari penggunaannya.

Bentuk ground electrode pada busi juga dapat menjadi petunjuk apakah busi tersebut asli atau imitasi. Busi NGK asli memiliki bentuk ground electrode yang khas dan sesuai dengan standar.

Hindari Busi NGK Imitasi Salah Satunya Adalah Harga Murah
Gasket dan Ground Electrode

Sedangkan, busi NGK imitasi seringkali memiliki bentuk ground electrode yang berbeda atau tidak sesuai dengan standar. Jadi, perhatikanlah bentuk ground electrode pada busi sebelum membelinya.

Busi Imitasi

Menggunakan busi imitasi dapat menyebabkan kerugian yang besar. Salah satu kerugian yang dapat terjadi adalah mesin brebet atau tidak berjalan dengan lancar.

Selain itu, penggunaan busi imitasi juga dapat membuat mesin sulit untuk dinyalakan atau start.  Tingkat keausan pada busi imitasi juga lebih tinggi dibandingkan dengan busi asli. Jadi, sebaiknya hindari menggunakan busi murah yang tidak jelas asal-usulnya.

Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat membeli busi, seperti ketebalan insulator dan keberadaan bagian lebih pada elektroda pusat.

Busi NGK asli memiliki ketebalan insulator yang sesuai dengan standar dan tidak ada bagian lebih pada elektroda pusat.

Hindari Busi NGK Imitasi Salah Satunya Adalah Harga Murah
Ketebalan Busi

Sedangkan, busi NGK imitasi seringkali memiliki insulator yang lebih tipis atau ada bagian lebih pada elektroda pusat. Jadi, perhatikanlah hal-hal tersebut saat membeli busi.

Busi imitasi seringkali ditemui di platform-platform e-commerce. kenapa mudah sekali ditemui di platform e-commerce? karena melalui platform tersebut, penipu dengan mudah mengirim barang palsunya yang tentunya berbeda dengan gambar pada saat kita akan membeli busi.

Dalam kesimpulannya, hindarilah penggunaan busi NGK imitasi. Perhatikanlah marking, jenis huruf, tanda tulisan tidak jelas, bentuk hexagon, nomor lot, tipe huruf, gasket, bentuk ground electrode, ketebalan insulator, dan keberadaan bagian lebih pada elektroda pusat.

Penggunaan busi imitasi tentu sangat membahayakan kendaraan anda. kerugian yang besar sudah pasti akan dialami penggunanya.

Jadi, pastikanlah untuk menggunakan busi NGK asli agar mesin kendaraan Anda tetap berjalan dengan baik.

 

 

find us at google news