Hari Pertama Latihan MotoGP Portugal terpengaruh Cuaca Yang Buruk

OTOExpo.com –  Latihan hari pertama jelang balap kelima MotoGP sangat terpengaruh oleh cuaca yang buruk. Guyuran hujan dan suhu yang rendah mendominasi Siirkuit Portimão di Portugal.

Ini adalah situasi yang tidak diharapkan melihat prakiraan yang membaik untuk besok dan bahkan lebih drastis lagi, untuk sesi balap hari Minggu, yang dapat membuat sesi latihan kali ini kurang maksimal, baik untuk urutan grid awal dan dalam pengaturan motor untuk balapan.

Aprilia Racing Team Start MotoGP Amerika dengan Baik
Aprilia Racing Team Start MotoGP Amerika dengan Baik

Meski dalam situasi seperti ini, Maverick menyatakan dirinya semakin familiar dalam mengendarai RS-GP, di mana ia berkali-kali memutar lap dengan catatan waktu baik dan menutup hari itu pada posisi ketujuh pada catatan waktu 1’15.309.

Aleix berada tidak terlalu jauh dari rekannya (1’51.958) namun dengan jarak waktu yang singkat antara pembalap lain dan ketidakmungkinan yang terjadi (akibat hujan lebat) dalam memanfaatkan Free Practice 2 untuk meningkatkan waktu laju dari pagi, menurunkannya ke posisi 19.

Di Portimão, Aprilia Racing juga membawa Lorenzo Savadori dalam skuad balapnya, yang merupakan wildcard (pembalap non-reguler yang diizinkan ikut balap MotoGP) pertamanya di musim ini, membawa pengembangan struktur sasis dan elektronik ke lintasan, bahkan dalam balapan akhir pekan kali ini, yang menunjukkan dampak kemajuan saat ia mengendarai RS-GP di sesi uji coba. Dia finish hari itu dengan catatan waktu 1’54.260.

Aleix Espargaró

“Hari ini cukup sulit dan mengingat prakiraan, mungkin bisa jadi sia-sia juga. Kondisi yang terjadi di lintasan sangat sulit dan bahkan berbahaya untuk Free Practice2, dengan adanya air mengalir di sepanjang lintasan. Bagaimanapun, saya mencoba untuk meningkatkan diri di lintasan basah seperti yang saya duga mungkin akan ada balapan lain di kondisi hujan, namun saya harus berusaha dengan grip yang buruk, terutama di bagian belakang. Kami masih memiliki hari esok untuk mengambil beberapa langkah ke depan.

Aprilia Racing Team Start MotoGP Amerika dengan Baik
Aprilia Racing Team Start MotoGP Amerika dengan Baik

Maverick Viñales

“Saya cukup puas dengan hari pertama latihan ini. Saya tidak terlalu memperhatikan waktu putaran namun lebih pada perasaan saya, dan dengan sensasi yang dihadirkan oleh RS-GP bahkan dalam kondisi lintasan basah sangat bagus. Mari kita lihat bagaimana perkembangan cuaca esok hari, namun berada di posisi 10 besar adalah penting dalam situasi apapun. Saya jelas lebih memilih untuk lolos dan balapan di lintasan yang kering, namun kita akan beradaptasi. Mendapatkan posisi awal yang baik akan menjadi penting sehingga kami dapat memanfaatkan kecepatan kami pada hari sesi balap hari Minggu mendatang.”

Aprilia RS GP Raih Poin di MotoGP Texas
Aprilia RS GP Raih Poin di MotoGP Texas

Lorenzo Savadori

“Hari ini jelas sangat tidak mudah. Banyak hal yang perlu kami uji membutuhkan waktu untuk fine-tune, tetapi, yang pertama dan terutama, saya senang bisa kembali balapan, terutama di sirkuit yang fantastis ini. Besok kami akan melanjutkan pekerjaan kami, dengan harapan cuaca yang lebih baik mampu memberikan kesempatan untuk kami meningkatkan perasaan dan melakukan kerja yang baik untuk perkembangan motor.”

 

Saksikan Video Vespa GTS 300