OTOExpo.com – Dengan mengganti pelek mobil dari yang standard, merupakan salah satu modifikasi yang tidak terbilang ekstrem. Dan juga terlihat lebih keren. Akan tetapi, dalam prakteknya, banyak juga yang mengganti dari pelek ukuran standar menjadi lebih besar.

Penggunaan pelek yang lebih besar bukan tanpa alasan. Produsen mobil sudah mempertimbangkan dari segi keamanan juga kenyamanan serta teknologi-teknologi terbaru yang dibenamkan. Bagi Anda pecinta modifikasi ada satu hal yang perlu diperhatikan.

“ukuran ban dan pelek itu maksimal naik dua ukuran”

“Naik dua ukuran adalah bracket maksimal dari performa sebuah kendaraan. Jika turun dua ukuran cukup mustahil. Biasanya rem mobil dengan pelek lokasinya sudah berdekatan, jadi jika ban dan pelek kendaraan Anda turun dua ukuran akan mentok dengan rem,” ujar Andri seorang penjual pelek di Kemayoran.

Ganti Pelek Membuat Tampilan Lebih Keren Dan Jangan Lupakan Unsur Keselamatan

Menurutnya.  apabila mobil menaikkan peleknya menjadi diatas dua ukuran akan membuat kinerja rem jadi terhambat untuk memberhentikan kendaraan karena kerjanya yang semakin berat.

Selain itu, kendala lain ketika mengganti ban dan pelek adalah, jika ukuran pelek semakin besar, tentunya ukuran ban menjadi semakin tipis. Artinya tingkat kenyamanan dari mobil tersebut akan semakin rendah.

“Hal ini banyak terjadi, namun kembali lagi dalam dunia otomotif kita mengenal istilah fashion is pain; untuk memunculkan nilai estetika yang maksimal, ada yang harus kita korbankan, yaitu kenyamanan. Namun konsekuensi itulah yang harus diterima oleh pemilik kendaraan. Selama modifikasi ban dan pelek yang Anda lakukan terhadap kendaraan kesayangan Anda membuat Anda merasa nyaman, hal itu tidak masalah,”ujarnya.

Saat ditanya, apakah pernah menjual pelek diatas dua ukuran dari sepatutnya? Yudi menjawab ,”Pernah mas, pembeli kan raja. Saya hanya menyarankan saja, tapi kalau pembeli ingin. Ya udah, saya jual aja, yang penting “penglaris,” katanya.

Ganti Pelek Membuat Tampilan Lebih Keren Dan Jangan Lupakan Unsur Keselamatan