OTOExpo.com – Forum Komunikasi Bikers Urang Minang Indonesia (FK BUMI) Nusantara genap berusia 8 tahun (Sewindu) pada 30 Agustus 2021 lalu. Setelah sempat tertunda karena pandemi, akhirnya para bikers perantauan urang Minang atau asal Minang ini bisa ‘Baralek Gadang’ (Mengadakan pesta besar) guna merayakan Sewindu usianya.

Selaku tuan rumah atau peyelenggara kali ini adalah FK BUMI Batam yang melaksanakannya di Rumah Gadang IKLA, Kel. Tj Uncang Kec. Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (09/10). Dimana Kepulauan Riau (Kepri) yang di masa PPKM terkini berada di level 1.

Perayaan Sewindu FK BUMI Nusantara ini mengusung tema ‘Tatungkuik Samo Makan Tanah,  Tatilantang Samo Minum Aia’ yang maknanya kurang lebih menggambarkan pentingnya Kesetiaan atau Loyalitas dalam menjalankan suatu organisasi atau perkumpulan.

Forum Komunikasi Bikers Urang Minang Indonesia Genap Berusia 8 Tahun
Forum Komunikasi Bikers Urang Minang Indonesia Genap Berusia 8 Tahun

Hadir didalam acara ini perwakilan FK BUMI dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Para Dunsanak (Saudara) bikers Minang ini pun disambut meriah dengan pesta alam Minangkabau di Rumah Gadang IKLA. Kebersamaan yang selama ini lebih sering terjalin di dunia maya, betul-betul dirasakan dalam serunya acara ini.

Meriahnya pesta para Dunsanakhood (istilah persaudaraan bikers di FK BUMI) ini juga disaksikan tokoh pemerintahan Batam, bikers lintas klub/ komunitas serta komunitas lainnya di Batam. Sanak atau Bro Hendra, Ketua Panitia Acara menyampaikan, sebagaimana tujuan acara dibuat untuk menjalin silaturahmi sesama Bikers se-Kota Batam juga dari luar kota Batam. 

“Selain dari kalangan bikers, hadir pula komunitas lainnya yang ada di Kota Batam, tokoh masyarakat dan tokoh pemerintahan Kota Batam,” jelas Bro Hendra.

Diantara yang hadir ada Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, Ketua IKM Kota Batam Rudi sakyakirti yang juga Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam. Hadir pula anggota DPRD Arlon Veristo, Camat Batu Aji Ridwan dan Lurah Tj. Uncang Anwar.

Selain all bikers Kota Batam dan Bintan serta utusan-utusan FK BUMI dari luar Provinsi Kepri, acara juga dihadiri oleh Komunitas serta organisasi pemuda  Kota Batam, khususnya yang berasal dari Sumatra Barat.

Sajikan Hiburan Kesenian Khas Minang

Dipimpin MC Rince Mustika dan Genta Arya, acara diawali dengan pagelaran seni Minang Tambuah dari Sanggar Bujang Sembilan untuk penyambutan tamu undangan. Lalu disusul Tari pasambahan yang ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Acara intinya diawali dengan pembacaan doa oleh Ustadz Zulkifli lalu sambutan dari Ketua Panitia Sanak Hendra, Koordinator FK BUMI Batam Sanak Yalnis Auri serta Kordinator FK BUMI Nusantara Sanak Teddy akrab disapa Mak Teddy.

Forum Komunikasi Bikers Urang Minang Indonesia Genap Berusia 8 Tahun
Forum Komunikasi Bikers Urang Minang Indonesia Genap Berusia 8 Tahun

Dari unsur pemerintahan dan tokoh masyarakat sambutan disampaikan oleh Ketua IKM Kota Batam Rudi Sakyakirti dan Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad. Puncaknya acara ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun oleh pimpinan FK BUMI bersama para tamu VIP.

Kemeriahan acara malam itu dilengkapi dengan hiburan orgen tunggal (gita musik) hadirkan artis Minang Kota Batam Vivi Alsha dan Sabri, serta tribut Iwan Fals (Jup Majen dan tim). Di tengah hiburan disisipkan acara pembagian doorprize kepada peserta yang hadir.

Mak Teddy tak kuasa menyatakan bahagianya atas terselenggaranya acara ini. Meski kondisi nasional tengah buruk akibat pandemi panjang Covid-19, namun semangat dunsanakhood bikers FK BUMI tidak turun. 

“Kami ucapan terima kasih kepada seluruh dunsanakhood yang hadir, serta para stakeholders Minang dan Batam yang ikut mendukung acara. Tak lupa juga para sponsor, kami ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu hingga acara ini bisa berlangsung sukses,” ujar Mak Teddy.

Dalam rangkaian acara ini juga dimanfaatkan oleh peserta dari luar kota untuk menikmati pariwisata di Batam. Wakil Walikota Batam menyatakan apresiasinya atas kehadiran FK BUMI di kota yang berbatasan langsung dengan Singapura ini. 

“Kami di Pemko Batam sangat berterima kasih sudah menunjuk Kota Batam sebagai tuan rumah pelaksanaan acara sewindu FK BUMI,” ujar Pak Wako.