ENEOS X Series Pelumas Dengan Teknologi Terbaru dan berstandarisasi API Service SP

ENEOS X Series Pelumas Dengan Teknologi Terbaru dan berstandarisasi API Service SP

find us at google news

 

OTOExpo.com –  PT Nippon Oil Indonesia secara resmi merilis rangkaian ENEOS X Series yang memiliki 2 segmen, yakni ENEOS X PRIME yaitu segmen pelumas premium dan ENEOS X, yang merupakan rangkaian produk unggulan ENEOS.

Seluruh rangkaian produk ENEOS X Series menggunakan base oil 100% Fully Synthetic dan memenuhi standar oli mesin kinerja terbaru API SP ILSAC GF-6 yang mana merupakan spesifikasi pelumas tingkat tertinggi saat ini.

Varian Produk

Pada ENEOS X PRIME terdapat dua varian produk, yaitu ENEOS X PRIME SP GF-6A 5W-30 Fully Synthetic dan ENEOS X PRIME SP GF-6B 0W-16 Fully Synthetic.

ENEOS X Series Pelumas Dengan Teknologi Terbaru dan berstandarisasi API Service SP
ENEOS X Series Pelumas Dengan Teknologi Terbaru dan berstandarisasi API Service SP

Sementara pada segmen pelumas unggulan ENEOS X terdapat varian ENEOS X SP GF-6A 5W-30 TITANIUM FULLY SYNTHETIC, ENEOS X SP GF-6A 0W-20 TITANIUM FULLY SYNTHETIC dan ENEOS X SP 10W-40 MOLYBDENUM FULLY SYNTHETIC.

Varian ENEOS X PRIME menargetkan segmen market high end / premium. Varian ini merupakan pilihan tepat untuk semua jenis kendaraan pabrikan Jepang atau Eropa kelas menengah ke atas, dengan teknologi hybrid ataupun mesin turbo, kendaraan baru maupun lama yang membutuhkan pelumas dengan spesifikasi SAE dan API Service.

ENEOS X PRIME mengutamakan kepuasaan dan kenyamanan berkendara dengan meningkatkan akselerasi kendaraan, mengurangi gesekan dan kebisingan mesin hingga 32% dalam kondisi kecepatan hingga 3,000 rpm, mengurangi getaran pada kendaraan serta telah diuji secara teknis dapat menghemat bahan bakar.

Varian ENEOS X dilengkapi dengan aditif spesial Titanium dan Molybdenum serta dikembangkan dengan riset khusus teknologi Jepang sehingga dapat memperpanjang umur mesin, memberikan perlindungan pada mesin dalam pola berkendara Stop n Go, serta mencegah terjadinya kondisi Low-Speed Pre-Ignition (LSPI).

ENEOS X ditargetkan untuk jenis kendaraan bertipe middle High, LCGC, hingga kendaraan bermesin turbo dan teknologi hybrid.

Aditif Titanium meningkatkan perlindungan mesin dengan membentuk lapisan titanium pada permukaan komponen mesin, sehingga mengurangi terjadinya gesekan guna memperpanjang umur mesin kendaraan dan meningkatkan penghematan bahan bakar.

Sementara, aditif Molybdenum membentuk lapisan film di semua permukaan yang mengalami pergesekan guna memastikan komponen bekerja lebih lancar, menghindari kontak langsung antara permukaan logam sehingga melindungi mesin dari keausan

Imran Razy, General Manager ENEOS Indonesia, mengatakan “Kami sangat bangga mempersembahkan produk pelumas terbaru, ENEOS X Series.  Peluncuran produk ini merupakan bukti bahwa pengembangan produk ENEOS sangat mengikuti perkembangan mesin kendaraan dan mampu memenuhi harapan konsumen. Kedepannya Kami akan terus berkomitmen dalam memberikan inovasi dan teknologi terbaru guna memberikan kenyamanan yang maksimal kepada pelanggan”.

Keunggulan Standar API Service SP ILSAC GF-6

Standar tertinggi pelumas mesin saat ini adalah API Service SP yang dikeluarkan resmi oleh American Petroleum Institute (API). API sendiri merupakan sebuah asosiasi perdagangan dan lembaga penguji, serta pemeriksa kualitas pelumas yang mewakili segmen industri gas alam, dan minyak.

Dengan adanya standar tersebut memungkinkan mendapat kenyamanan berkendara dengan secara maksimal dan meningkatkan akselerasi kendaraan, selain itu pengendara juga mendapatkan pelumas kendaraan dengan jaminan terbaik.

Efisiensi Bahan bakar

Dalam memenuhi kebutuhan efisiensi bahan bakar yang diberlakukan oleh produsen mobil saat ini, ENEOS telah meningkatkan standar API Service SP ILSAC GF-6, dimana telah diuji secara teknis dapat menghemat bahan bakar hingga 2%.

ENEOS X Series Pelumas Dengan Teknologi Terbaru dan berstandarisasi API Service SP
ENEOS X Series Pelumas Dengan Teknologi Terbaru dan berstandarisasi API Service SP

Low-Speed Pre-Ignition (LSPI)

Spesifikasi SP sendiri dirancang memberikan perlindungan terhadap penyalaan awal di putaran rendah (LSPI). Low-Speed Pre-Ignition (LSPI) adalah kondisi dimana terjadinya pembakaran abnormal pada mesin GDI (Gasoline Direct Injection) dan TGDI (Turbocharged Gasoline Direct Injection) saat mesin berakselerasi dengan cepat di RPM rendah. Dalam beberapa kasus saat terjadi LSPI, piston retak dan mesin mengalami rusak parah.

ENEOS X PRIME dirancang secara khusus dan dapat mencegah kemungkinan terjadinya kondisi LSPI dengan perlindungan keausan rantai yang tahan lama, peningkatan perlindungan endapan suhu tinggi untuk piston dan turbocharger, serta kontrol lumpur dan pernis yang lebih ketat.

Varian ENEOS X PRIME sudah tersedia di bengkel-bengkel rekanan resmi ENEOS mulai Agustus 2023 di area Jabodetabek menyusul di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan wilayah lainnya. Sementara untuk ENEOS X akan mulai tersedia di bulan Oktober 2023.

find us at google news