0 0
Waktu :10 Menit, 12 Detik

OTOExpo.com –  Pemilik kendaraan harus tetap memperhatikan kondisi dan merawat kendaraan meskipun lebih banyak terparkir di garasi atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

Melakukan pengecekan secara rutin terhadap mobil bisa meminimalisir resiko kondisi kendaraan rusak karena tidak digunakan, dan bahkan bisa tetap menjaga mobil dalam kondisi yang optimal untuk digunakan setiap saat.

DFSK pun memberikan panduan mengenai 5 komponen yang bisa dicek secara mandiri di rumah agar kendaraan tetap terjaga dan optimal:

1. Oli Mesin

Oli mesin perlu mendapatkan perhatian karena komponen ini yang melumasi pergerakan komponen-komponen yang ada di dalam mesin. Apabila diabaikan, maka bisa saja oli sudah lama kondisi tidak baik, sudah mengental, dan bahkan bisa merusak komponen mesin.

Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek odometer. Kendaraan-kendaraan DFSK umumnya melakukan pergantian oli setiap 10.000 kilometer dan menggantinya dengan DFSK Genuine Oli yang dirancang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan DFSK.

Selain itu, konsumen bisa melihat volume oli mesin melalui dipstick yang berada di area mesin dan ditandai dengan gagang yang berwarna kuning. Apabila volume oli mesin berada di bawah batas minimum, pemilik kendaraan bisa menambahkan oli yang sama dengan yang digunakan saat itu.

DFSK Bagikan Tips 5 Komponen yang Bisa Dicek Secara Mandiri Di Rumah
DFSK Bagikan Tips 5 Komponen yang Bisa Dicek Secara Mandiri Di Rumah

2. Aki dan Lampu

Aki menjadi salah satu komponen penting bagi kelistrikan mobil karena sumber energi dari komponen satu ini. Apabila tidak dirawat, maka komponen ini bisa bermasalah dan membuat kelistrikan di kendaraan tidak berfungsi dengan baik.

Cara melihat kondisi aki, bisa melihat dengan tanggal pembeliannya melalui label yang ditempel. Umumnya, untuk mobil-mobil yang rutin digunakan, aku memiliki umur 1-2 tahun pemakaian.

Selain itu, apabila menggunakan tipe aki basa bisa mengecek kondisi cairan aki. Apabila terlihat kurang maka bisa menambahkan cairan aki. Sementara pada aki kering, ada indikator warna yakni biru tandanya masih oke, putih butuh tambahan setrum, dan merah wajib ganti.

Setelah kondisi aki dinyatakan sudah optimal, maka pemilik kendaraan bisa melakukan pengecekan lampu-lampu dengan cara menghidupkannya. Pemilik kendaraan bisa menghidupkan lampu depan, lampu belakang, lampu kabin, hazard, hingga sein. Pastikan semua berfungsi dengan baik, dan apabila ada yang tidak berfungsi bisa di cek penyebabnya.

....lanjut laman 2


Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Laman: 1 2

5 Komentar

  1. Cocok bgt nih buat edisi ppkm, mobil jarang kepake nganggur di garasi rumah. Daripada mobil SUV 200 jutaan kenapa² mending dicek mandiri dulu dirumah, kalo ada kendala lbih lnjut baru dehh kita bawa ke bengkel resmi DFSK, buat yg dom Bogor lngsng aja cuss ke Jl. Raya Tajur no 74 Pakuan Bogor

  2. Walaupun emg lagi ga kemana2, tetep harus cek kondisi mobil. Apalagi kan desain mobil SUV dsfk mewah, kalo ga dirawat dgn baik sayang dong jadinya

  3. Perawatan rutin emang perlu banget, mau dipake atau engga tetep harus sesuai manual book service.

  4. Nah betul banget tuh, walaupun DFSK sediain garansi sampai 7 tahun tapi namanya kendaraan harus ttp dirawat dan dilakukan pengecekan rutin!!

  5. Berguna banget nih tips nya, jangan sampe mobil se kece ini lupa di servis