Carsome Ajarkan Cara Beli Mobil Bekas Idaman Secara Online

Carsome Ajarkan Cara Beli Mobil Bekas Idaman Secara Online

find us at google news

 

OTOExpo.com –  Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) yang menunjukkan peningkatan di bulan Mei 2023, dengan penjualan wholesales periode Januari hingga Mei 2023 mencapai 423.404 dibandingkan penjualan periode Januari hingga April 2023 sebesar 341.311.

Tren positif ini juga turut dialami industri mobil bekas, dengan adanya minat dari 58 persen konsumen Indonesia untuk mempertimbangkan membeli mobil bekas3

Andrew Mawikere, CEO CARSOME Indonesia, mengatakan, “Peningkatan minat terhadap mobil bekas ini membuka peluang sekaligus menjadi dorongan bagi industri dalam menghadirkan solusi yang dapat menjawab kebutuhan konsumen seperti standarisasi kualitas, transparansi serta keberagaman pilihan yang tersedia.”

Carsome Ajarkan Cara Beli Mobil Bekas Idaman Secara Online
Carsome Ajarkan Cara Beli Mobil Bekas Idaman Secara Online

“Kehadiran aplikasi CARSOME menjadi bagian dari upaya kami untuk menjawab kebutuhan konsumen akan akses transparansi data serta kualitas yang lebih lengkap dan mudah.” ungkapnya.

Ketika membeli mobil bekas secara online, ada beberapa hal yang tidak boleh terlewatkan untuk memastikan Anda mendapatkan mobil bekas berkualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Berikut 5 hal yang perlu diperhatikan konsumen saat membeli mobil bekas melalui platform online:

Melakukan Riset

Membeli mobil secara online memberikan kesempatan yang lebih luas bagi Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya.

Dengan melakukan riset, Anda dapat mempersempit pilihan mobil yang sesuai dengan budget dan tujuan penggunaan mobil.

Selain itu, Anda juga dapat membandingkan pilihan merek dan model yang tersedia.

CARSOME melengkapi kemudahan proses pembelian mobil secara online dengan menghadirkan aplikasi CARSOME yang merangkum berbagai fitur dalam satu aplikasi, sehingga konsumen dapat dengan lebih mudah melakukan riset mobil berkualitas CARSOME Certified. Aplikasi CARSOME juga dapat diunduh di Google Play dan App Store.


Pilih Layanan Finansial Terpercaya

Pembayaran secara kredit dapat menjadi solusi konsumen untuk membeli mobil impian. Pastikan pilihan bank maupun leasing yang menjadi pilihan Anda telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pada proses ini, Anda perlu memastikan informasi terkait besaran bunga, proses yang ditawarkan, serta ketersediaan perlindungan asuransi selama kredit mobil dari beberapa pilihan lembaga keuangan.

Informasi tersebut akan membantu Anda menentukan pilihan pembiayaan yang sesuai dengan kemampuan finansial selama masa cicilan berlangsung.

Terakhir, lakukan seleksi terhadap beberapa pilihan berdasarkan keamanan, bunga terendah, hingga standarisasi yang telah ditetapkan oleh OJK.

Melengkapi kemudahan konsumen untuk membeli mobil impian, CARSOME bekerjasama dengan beberapa mitra untuk memudahkan transaksi pembiayaan secara kredit seperti BCA Finance, Buana Finance, BFI Finance, CIMB Niaga Finance, dan berbagai pembiayaan lainnya.

Rekam Jejak Mobil

Mengetahui status kepemilikan mobil juga sebaiknya tidak terlewatkan.

Perlu Anda ketahui, bahwa semakin banyak riwayat kepemilikan sebuah mobil, maka akan ada kondisi yang ditemukan pada mobil, terutama jika pemilik mobil sebelumnya tidak disiplin dalam merawat mobil.

Anda dapat memastikan beberapa hal terkait pemakaian mobil yang memengaruhi kondisi kendaraan, seperti seberapa rutin mobil diservis, frekuensi berkendara jarak jauh, serta bagian mobil apa saja yang pernah diganti.

Sebagai tindakan lebih lanjut, pemeriksaan rekam jejak mobil dapat dilakukan mandiri secara langsung melalui pengecekan komponen interior dan eksterior mobil.

Pemeriksaan meliputi kondisi ban mobil yang sesuai dengan kilometer kendaraan, serta kondisi interior mobil seperti busa kursi, bahan pelapis setir hingga plafon mobil. Anda juga dapat meminta bantuan mekanik di bengkel resmi untuk pengecekan lebih detail.

Tidak jarang ditemukan penjual yang memajang foto yang tidak sesuai dengan kondisi mobil yang dijual, seperti menggunakan foto lama, foto saat mobil tersebut pertama kali dibeli, atau kemungkinan adanya penjual yang menggunakan foto mobil milik orang lain.

Selain itu, Anda dapat memperhatikan identitas penjual, legalitas mobil serta status cicilan atau kredit mobil di platform online tersebut.

Carsome Ajarkan Cara Beli Mobil Bekas Idaman Secara Online
Carsome Ajarkan Cara Beli Mobil Bekas Idaman Secara Online

Pemeriksaan legalitas mobil dapat dilakukan dengan mengecek plat nomor kendaraan yang hendak dibeli melalui aplikasi, situs resmi, hingga layanan SMS dari Samsat.

Selain itu, terdapat juga proses jual beli mobil yang berstatus belum lunas atau over kredit. Pembelian dengan cara over kredit ini dapat dilakukan, asalkan tetap sepengetahuan lembaga pemberi kredit.

Jika Anda sepakat untuk meneruskan cicilan mobil penjual, maka Anda dan penjual harus menghubungi bank atau penyedia leasing yang melakukan analisis kredit saat pengajuan pinjaman.

Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan surat dan dokumen mobil lengkap seperti STNK, BPKB, dan faktur pembelian mobil menjadi salah satu hal penting.

Anda juga perlu memeriksa kesesuaian nomor mesin dan rangka mobil dengan nomor yang tercantum pada BPKB. Pastikan juga nama penjual sama dengan nama pemilik mobil yang tercantum dalam dokumen.

Ketersediaan Layanan Pelanggan

Fungsi utama dari layanan pelanggan adalah untuk menjamin keseluruhan proses transaksi berjalan aman dan nyaman.

Tidak hanya berhenti sampai transaksi pembelian mobil selesai, tetapi juga berlanjut hingga layanan pasca pembelian (aftersales), seperti jika ada kendala, maka bisa ditanyakan langsung ke bagian layanan konsumen.

Namun perlindungan seperti ini tidak tersedia ketika membeli mobil bekas dari perorangan.

Untuk menghadirkan ketenangan pikiran konsumen mobil bekas, CARSOME menghadirkan layanan dengan garansi mobil selama 1 tahun untuk mesin, transmisi, dan AC.

Carsome Ajarkan Cara Beli Mobil Bekas Idaman Secara Online
Carsome Ajarkan Cara Beli Mobil Bekas Idaman Secara Online

Konsumen juga akan mendapatkan layanan CARSOME Emergency Roadside Assistance (ERA). Layanan 24 jam ERA disediakan secara gratis untuk membantu konsumen yang mengalami keadaan darurat selama berkendara yang meliputi layanan gratis untuk jasa derek, jasa penghantaran bensin, layanan jumper aki, serta penggantian ban.

Semoga tips ini dapat membantu Anda mengoptimalkan pengalaman membeli mobil bekas secara online dan memberikan pengalaman terbaik bagi Anda dalam berkendara.

 

find us at google news