OTOExpo.com –  Di dalam polis asuransi dipaparkan mengenai hak dan kewajiban masing-masing pihak sebagaimana yang sudah disepakati.

Dengan kata lain, polis asuransi mobil adalah perjanjian tertulis antara perusahaan asuransi dan nasabah yang berisi tentang ketentuan terkait ketentuan perlindungan dan risiko mobil di waktu yang akan datang. Ada hak dan kewajiban perusahaan asuransi dan nasabah secara rinci dalam polis tersebut.

Bagi nasabah, polis asuransi bermanfaat juga sebagai alat bukti tertulis saat terjadi risiko dan pengajuan klaim, bukti pembayaran premi, serta bukti untuk menuntut penanggung bila terjadi kelalaian atau tidak memenuhi kewajiban sebagaimana yang sudah disepakati.

Cara Mudah Mempelajari Polis Asuransi Mobil
Cara Mudah Mempelajari Polis Asuransi Mobil

Umumnya, polis mobil berbentuk buku tebal yang melelahkan untuk dibaca. Namun, dengan memahami polis, kita akan paham terhadap produk asuransi yang sudah kita beli. Tim riset Lifepal.co.id merangkum beberapa cara mudah mempelajari polis asuransi mobil.

Baca dan cermatilah hal-hal dasar dalam polis asuransi mobil

Saat membaca polis asuransi mobil yang diberikan oleh pihak perusahaan asuransi, periksa lagi hal-hal mendasar yang harus ada dalam polis, di antaranya:

  1. Data pemilik polis
  2. Tipe perlindungan asuransi
  3. Data-data mobil
  4. Kesepakatan harga dan pembayaran premi
  5. Pertanggungan atau jaminan
  6. Penentuan nilai ganti rugi
  7. Perluasan tanggungan
  8. Cara mengajukan ganti rugi
  9. Penghentian pertanggungan
  10. Penanganan perselisihan
Jenis asuransi mobil

Ada dua jenis asuransi mobil yang ditawarkan di pasaran, yaitu Asuransi All Risk (Comprehensive) dan Total Loss Only (TLO).

Perbedaan keduanya adalah pada pertanggungan, yaitu All Risk bakal menanggung semua kerugian pada mobil sementara TLO hanya bakal mencairkan klaim kehilangan atau rusak parah.

Pilih yang mana? Tentu saja tergantung dari prioritas kamu. Kalau kamu mengincar premi yang murah, maka TLO jawabannya. Sayangnya TLO gak bakal memberikan ganti rugi kalau kerusakan mobilmu cuma lecet atau penyok sedikit.

Sementara itu perlindungan menyeluruh ada pada asuransi All Risk. Jenis ini bakal mengganti kerugian apapun, meskipun hanya sekadar baret saja. Konsekuensinya, kamu harus membayar premi yang lebih mahal.

……..Lanjut laman 2 ( Usia Mobil Yang Diasuransikan )


Laman: 1 2

Komentar anda