BYD Motor Indonesia Langsung Umumkan Ketiga Mobil Listrik Andalannya

BYD Indonesia Terima Orderan 10.000 Mobil EV dari PLN

 

OTOExpo.com –  PT PLN (Persero) melalui subholding PLN Icon Plus memesan sekitar 10.000 (sepuluh ribu) unit kendaraan berbasis listrik milik BYD. Adapun pemesanan kendaraan listrik EV BYD ini akan dilakukan secara bertahap selama lima tahun kedepan.

Penandatanganan nota kerja sama ini dilakukan di salah satu mall di bilangan kota Jakarta Selatan dan sebagai percepatan penggunaan kendaraan listrik di tanah air.

“Kami di BYD sangat bersemangat dengan kolaborasi bersama PT Indonesia Comnet Plus melalui subholding PLN Icon Plus untuk menyediakan Electric Vehicle BYD dalam lima tahun ke depan.” ujar Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia.

BYD Indonesia Terima Orderan 10.000 Mobil EV dari PLN
BYD Indonesia Terima Orderan 10.000 Mobil EV dari PLN

Sementara itu, Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PT Indonesia Comnet Plus mengungkapkan bahwa pembelian mobil listrik BYD yang dibeli tersebut nantinya akan dijadikan mobil operasional PLN.

Ari juga mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan pihak BYD sejak di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Februari lalu.

“PLN mau jadi perusahaan pertama yang ganti kendaraan operasionalnya ke kendaraan 100 persen listrik termasuk motor,” kata Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PT Indonesia Comnet Plus.

Untuk merealisasikan komitmen tersebut, maka PT BYD Motor Indonesia menjalin kerja sama dengan PT PLN (Persero) melalui subholding PLN Icon Plus dalam penyediaaan 10.000 unit Electric Vehicle (EV) BYD yang pelaksanaannya akan didukung oleh dealer-dealer BYD di seluruh Indonesia.

Seiring transformasi di tubuh PT PLN (Persero), PLN ICON Plus mengemban peran baru sebagai sub holding PLN yang menangani lini bisnis di luar kelistrikan (Beyond kWh). Transformasi PLN Icon Plus berfokus pada empat segmen, yaitu segmen PLN, segmen Retail, segmen Publik, dan segmen Electricity Related Business.

“Kemitraan antara PLN Icon Plus dan BYD dengan pihak dealer dalam penyediaan kendaraan listrik BYD di Indonesia adalah langkah penting dalam mendukung transformasi energi yang lebih bersih dan berkelanjutan di negara ini. Kami yakin bahwa dengan teknologi dan komitmen BYD dalam kendaraan listrik.”

Sejarah BYD Inovasi Tiga Dekade Demi Teknologi Unggul
Sejarah BYD Inovasi Tiga Dekade Demi Teknologi Unggul

“Kerjasama ini akan membawa manfaat besar bagi perkembangan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, serta mendukung program pemerintah Green Energy Transition di Indonesia, mewujudkan masa depan energi yang lebih berkelanjutan,” ujar Ari Rahmat Indra Cahyadi selaku Direktur Utama PT Indonesia Comnet Plus.

Sedangkan bagi pihak BYD Motors Indonesia, kerja sama ini adalah sebuah langkah besar dalam mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki PLN ICON Plus dan sinergi dengan jajaran PLN Group, BYD semakin optimistis untuk menjangkau konsumen yang lebih luas di berbagai lapisan masyarakat.

BYD Indonesia Terima Orderan 10.000 Mobil EV dari PLN
BYD Indonesia Terima Orderan 10.000 Mobil EV dari PLN

Tidak itu saja, dalam kesempatan tersebut kedua perusahaan juga memikirkan pengembangan Infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik (SPKLU-red) kedepannya.

BYD berkomitmen untuk memfasilitasi percepatan transisi menuju era kendaraan elektrifikasi di Indonesia tidak hanya melalui inovasi New Energy Vehicle, namun juga dengan ekosistem yang dapat mempermudah ketersediaan unit bagi banyak pihak.