Bridgestone Indonesia Sabet Penghargaan Change the World 2023

Bridgestone Indonesia Sabet Penghargaan Change the World 2023

 

 

OTOExpo.com –  PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), bagian dari Bridgestone Corporation pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi, meraih penghargaan ‘Change the World 2023’ pada ajang “Fortune Indonesia Summit (FIS) 2024” yang diselenggarakan oleh IDN Media, Kamis (07/3), di Jakarta.

Memasuki gelarannya yang ketiga, FIS 2024 mengangkat tiga tema besar Forward Thinking, Acceleration, dan Sustainability.

Puncak acara FIS 2024 salah satunya ditandai dengan Awarding Session sebagai momentum apresiasi bagi 34 perusahaan yang masuk dalam daftar Change the World, yaitu penghargaan bagi sejumlah perusahaan yang dinilai mampu menghadirkan inovasi pada aktivitas bisnisnya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar.

Bridgestone Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan ban yang meraih penghargaan ini dari 34 perusahaan yang mendapatkan penghargaan yang serupa.

Bridgestone Indonesia Sabet Penghargaan Change the World 2023
Bridgestone Indonesia Sabet Penghargaan Change the World 2023

Pada acara FIS 2024, CEO IDN Media, Winston Utomo menyampaikan bahwa menjalankan sebuah bisnis bukan hanya soal profit atau pendapatan semata, melainkan juga harus mendatangkan dampak positif bagi masyarakat luas.

“FIS 2024 adalah konferensi bisnis yang melibatkan pemimpin masa depan Indonesia. Dengan membawa tiga tema besar, Forward Thinking, Acceleration, dan Sustainability, kami berharap kegiatan ini dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia yang lebih maju dan memiliki dampak positif yang berkelanjutan,” kata Winston.

Komitmen Bridgestone Indonesia terhadap program keberlanjutan ini salah satunya ditandai dengan keberhasilan Bridgestone Indonesia – Karawang Plant (BSIN – KP) dalam meraih PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan) Hijau yang kedua kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI), akhir tahun lalu.

Selama tahun 2022, Bridgestone Indonesia telah berhasil melakukan efisiensi energi sebesar 65.2ribu GJ serta berhasil mereduksi emisi gas sebesar 5.3ribu Ton CO2-eq.

Hal tersebut menjadikan perusahaan mampu memproduksi ban-ban berkualitas unggul bagi masyarakat tanpa memberikan dampak negatif yang besar pada lingkungan.

Selain itu, inovasi-inovasi teknologi lainnya juga dilakukan guna mencapai pengurangan emisi di atas, seperti inovasi pada motor mesin ekstruder yang berkontribusi terhadap reduksi energi sebesar 1.4ribu GJ serta inovasi pada proses curing dalam produksi ban kendaraan yang berkontribusi terhadap reduksi emisi sebesar 435-ton CO2-eq.

Program kebelanjutan juga terus dilaksanakan Bridgestone Indonesia melalui kegiatan tanggung jawab sosialnya (CSR). Di bidang keanekaragaman hayati, yakni dalam upaya perlindungan konservasi mangrove di Kawasan Muara Gembong, Bekasi.

Sedang di bidang pemberdayaan masyarakat, dalam bentuk pemberdayaan masyarakat pesisir di kawasan Muara Gembong, Bekasi dan program desa binaan di kawasan Pabuaran, Bogor.

Bridgestone Indonesia Sabet Penghargaan Change the World 2023
Bridgestone Indonesia Sabet Penghargaan Change the World 2023

“Kami mengapresiasi penghargaan ini, karena menjadi bukti nyata dari Bridgestone E8 Commitment yang menjadi pedoman kami dalam memastikan aspek-aspek keberlanjutan selalu ada dalam semua kegiatan keseharian dalam melayani masyarakat, sesuai dengan visi misi kami yakni “

“Serving Society with Superior Quality. Kami berkomitmen untuk terus menjalankan program keberlanjutan sesuai dengan masing-masing vektor Bridgestone E8 Commitment,” ujar Human Resource and General Affairs Director Bridgestone Indonesia, Yunus Triyonggo.

Dalam hal keberlanjutan, berbagai inovasi terus dilakukan oleh Bridgestone Indonesia. Selain menghadirkan inovasi produk ban ramah lingkungan, melalui Bridgestone E8 Commitment.

Bridgestone juga menyasar program keberlanjutan lainnya, hal ini sesuai dengan delapan vektor dalam program Bridgestone E8 Commitment yaitu Energi, Ekologi, Efisiensi, Ekstensi, Ekonomi, Emosi, Ease (Kemudahan), dan Empowerment (Pemberdayaan).