Bridgestone Hadir Di World Solar Challenge 2023 Adelaide Australia

Bridgestone Hadir Di World Solar Challenge 2023 Adelaide Australia

 

OTOExpo.com, Adelaide – Pada perayaan ke-60 Bridgestone Motorsport, Bridgestone semakin menunjukkan komitmen jangka panjangnya terhadap sustainable global motorsport pada acara peluncuran event BWSC 2023 di Adelaide, Australia.

Pada tahun ini, 35 tim akan menempuh perjalanan sejauh 3.000 km dari Darwin ke Adelaide dengan menggunakan ban Bridgestone.

Di tahun ini menjadi tahun perdana diterapkannya teknologi ENLITEN, yang merupakan teknologi dasar untuk desain produk yang mewujudkan “New Premium”, pada ban BWSC Bridgestone.

Baca Juga : Bridgestone Imbau Pengendara Mobil Pribadi Melakukan Pengecekan Ban

BWSC 2023 juga akan menjadi ajang  pertama kalinya teknologi ENLITEN digunakan dalam sebuah  kompetisi, sebagai suatu milestone tersendiri dalam sejarah Bridgestone Motorsport dan penggabungan antara motorsport dan sustainability.

BWSC menampilkan komitmen perusahaan Bridgestone tentang “Energy: komitmen untuk mewujudkan mobilitas masyarakat yang netral karbon” dan “Emotion: komitmen untuk menginspirasi kegembiraan dan menyebarkan kegembiraan ke dunia mobilitas” yang tertuang dalam “Bridgestone E8 Commitment”.

“Komitmen Bridgestone pada BWSC merupakan demonstrasi dari transformasi kami menuju perusahaan solusi berkelanjutan melalui pengembangan teknologi ban baru dan dengan menampilkan nilai-nilai Bridgestone E8 Commitment,” kata Tomoyuki Takagi, Executive Director Global Marketing Strategy, Bridgestone Corporation.

BWSC

BWSC adalah acara ajang kompetisi mobil bertenaga surya paling terkemuka di dunia dan komitmen jangka Panjang Bridgestone terhadap BWSC memainkan peran penting dalam mendukung budaya motorsport global, sebagai sebuah sustainable global premium brand (merek premium global yang berkelanjutan).

Kembalinya BWSC pada tahun 2023 merupakan event pertama sejak perpanjangan kemitraan 10 tahun Bridgestone diumumkan pada tahun 2019.

Bridgestone terus memperluas dukungan timnya selama dekade terakhir, berkembang dari satu tim yang menggunakan ban Bridgestone pada tahun 2013 menjadi 35 tim, dari total 43 tim, pada tahun 2023.

Bridgestone Hadir Di World Solar Challenge 2023 Adelaide Australia
Bridgestone Hadir Di World Solar Challenge 2023 Adelaide Australia

Menuju 2050

Dengan prinsip keberlanjutan sebagai inti manajemen dan bisnisnya, Bridgestone berupaya mewujudkan visinya yaitu “Menuju 2050, Bridgestone terus memberikan nilai sosial dan nilai pelanggan sebagai perusahaan solusi yang berkelanjutan” dan, BWSC memainkan peran unik dalam memadukan motorsport dan solusi berkelanjutan untuk masa depan.

Acara ini juga membuka akses bagi Bridgestone pada riset dan pengembangan dunia-nyata dalam kondisi yang ekstrim sebagai pengujian produk ban terbaru yang dilengkapi dengan teknologi ENLITEN.

BWSC telah berjalan sejak tahun 1987 dengan tujuan untuk berkontribusi dalam pengembangan mobil bertenaga surya, mendukung para insinyur muda, dan berkontribusi terhadap lingkungan dengan menggunakan sumber tenaga baru: cahaya matahari.

Baca Juga : Bridgestone Investasi Di Kodiak Robotics Truk Otonom Jarak Jauh

Peserta ditantang untuk merancang, membangun, dan mengembangkan kendaraan paling efisien di dunia. Acara tahun 2023 ini akan menjadi kali ke-16 perlombaan ini dan berlangsung mulai Minggu, 22 Oktober.

Ringkasan 2023 Bridgestone World Solar Challenge

  1. Waktu penyelenggaraan: 22 – 29 Oktober 2023
  2. Host Country: Australia (Start: kota Darwin; Finish: kota Adelaide)
  3. Penyelenggara: Badan Motorsport Australia Selatan (SAMSB)
  4. Kelas yang dipertandingkan:
(1) Kelas Penantang (Challanger)

Tantangan untuk menjadi yang pertama dalam kendaraan yang dirancang untuk kecepatan; kendaraan membutuhkan tiga atau empat roda dan satu pengemudi.

Dukungan Bridgestone: 25 tim (Total 32 tim)

(2) Kelas Penjelajah (Cruiser)

Tantangan menguji efisiensi dan kepraktisan energi kendaraan; kendaraan harus beroda empat dan dapat dikendarai oleh satu pengemudi dan lebih dari satu penumpang.

Dukungan Bridgestone: 10 tim (Total 11 tim)

(3) Kelas Petualangan (Adventure)

Tantangan terbuka untuk kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan untuk berkompetisi di Kelas Challenger atau Kelas Cruiser, seperti kendaraan yang berdasarkan peraturan kompetisi sebelumnya; kendaraan harus memiliki lebih dari tiga roda.