OTOExpo.com – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat bahwa pangsa pasar segmen kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) di kuartal I-2021 mencapai 25,86%, menggeser pasar MPV (Multi Purpose Vehicle) di Indonesia.[1]

Hal ini didukung dengan kabar bahwa beberapa produsen mobil besar hendak meluncurkan kendaraan SUV terbarunya ke pasar dalam negeri dalam waktu dekat-dekat ini.[2]

Adapun tipe SUV yang sedang digandrungi umumnya yang memiliki kapasitas tujuh penumpang, atau mengacu pada LSUV (Low Sport Utility Vehicle). Ini menandakan, segmen LSUV di Indonesia berpeluang mengungguli segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang selama ini kerap mendominasi pasar otomotif Indonesia.

Berikut ini Sederet Daya Tarik Mobil LSUV Menurut Hankook Tire
Berikut ini Sederet Daya Tarik Mobil LSUV Menurut Hankook Tire

Produsen ban premium Hankook Tire memandang, “Daya tarik segmen SUV, khususnya LSUV menguat berkat berbagai keunggulan yang dimiliki kendaraan tersebut, seperti kabinnya yang berukuran besar baik untuk penumpang maupun barang, begitu pula ketangguhan performa di berbagai medan.” ungkap National Sales Manager Passenger Car Radial PT. Hankook Tire Sales Indonesia Apriyanto Yuwono.

Adanya peningkatan pasar yang signifikan pada segmen kendaraan LSUV ini turut disambut baik oleh Hankook Tire. Presiden Direktur PT. Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin, menyampaikan sudah dalam dua tiga tahun terakhir  perusahaan gencar menyasar segmen SUV melalui ban high inch-nya.

“Meskipun LSUV belum benar-benar mengalahkan dominasi LMPV di Indonesia, perkembangan yang cukup signifikan ini jelas membuka banyak kesempatan besar bagi produsen mobil untuk melakukan diversifikasi penjualan. Hal tersebut juga akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan ban high-inch, yaitu ban dengan ring 18 inch ke atas, yang didesain untuk LSUV.” ujar Yoonsoo Shin.

SUV didesain sebagai mobil yang memiliki kapabilitas seperti truk pickup, namun dengan kenyamanan seperti mobil penumpang.

……….. lanjut laman 2


Laman: 1 2