Berikut ini Kriteria Mobil Klasik Yang Bisa Diasuransikan

Berikut ini Kriteria Mobil Klasik Yang Bisa Diasuransikan

 

 

OTOExpo.com –  Para pencinta mobil klasik mengoleksi kendaraan antik dari berbagai merek dan seringkali langka serta keluaran edisi terbatas. Karena itu, tentu saja penting untuk memproteksi kendaraan tua dengan asuransi mobil.

Setiap pemilik mobil klasik memang dapat mengasuransikan kendaraannya. Namun, perusahaan asuransi akan sangat hati-hati memberikan manfaat proteksi tersebut.

Pasalnya, berdasarkan peraturan perusahaan asuransi, ada beberapa kategori mobil tua yang bisa diasuransikan. Sebagian perusahaan memberikan kategori tua ketika mobil masuk tahun kelima, sementara perusahaan asuransi lainnya membatasi usia 10 atau lebih dari 10 tahun.

Meski umumnya usia mobil yang bisa diasuransikan berusia di bawah 15 tahun, beberapa perusahaan asuransi lain masih bisa memberi manfaat proteksi untuk mobil dengan usia lebih dari 15 tahun. Tepatnya, yaitu mobil dengan usia 25 tahun lebih.

Berikut ini Kriteria Mobil Klasik Yang Bisa Diasuransikan
Berikut ini Kriteria Mobil Klasik Yang Bisa Diasuransikan

Pahami Jenis Proteksi untuk Mobil Klasik

Anda dapat memproteksi finansial dengan asuransi mobil klasik. Produk asuransi ini dirancang untuk melindungi pemilik kendaraan roda empat yang telah berusia lebih dari 5-25 tahun dari risiko tak terduga.

Seperti diketahui, mobil tua cenderung lebih sering mengalami kerusakan, sementara suku cadangnya sulit didapatkan. Karena itu, tidak semua perusahaan asuransi bersedia menyediakan cakupan untuk kendaraan dengan kondisi tersebut.

Bagi pemilik mobil antik, pilihan asuransi mobil tua mencakup polis asuransi mobil All Risk dan asuransi Total Loss Only (TLO), yang umumnya mirip dengan opsi untuk mobil baru. Meski begitu, mendapatkan asuransi mobil All Risk untuk mobil tua bisa sangat sulit.

Asuransi mobil All Risk memberikan perlindungan finansial dengan mengganti rugi atau menanggung biaya perbaikan akibat kerugian sebagian maupun keseluruhan dari berbagai risiko tak terduga.

Di sisi lain, asuransi TLO memberikan jaminan ganti rugi hanya pada kerugian atau kerusakan total akibat kejadian yang tidak terduga. Namun, manfaat ini hanya berlaku jika biaya perbaikan diperkirakan mencapai atau melebihi 75% dari nilai mobil.

Dengan manfaat tersebut, umumnya asuransi mobil All Risk lebih cocok untuk kendaraan berusia antara nol hingga 10 tahun. Sementara asuransi TLO umumnya lebih sesuai untuk mobil berusia hingga 15 tahun, termasuk mobil baru, tua, atau bekas.

Berikut ini Kriteria Mobil Klasik Yang Bisa Diasuransikan
Berikut ini Kriteria Mobil Klasik Yang Bisa Diasuransikan

Fitur-Fitur Penting dari Asuransi Mobil Klasik

Sebelum memiliki proteksi mobil klasik, Anda dan perusahaan asuransi akan sama-sama menyepakati nilai mobil yang dimiliki. Setelah itu, perusahaan asuransi akan menilai berapa premi yang harus dibayarkan.

Dalam polis asuransi mobil standar, perusahaan asuransi menentukan nilai mobil berdasarkan model sejenis dan perkiraan biaya perbaikan jika terjadi kecelakaan.

Ketahui juga apakah perusahaan asuransi akan berspekulasi memberikan manfaat terhadap mobil klasik atau antik.