Bagaimana Kejelasan Mitsubishi Xpander Hybrid Di Indonesia

Bagaimana Kejelasan Mitsubishi Xpander Hybrid Di Indonesia

 

 

OTOExpo.com –  Beberapa waktu lalu, Mitsubishi Thailand secara resmi meluncurkan Mitsubishi Xpander Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Kehadiran Xpander Hybrid di Thailand tentu membuat masyarakat Indonesia bertanya-tanya, kapan kendaraan tersebut bisa hadir juga di Indonesia.

Pasalanya, Pemerintah telah merencanakan untuk memberikan insentif bagi mobil hybrid (hybrid electric vehicle/HEV), dan hal ini disambut baik oleh sejumlah pabrikan lainnya juga.

Para produsen mobil, terutama yang sudah memiliki mobil hybrid, sangat menantikan kebijakan insentif tersebut. Bagaimana dengan Mitsubishi?

Bagaimana Kejelasan Mitsubishi Xpander Hybrid Di Indonesia
Bagaimana Kejelasan Mitsubishi Xpander Hybrid Di Indonesia

“Saya sudah berada di Indonesia selama setahun terakhir, dan sepertinya saya sering mendapat pertanyaan ini. Sebenarnya, di Thailand sudah diluncurkan Xpander Hybrid dan XForce, dan kami sudah memiliki rencana untuk segera membawa versi hybrid ke Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita (01/04/2024).

Atsushi Kurita menjelaskan bahwa Xpander Hybrid lebih dulu diluncurkan di Thailand karena pemerintah di sana memberikan insentif bagi mobil hybrid.

Namun, di Indonesia, insentif tersebut belum diberlakukan. “Di Thailand, ada beberapa kebijakan yang menguntungkan mobil hybrid. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang sangat kompetitif dibanding mobil konvensional. Kami akan terus memantau perkembangan mobil hybrid di Indonesia,” katanya.

Lantas, kapan Xpander Hybrid akan diluncurkan di Indonesia? “Kapan kami akan membawa mobil ini ke Indonesia, tergantung pada perkembangan pasar mobil hybrid di tanah air.”

Bagaimana Kejelasan Mitsubishi Xpander Hybrid Di Indonesia

Mitsubishi secara keseluruhan sudah siap dengan teknologi mobil hybrid. Mereka hanya menunggu waktu yang tepat untuk meluncurkannya di Indonesia.

“Saat ini, saya tidak dapat memberikan tanggal pasti kapan Xpander Hybrid akan tersedia, namun secara teknis, kami sudah siap. Kami hanya perlu menunggu arahan dari prinsipal kami dan permintaan dari masyarakat Indonesia,” jelas Atsushi Kurita.

Dengan rencana pemerintah untuk memberikan insentif bagi mobil hybrid, para produsen mobil seperti Mitsubishi semakin termotivasi untuk membawa teknologi ramah lingkungan ini ke Indonesia.

Di Thailand, Mitsubishi telah resmi meluncurkan Xpander dan Xpander Cross HVE atau hybrid. Dua mobil menggunakan mesin 1.600 cc yang dikombinasikan dengan motor listrik dan baterai, naik dari mesin 1.500 cc di versi bensin sebelumnya .

Bagaimana Kejelasan Mitsubishi Xpander Hybrid Di Indonesia
Bagaimana Kejelasan Mitsubishi Xpander Hybrid Di Indonesia

Mesinnya menggunakan DOHC 16 katup MIVEC, yang bekerja bareng motor elektrik 85 kW.

Xpander Hybrid dibanderol dengan harga 912 ribu Baht atau setara Rp 405,5 jutaan. Sedangkan Xpander Cross Hybrid dilepas  mulai dari 946 ribu Baht atau sekitar Rp 420,6 jutaan.

Dengan adanya Xpander Hybrid, diharapkan akan semakin banyak pilihan mobil ramah lingkungan yang tersedia di pasar otomotif Tanah Air. Semoga, dalam waktu dekat, kita dapat melihat Xpander Hybrid beraksi di jalanan Indonesia.

Mitsubishi XFORCE

Sementara itu, mengenai mobil XFORCE yang merupakan salah satu andalan dari MMKSI mengungkapkan, “XForce merupakan produk yang sangat vital bagi kami saat ini.” ujar Yoshio Igarasi

Dari sisi penjualan, Mitsubishi XFORCE terus meningkat pesat karena diminati oleh konsumen dan market share-nya pun terbantu.

Hal tersebut membuat MMKSI menargetkan penjualan XFORCE untuk FY 2024 sebesar 15 persen. Angka naik dari sebelumnya 13 persen. “Meskipun persaingan di segmen ini sangat ketat, kami tetap akan berusaha keras untuk mencapainya.” ungkapnya.

Mitsubishi XFORCE Dilengkapi Fitur Untuk Kenyamanan
Mitsubishi XFORCE Dilengkapi Fitur Untuk Kenyamanan

Untuk pengenalan teknologi ADAS pada XForce saat ini masih dalam tahap pembelajaran. Namun, perlu diketahui bahwa XForce yang sudah ada saat ini telah dilengkapi dengan peralatan keselamatan yang memiliki fitur ADAS.

Meskipun belum sekomplit ADAS, namun tetap memberikan keamanan yang dibutuhkan. “Persaingan di segmen ini sangat ketat, kami akan terus berusaha keras untuk memperkenalkan XForce ADAS ke pasar. Kami yakin dengan kualitas produk kami, kami dapat bersaing dengan pesaing lainnya.” Kata Yoshio Igarasi lebih lanjut.

Dengan strategi pemasaran yang tepat dan fokus pada keunggulan produk, MMKSI optimis dapat meningkatkan pasar Mitsubishi XForce dan mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.

“Semoga dengan adanya XForce ADAS, kami dapat memberikan nilai tambah kepada konsumen dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap produk kami. Teruslah dukung kami dalam perjalanan ini, karena kesuksesan kami juga merupakan kesuksesan Anda. Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan Anda.” pungkasnya.