OTOExpo.com – Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2020 sejalan dengan visi Adira Finance, yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan.

Dalam penyelenggaraannya, Adira Finance memberikan apresiasi berupa Kreatif Lokal Award 2020 untuk UKM berprestasi.

“Pandemi Covid-19 telah berdampak pada sektor usaha. Situasi ini mendorong kita untuk bangkit
dan berkolaborasi dalam menghadapi kesulitan ekonomi. Sejalan dengan visi Adira Finance yaitu menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan,” jelas Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance yang juga menjadi Dewan Juri Kreatif Lokal Award 2020, di Jakarta, 23 Oktober 2020.

Setelah pekan lalu digelar sesi pertama babak final penjurian Kreatif Lokal Award 2020 untuk kategori Fashion, Pertunjukan, dan Fotografi, pada 25 Oktober 2020 menjadi kesempatan sembilan UKM finalis kategori Kuliner, Kriya, Video untuk unjuk diri di hadapan Dewan Juri.

UKM finalis yang akan memberikan presentasinya kali ini adalah Dapur Chantique, Dewi Home Crab, dan Wayo Strawberry di kategori Kuliner.

Adira finance kreatif lokal award 2020

Untuk kategori Kriya adalah Bangsawan Indonesia Tekstil, Dekardekorshop, serta Tenuneboon.

Terakhir di kategori Video, ada Aceh Documentary, Kisah bersama Studio, dan Riplay Studio.

Nantinya, para juara Kreatif Lokal Award 2020 berhak mendapatkan hadiah uang tunai senilai total puluhan juta rupiah.

Selain mendapatkan uang tunai, mereka juga akan mendapatkan business coaching dari Bukalapak dan Prasetiya Mulya–ELI serta pendampingan usaha dari Kemenparekraf, lapak online eksklusif di Bukalapak, juga eksposure di media massa senilai total lebih dari 800 juta rupiah.

Penghargaan dan hadiah kepada para finalis Kreatif Lokal Award 2020 akan diserahkan saat Malam Anugerah Festival Kreatif Lokal 2020, akan diselenggarakan pada 13 November 2020 bertepatan dengan perayaan HUT ke-30 Adira Finance.

Sesi Kedua

Pada sesi kedua babak final Kreatif Lokal Award 2020, komposisi Dewan Juri akan terdiri dari Daniel Tumiwa (Ketua Dewan Juri), Hafid Hadeli (Direktur Utama Adira Finance), Nia Niscaya (Deputi Pemasaran Kemenparekraf RI), Steve Christian (Direktur Utama KapanLagi Youniverse), serta Rachmat Kaimuddin (Direktur Utama Bukalapak).

Para finalis akan mendapatkan beberapa variabel penilaian tambahan pada sesi penjurian yang digelar secara online.

Dewan Juri akan memberikan penilaian berdasarkan motivasi peserta, hasil produk UKM dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar, serta komitmen jangka panjang para peserta terhadap produk dan usaha mereka.




Selain itu, beberapa ikon kreatif kenamaan kembali turut memberikan saran dan pandangan mereka kepada para finalis.

Pada babak final sesi kedua ini akan hadir Sisca Soewitomo pakar yang akan jadi ikon kreatif kategori Kuliner, sutradara Fajar Nugros untuk kategori Video, serta seniman Joko Avianto untuk kategori Kriya.

“Dengan menjadi mitra strategis dalam program Festival Kreatif Lokal 2020, Kemenparekraf/Barekraf dapat membantu pelaku kreatif sub sektor Fashion, Kuliner, Kriya, Pertunjukan, Fotografi, dan Video dalam mengembangkan pemasaran produk atau jasa mereka agar lebih bernilai ekonomis, inovatif, berdampak baik, dan berkelanjutan.” ungkap Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Sebagai program pendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia dan #BeliKreatifLokal, kami berharap program ini juga dapat memacu pertumbuhan bisnis ekonomi kreatif yang akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia” terangnya lebih lanjut.

Maliq D’Essentials

Pada babak final sesi kedua Kreatif Lokal Award 2020 ini, akan hadir hiburan dari Maliq&D’Essentials yang siap dengan deretan single hits mereka.

Untuk dapat menyaksikan proses penjurian dan beragam hiburan yang ditampilkan, masyarakat dapat mengakses & menyaksikan secara langsung proses penjuran babak final Kreatif Lokal Award 2020 melalui Vidio.com.

Berikan Suaramu

Penonton juga dapat berpartisipasi dengan memberikan vote untuk memilih finalis UKM terfavorit yang nantinya akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 10 juta.

Penonton dapat mengakses tautan vote pada pinned chat atau memindai QR code lewat kamera handphone di video penjurian babak final.

Penonton Beruntung

Tersedia hadiah hiburan bagi penonton beruntung yang berpartisipasi memberikan vote atau mengikuti live quiz.

Sementara masyarakat juga bisa memberikan dukungan langsung pada produk Indonesia dan pelaku UKM peserta Festival Kreatif Lokal 2020, dengan mengunjungi dan berbelanja produk￾produk mereka di Bukalapak.

“Melalui FKL, saya harap masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal, mencintai, dan menggunakan produk kretif lokal sekaligus memperkuat perekonomian nasional,” seru Rachmat Kaimuddin, Direktur Utama Bukalapak.

Kreatif Lokal Award yang diikuti 1079 UKM, dengan rentang usia produktif 21-35 tahun, dan mayoritas dijalankan oleh perempuan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Festival Kreatif Lokal 2020.

Festival ini menjaring peserta yang berasal dari seluruh pelosok negeri.

Pelaku UKM yang sudah memberikan presentasinya pekan lalu adalah Balabalabear, Ezmour, dan Semilir Ecoprint di kategori Fashion.

Lalu, Baskoro Manjer Kawuryan, Congwayndut (Keroncong Wayang Gendut), dan Serumpun Lima Studio untuk kategori Pertunjukan.

Di kategori Fotografi ada, Kotak Narsis, Mball Digital, dan Smagz Studio/ Fireworks Photography.

Festival Kreatif Lokal 2020 adalah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Adira Finance bekerjasama dengan Kemenparekraf RI bertemakan #BangkitBersamaSahabat yang diadakan mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang.

Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2020 turut didukung berbagai pihak, baik dari Pemerintah maupun swasta. Pihak swasta yang turut mendukung Festival Kreatif Lokal 2020, yakni MUFG, Adira Insurance, Adira Finance Syariah, Bank Danamon, Anteraja, Prasetiya Mulya-ELI dan Daniel Tumiwa selaku Business Growth Facilitator.

• Spread The Love •

Your Comment