OTOExpo.com – Vooya yang merupakan institusi yang dibentuk untuk membantu generasi muda yang ingin menemukan passionnya untuk menemukan visinya demi kehidupan yang lebih baik. Vooya memberikan tiga layanan utama, yaitu ;

  1. Vooya Lab , mengetahui tentang passion
  2. Vooya Journey ,  memvalidasi passion dengan cara mencoba berbagai profesi
  3. Vooya Coach , bantu menarasikan cerita hidup & membuat rencana yang konkrit di kehidupan

Passion masih menjadi momok bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Kurangnya pemahaman individu atas minat dan bakat yang mereka miliki, membuat passion tidak lagi menjadi permasalahan bagi individu saja, namun juga negara.

Penelitian

Berdasarkan penelitian dari Indonesia Human Resourcess Forum di tahun 2017 menyatakan bahwa 87% pelajar di Indonesia mengakui mereka dengan salah memilki jurusan yang ditempuh.

Dan data dari Kemnaker di tahun 2017 terungkap 63% dari total lulusan baru Indonesia harus bekerja di luar dari bidang yang mereka ambil semasa kuliah.

Yang menyedihkan, Wrong Majors Phenomenon melaporkan di tahun yang sama bahwa 653.586 lulusan baru terpaksa harus mengganggur.

Vooya Ajak Generasi Muda Indonesia Kejar Masa Depan Sesuai Passion

Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah ekspektasi orangtua yang cenderung memaksakan ambisi kepada anak dan kurang memikirkan apa yang anak inginkan. Lalu tekanan sosial memposisikan arti kesuksesan hanya dari sisi uang dan pencitraan

“Banyak pelajar yang mengambil keputusan kurang sesuai dan terburu-buru. Misalnya mereka berfikir bahwa sedikit ketertarikan atau rasa menggebu-gebu terhadap sebuah bidang dapat langsung dianggapsebagai passion.” ungkap Stephanie Wijanarko.

Selanjutnya sistem edukasi yang kurang memberikan pengarahan mengenai pentingnya mengetahui passion. Apalagi sekolah di Indonesia hanya menginginkan para muridnya punya nilai yang bagus di semua pelajaran, tanpa melihat minat mereka.

Hal yang paling bias oleh generasi nillenial adalah mager, alias malas gerak. Dimana generasi muda malas untuk riset atau mencari tahu mengenai jurusan yang mau diambil atau bahkan profesi yang ingin digeluti.

Vooya Ajak Generasi Muda Indonesia Kejar Masa Depan Sesuai Passion

#TauApaMaumu

Melalui gerakan #TauApaMaumu dapat memberikan kesadaran akan pentingnya mengambil langkah untuk mewujudkan passion dan keinginan terdalam. Gerakan #TauApaMaumu merupakan gerakkan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia dalam menumbuhkan kepedulian terhadap diri sendiri, serta mengetahui apa yang benar-benar menjadi passion mereka.

Vooya percaya terbentuknya generasi yang #TauApaMaumu dapat membangun masyarakat yang tangguh, passionate, produktif, yang akhirnya membuahkan kontribusi yang lebih maksimal bagi lingkungan atau pun sosialnya.

Pendukung

#TauApaMaumu ini didukung lebih dari 40 influencer tanah air seperti Dian Kinanthi, yang merupakan lulusan sastra jerman yang berjasil menjadi diplomat sesuai passion-nya dan Barli Asmara yang memiliki cita-cita dimasa kecilnya ingin memiliki baju yang banyak hingga akhirnya menjadi fashion designer ternama di Indonesia.

Vooya Ajak Generasi Muda Indonesia Kejar Masa Depan Sesuai Passion

“Ketika kita membesarkan suatu generasi yang tahu persis seperti apa yang mereka inginkan dan lakukan, hal tersebut sama saja membangun masyarakat yang penuh dengan gairah, ketekunan, produktifitas dan tentunya menghasilkan, Sudah saatnya setiap individu memahami dirinya serta mengeksplorasi apa yang dimiliki dan diinginkan demi tercapainya mimpi dan kehidupan yang sesuai,” pungkas Stephanie.

Spread The Love

Leave a Reply

Your email address will not be published.