OTOExpo.com – Di dalam sebuah mobil, keberadaan Ac (Air Conditioning) hampir menjadi sebuah kewajiban. Dengan AC di dalam mobil membuat pengendara tidak kepanasan. Selain itu, dengan hadirnya AC di dalam mobil tentu menambah kenyamanan dalam berkendara,

Kehadiran AC di dalam mobil juga memiliki masa pakai yang terbatas. Malahan, apabila pengemudi tidak bisa merawatnya, AC menjadi cepat rusak. Karena itu, pemilik mobil perlu mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil dengan baik.

Berikut ini hal-hal yang membuat AC cepat rusak :

Pengharum dekat AC

Banyak yang menempatkan pengharum di dekat AC agar aromanya terbawa semburan angin AC. Peletakan tersebut justru salah, karena dapat memicu kerusakan yang lebih cepat.

Hal ini disebabkan karena bahan kimia yang terdapat pada pengharum akan masuk kedalam evaporator dan mengendap. Apabila didiamkan terlalu lama, endapan tersebut akan menjadi tempat tinggal yang sempurna bagi bakteri, kuman dan jamur.

Merokok di dalam mobil

Jangan merokok didalam mobil. Selain mengganggu penumpang lainnya, merokok di dalam mobil juga menjadi salah satu penyebab ac mobil cepat rusak.

Hal ini disebabkan karena asap rokok yang mengandung nikotin akan menempel pada evaporator. Sisa asap ini menjadi berlendir dan tentunya mengganggu kinerja AC.

Membuka jendela ketika AC menyala

Ketika AC sedang menyala, sebaiknya kaca jendela benar-benar dalam keadaan tertutup rapat. Jangan sekali-kali membuka jendela ketika AC menyala akan membuat kotoran atau debu dari luar akan masuk ke dalam evaporator.

Parkir Di Tempat Panas

Sering memarkirkan mobil di tempat panas yang langsung terpapar sinar matahari juga bisa memicu kinerja AC cepat berkurang. Karena kabin mobil yang terlalu panas akan membuat kinerja AC menjadi lebih berat.

Matikan AC apabila tidak digunakan

Ada sebagian orang yang lupa mematikan AC ketika mobil dimatikkan. Kondisi AC menyala ketika mematikan mesin mobil juga bisa berpengaruh pada keawetan AC.

• Spread The Love •

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.