Tips Berkendara Aman Saat Beraktivitas di Jalan Raya

OTOExpo.com – Demi mendapatkan hidup yang super, generasi milenial selalu aktif mencari pengalaman. Di masa-masa ini tentu mobilitasmu pun semakin tinggi.

Jangan lupa hati-hati saat berkendara dan lengkapi diri dengan asuransi Super Safe Protection dari Super You by Sequis Online.

Berikut tips aman berkendara bagi Milenial Super:
  • Pastikan SIM dan STNK masih aktif dan selalu ada saat kamu berkendara
  • Kemanapun kamu pergi, jauh atau dekat, gunakan perangkat keselamatan dengan benar. Selalu pakai Safety belt dan pakai Helm SNI dengan benar
  • Pastikan kamu mengetahui tujuan dan arah lokasi karena kalau bingung bisa terjadi distraction (pengalihan) ketika berkendara.
  • Fokus saat berkendara, jangan menggunakan earphone, mengangkat telepon, membalas WhatsApp atau SMS walaupun saat ini smartphone sudah dapat disambungkan dengan audio kendaraan melalui teknologi bluetooth. Jika harus merespon saat itu juga, menepi dulu ke pinggir jalan.
  • Selalu jaga jarak aman antar pengendara. ideal jarak aman adalah 3 detik di kecepatan mana pun. Cara menghitungnya, bila kendaraan di depan sudah melewati satu titik maka 3 detik kemudian barulah kendaraan kita dapat melewati titik yang sama. 3 detik tersebut ditentukan berdasarkan kemampuan manusia merespon situasi mendadak. Biasanya, manusia butuh 1,5 detik untuk memahami situasi berbahaya dan 1,5 detik berikutnya untuk merespon.
  • Jangan rem mendadak. Hal ini masih berkaitan dengan prinsip 3 detik, yaitu bila sudah mendapatkan jarak yang cukup antar kendaraan maka bila kendaraan di depan kita melakukan rem mendadak dengan adanya jarak aman, kita masih dapat menghindari melakukan rem mendadak dan masih memiliki jarak yang cukup  untuk memberhentikan kendaraan pada posisi aman.
  • Selalu gunakan lampu sen beberapa ratus meter jika kendaraanmu akan pindah jalur atau belok agar kendaraan di belakang dapat mengidentifikasi arah kendaraan kita.
  • Budayakan keselamatan berkendara. Ingatlah pengguna jalan  jumlahnya banyak dengan tujuan yang berbeda, keahlian berkendara yang berbeda, dan karakter pengemudinya juga  berbeda. Mengerti rambu lalu lintas, tidak terburu-buru berkendara, dan selalu berlapang hati atau tidak mudah marah saat jalan Anda diambil atau disalip maka niscaya kamu dapat tiba di tempat dengan selamat.

Comment