OTOExpo.com – Hari Raya Qurban telah lewat. Akan tetapi sisa-sisa daging masih cukup banyak untuk dibikin sate. Terkadang, sate yang kita bakar terasa keras dan alot. Padahal daging yang dibakar masih segar.

Ada beberapa faktor yang membuat sate kambing maupun sate sapi jadi keras dan kering,  Diantaranya, karena pemilihan bagian daging kambing yang salah. Selain itu bisa juga lantaran daging kambing atau sapi tidak dilayukan terlebih dahulu.

Dirangkum dari berbagai sumber, untuk menghasilkan sate yang tidak keras dan lembut, berikut cara bakar daging sebelum dibikin sate.

  • Pilihlah daging yang berasal dari paha atas bagian belakang, atau daging has dalam.
  • Setelah daging dipotong-potong, balur dulu dengan bumbu, agar daging tidak terasa hambar. Jangan lupa sertakan juga bahan pengempuk daging, misalnya, baking powder. Penggunaan baking powder ini bergungsi untuk membuat daging yang akan disate lebih lembut dan tentu saja tidak keras.
  • Selain baking powder, Anda juga bisa membungkus daging dengan daun papaya atau nanas yang sudah diparut terlebih dahulu.
  • Setelah itu, masukkan daging ke dalam lemari es terlebih dahulu, lalu biarkan beberapa saat sampai bumbu meresap sempurna.
  • Tambahkan juga potongan lemak di antara potongan daging kambing ketika menusuknya. Dengan tujuan agar sate jadi lembap akibat lemak yang menetes pada daging sekitarnya.
  • Selanjutnya Anda bisa membakarnya dengan pengapian arang sampai sate benar-benar matang.

Selamat menikmati…

Tips Bakar Sate Agar Tidak Keras Lembut Di Kunyah

Your Comment