Team MotoGP Indonesia Bersiap Hadapi Musim Pertama Di Mandalika 2021

OTOExpo.com –  Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi salah satu lokasi perhelatan akbar MotoGP musim 2021.

Kabar kepastian ini sesuai dengan kalender resmi yang dimuat di situs resmi MotoGP. Dalam kalender tersebut, GP Indonesia 2021 sudah tercantum dalam dokumen FIM GP World Championship Regulations update 25 Agustus 2020 halaman 34.

Team MotoGP Indonesia Bersiap Hadapi Musim Pertama Di Mandalika 2021

Selama tiga hari, Sirkuit Mandalika bakal menggelar serangkaian kegiatan balap motor kasta tertinggi tersebut. Para penonton pun bakal disuguhkan tampilnya sejumlah pebalap internasional, seperti Marc Marquez, Valentino Rossi dan lain sebagainya.

Persiapan demi persiapan pun terus dilakukan pihak dalam pembangunan sirkuit sepanjang 4,31 kilometer itu. Nantinya, Indonesia menjadi tuan rumah seri ke-15 MotoGP, setelah Malaysia dan Thailand.


Rapsel Ali, Ketua Tim MotoGP Indonesia mengatakan bakal segera membentuk tim tersebut, yang nantinya ‘bertugas’ untuk mengangkat potensi-potensi dengan terlaksananya balap MotoGP di Tanah Air.

“Alhamdulillah, sekarang kita sudah mendapat restu (membentuk Tim MotoGP Indonesia) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indoneisa. Dan dalam waktu dekat ini kita akan meresmikannya,” kata pria yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi Vl DPR-RI, Jumat (9/10).

Team MotoGP Indonesia Bersiap Hadapi Musim Pertama Di Mandalika 2021

Rapsel menambahkan, sejatinya tim tersebut telah terbentuk, di mana di dalamnya terdapat orang-orang yang berkompeten di bidang olahraga sport otomotif ini.

Adanya tim ini, lanjutnya, bertujuan untuk meningkatkan sektor pariwisata, sport tourism, industri otomotif, teknologi serta masih banyak lagi lainnya.

“Di dalamnya, tim ini pasti akan ada nama-nama pebalap Indonesia yang berkolaborasi dengan teknical support dari negara lain, untuk membuat tim yang sangat kuat dan solid,” imbuhnya.

“Kami sangat optimis, karena Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di dunia. Jadi selayaknya rider-rider Indonesia akan muncul, salah satunya kita sudah ada Dimas Ekky Pratama, pebalap Moto2 ini,” tambahnya.

Di sisi lain, Febby Sagita, Direktur Operasional Tim MotoGP Indonesia mengaku bahwa saat ini tim telah menjajaki untuk melakukan kerja sama dengan ‘bendera’ yang bagus, sekaligus nantinya mempersiapkan segala sesuatunya.

“Dari kerja sama itu, dipersiapkan teknisi, motor dan melakukan serangkaian latihan seperti training camp. (Training camp) Ini yang masih kurang di Indonesia,” ujar Febby.

Dari training camp tersebut, Febby ingin melakukan latihan sebelum pra musim agar bisa mendapatkan bibit baru para pebalap-pebalap muda dan berprestasi di Tanah Air.

Team MotoGP Indonesia Bersiap Hadapi Musim Pertama Di Mandalika 2021

Sementara Febby pun menyinggung soal internal tim, yang diklaim sudah mempersiapkan orang-orang yang berkompeten. Untuk itu, dia berharap dukungan dari pemerintah dalam membangun fasilitas training camp bagi pebalap junior.

Menurutnya, saat ini untuk pelatihan tersebut masih dipegang oleh swasta, sementara fasilitas training camp ‘milik’ negara masih belum ada.

“Dengan makin banyaknya training camp yang dikelola oleh negara, maka akan semakin banyak bibit-bibit muda berprestasi yang dapat diorbitkan di masa depan,” pungkas Febby.

• Spread The Love •

Your Comment