Skutik Terasa Goyang, Cek part Engine Mounting nya

OTOExpo.com –  Sepeda motor matik memang mudah dikendarai. Cukup dengan rem dan gas saja sehingga membuat motor jenis ini laku keras di pasaran tanah air.

Selama penggunaan dan waktu, motor matic terkadang terasa goyang saat dibawa jalan. Apalagi goyangan makin terasa saat melewati jalan rusak ataupun “polisi tidur”.  Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi motor bisa seperti itu. 

Seperti diketahui, kondisi jalanan indonesia banyak yang tidak rata, bahkan ada beberapa ruas jalan yang rusak. Terlebih saat musim penghujan hingga membuat kinerja motor menjadi semakin extra.

Hal tersebut mengakibatkan beberapa komponen banyak yang cepat rusak seperti bearing roda, jari-jari roda cepat kendor, bearing komstir cepat aus bahkan pelek bisa peang.

Dari beberapa faktor tadi ada, terkadang ada yang luput dari perhatian kita yaitu kondisi engine mounting.

Skutik Terasa Goyang, Cek part Engine Mounting nya
Posisi engine Mounting di Yamaha Aerox 155
Engine Mounting

Engine mounting berfungsi sebagai penyambung, bantalan serta peredam getaran mesin agar getaran dari mesin tidak terlalu besar.

Meskipun jarang melewati jalanan rusak engine mounting tetap akan rusak. Biasanya kerusakan apabila motor sudah diatas 5 tahunan.

Jika engine mounting sudah aus atau bahkan bearingnya sudah oblak pada saat jalan motor terasa goyang, terutama saat motor sedang nikung sangat terasa goyangan dari belakang.



Apabila sudah seperti kasus ini, segera ganti karet engine mounting. Penggantian  engine mounting untuk skutik biasanya menghabiskan biaya kisaran Rp. 150 ribu hingga Rp. 200 ribuan.

Adapun komponen yang perlu diganti berupa karet engine mounting, bos karet engine mounting dan bearing.

• Spread The Love •
  • 4
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.