Lakukan Cek Kesehatan Secara Berkala

OTOExpo.com – Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Pasalnya, sehat itu mahal dan hidup tidak selalu bisa bebas dari sakit. Di sisi lain, biaya rawat inap tak dapat diprediksi, biasanya jumlahnya bisa lebih besar dari kemampuan bayar. Lalu, apakah kita bisa hidup bebas dari biaya rumah sakit?

Asuransi Kesehatan

Vice President of Life Operation Division Sequis Eko Sumurat mengatakan, memiliki asuransi kesehatan adalah solusi untuk melindungi anggaran keluarga ketika terjadi risiko sakit. Artinya, ketika harus rawat inap dan pasca rawat inap kita harus menyiapkan sejumlah uang untuk biaya rumah sakit. Biaya yang harus disiapkan tersebut belum termasuk biaya lainnya, seperti transportasi dan makan bagi keluarga yang menjaga pasien.

Karena biaya rumah sakit yang sangat tinggi, seringkali anggaran lainnya harus dikorbankan sehingga rencana lain pun tertunda. Selain itu, karena biaya medis tidak dapat diprediksi bisa jadi malah menambah beban utang kartu kredit atau utang lainnya.

Dialihkan Ke Perusahaan Asuransi

Itu juga belum menghitung biaya pasca rawat inap seperti checkup, terapi, atau kontrol lanjutan. Dengan memiliki asuransi kesehatan maka sejumlah biaya untuk rawat medis dapat dialihkan ke perusahaan asuransi sebagai penanggung dan keuangan keluarga pun dapat tetap terjaga.

Lalu kapan sebaiknya memiliki asuransi? Tentu saja ketika kita sehat, malah akan lebih baik memiliki asuransi saat usia masih muda. Untuk itu, gaya hidup sehat, seperti makan yang bergizi, berolahraga teratur, cukup istirahat, dan tidak stres sangat penting agar tubuh bugar dan produktif.

Polusi dan Pencemaran Lingkungan

Namun, aktivitas baik tersebut belum cukup, menurut Manager Medical Underwriter Sequis dokter Fridolin Seto Pandu kita tidak bisa menghindari polusi dan pencemaran lingkungan di sekitar kita, belum lagi mudahnya penularan penyakit karena semakin banyak virus dan bakteri karenanya kita perlu melakukan pemeriksaan kesehatan rutin sebagai salah satu upaya pencegahan (preventive).

Medical Check Up

Pencegahan rutin yang dimaksud adalah Medical Check Up (MCU). Jika kita rutin melakukan pemeriksaan MCU secara berkala tentu akan membantu kita mendiagnosis penyakit yang berpotensi menjadi penyakit serius sehingga akan lebih mudah diobati sebelum terlambat. Selain itu, rutin melakukan MCU akan membuat kita lebih waspada terhadap gejala dan tanda penyakit.

Melakukan pemeriksaan kesehatan bermanfaat saat mengajukan asuransi karena informasi kesehatan akan menentukan beberapa hal, seperti besaran premi, apakah perlu ekstra premi, peninjauan pengajuan asuransi atau malah pengajuan asuransi ditolak.

“Biasanya masyarakat menjadi lebih sadar untuk melakukan pemeriksaan jika ada anggota keluarga yang terkena penyakit, ada riwayat penyakit dalam keluarga, atau jika merasakan gejala dalam tubuh yang mengganggu aktivitasnya, padahal jika sejak awal melakukan MCU ada beberapa penyakit yang dapat dicegah penyebarannya karena terdeksi sejak dini melalui MCU,” ujarnya. 

Asuransi kesehatan adalah solusi untuk menjalani pemulihan kesehatan tanpa perlu kuatir biaya perawatan. Oleh karena itu, sangat penting melakukan MCU guna mendeteksi penyakit lebih dini dan  jika ada penyakit lebih cepat disembuhkan dan tentu saja akan memudahkan pengajuan asuransi karena proses underwriting akan lebih cepat,” tambah dr. Fridolin.

Sequis Q Infinite MedCare Rider

Sepanjang tahun 2018 katanya, Sequis Life telah membayarkan klaim kesehatan senilai  lebih dari Rp 11 miliar untuk Sequis Q Infinite MedCare Rider.

“Dari jumlah tersebut kami menilai bahwa antusiasme nasabah pada asuransi kesehatan melalui Sequis Q Infinite MedCare Rider cukup besar,sehingga di tahun ini kami melakukan beberapa penambahan manfaat.

Salah satunya adalah penambahan  limit booster yang berfungsi untuk menaikan batas tahunan hingga Rp 90 miliar per tahun. Serta penambahan 1 Plan baru yaitu IMC Plan 0 dengan wilayah perlindungan Indonesia dan Malaysia.” tutup Eko.

Lakukan Cek Kesehatan Secara Berkala

Comment