Seberapa Penting Sekolah , Nilai Dan Gelar ?

OTOExpo.com – Sebelum akses internet terbuka luas dengan harga yang terjangkau seperti sekarang, sumber informasi, pengetahuan, dan aktivitas belajar hanya bisa didapatkan di sekolah.

Sekolah

Dengan belajar di sekolah, semua orang mendapatkan sumber informasi dan pengetahuan yang terstandarisasi dari pihak sekolah, bahkan dari kurikulum negara. Berbeda dengan saat ini di mana akses terhadap informasi sudah terbuka lebar, pengetahuan mengenai apapun dapat diperoleh oleh siapapun dari internet.

Kanal YouTube Nihongo Mantappu belum lama ini merilis video berjudul  “Sekolah, Nilai, Gelar, Penting Gak Sih?!” yang menghadirkan Sabda PS, Co-founder Zenius Education.

Dalam video ini, Sabda berdiskusi dengan influencer pendidikan Jerome Polin dan menjelaskan mengenai pentingnya sekolah, nilai, dan gelar di era pertumbuhan teknologi yang sudah menyediakan akses mudah terhadap informasi dan pengetahuan bagi semua orang.

Apabila kita sudah mendapatkan ilmu dari luar, lalu apa pentingnya sekolah?

Menurut Jerome, hal yang didapat dari sekolah itu adalah pertemanan dan juga nilai-nilai kehidupan. Sebelum terjun ke dunia nyata, seseorang harus memiliki persiapan mental, dan sekolah juga memberikan tekanan pada peserta didiknya.

Seberapa Penting Sekolah , Nilai Dan Gelar ?

Di sekolah inilah seseorang akan memiliki kemampuan menghadapi masalah, tanggung jawab, manajemen waktu, dan banyak hal-hal lainnya.

“Belajar ilmu mungkin bisa didapat dari tempat lain, tetapi yang paling penting dari sekolah itu belajar berteman dan bermasyarakat. Belajar dan mendalami keilmuan itu bisa dilakukan di mana-mana, namun yang paling sulit didapatkan di luar sekolah itu selain belajar berteman, kita juga belajar menghargai budaya orang lain— terlebih kalau bersekolah di sekolah campur yang terdiri dari berbagai macam suku, ras dan agama. Kita juga bisa belajar bertoleransi dan berkompromi dengan yang lain,” ujar Sabda.

Sabda menambahkan, “Buat apa sih kita belajar sesuatu yang tidak kita gunakan? Sebenarnya, belajar hal-hal seperti itu apabila dilakukan dengan benar akan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari sisi pembentukan pola pikir. Bukan isinya, tetapi dampak belajarnya terhadap otak sehingga akhirnya bisa berpikir logis.”

Menurutnya, sekolah itu penting untuk merangsang rasa ingin tahu terhadap ilmu pengetahuan. Dengan belajar semua hal tersebut di sekolah, siswa tidak diwajibkan untuk jago semua hal dan tahu semua ilmu secara detil. Dengan hanya mengetahui big picture dari suatu bidang ilmu, maka siswa sudah mendapatkan fungsi fundamental dari sekolah.

Apa pentingnya gelar?

Sabda menganggap bahwa gelar adalah semacam label bahwa seseorang sudah menguasai sesuatu. Misalnya, ketika seseorang sakit dan pergi berobat ke dokter, lalu dokternya tidak memiliki gelar, tentu saja akan timbul pemikiran apakah orang yang menangani keluhannya memang seorang dokter atau bukan.

Untuk bidang tertentu seperti dokter, tentu gelar itu sangatlah penting. Namun, untuk beberapa bidang lain seperti misalnya programming, indikator penguasaan ilmunya tidak hanya dilihat dari gelar.

Para programmer tidak butuh gelar untuk mengukur kemampuannya, mereka akan dianggap menguasai bidang mereka dari program yang sudah berhasil mereka buat.

Gelar

Gelar juga bisa menjadi sebuah masalah, karena tingkat kepercayaan seseorang terhadap suatu gelar sangat bergantung kepada lembaga yang memberi cap gelar tersebut.

Tidak menutup kemungkinan bahwa suatu lembaga pemberi gelar bisa saja memiliki standar yang salah. Banyak kasus yang dapat ditemui sehari-hari di mana orang tidak menguasai bidang tertentu tetapi memiliki gelar di bidang tersebut.

“Sekolah penting atau tidak, ya ada pentingnya. Yang penting sekali dari sekolah adalah belajar bermasyarakat. Kalau belajar ilmunya itu bisa dari mana saja, tapi belajar bermasyarakat ini dipelajari di sekolah. Sekolah itu juga tempat kita mencari jati diri,” tutup Sabda.

Comment