OTOExpo.com – Rem merupakan komponen yang wajib pada kendaraan. Pemakaiannya yang sering tentu membutuhkan perawatan ekstra agar tetap meksimal.

Malahan apabila jarang dibersihkan, sering munculnya bunyi berdecit ketika menginjak pedal rem. Bunyi yang menggangu tersebut tentunya mengurangi kenyamanan pengemudi mobil di dalam kabin.

Jika rem yang berdecit terus menerus dibiarkan, maka efeknya bisa membuat kampas dan cakram menjadi cepat tipis.

Untuk menghilangkan bunyi rem berdecit akibat debu dan kotoran yang menempel sebenarnya bukanlah perkara yang sulit,

Berikut ini cara membersihkannya

Peralatan

Siapkan kunci roda, dongkrak, lap, kuas halus, cairan khusus pembersih rem, dan kompresor jika ada.

Cakram dan Tromol

Bersihkan dua komponen utama yakni cakram dan tromol. Pada bagian cakram, langkah awal membersihkannya adalah dengan melepas ban menggunakan kunci roda. Sebelumnya, dongkrak dulu body mobil dan ganjal bagian roda lainnya.

Jika cakram sudah terlihat, semprotkan cairan pembersih rem mobil hingga merata. Jarak penyemprotan antara cakram dan brake cleaner sekitar 10-15 cm.

Semprotkan hingga merata agar piringan cakram benar-benar basah dan sudah merontokkan kerak yang ada.

Langkah selanjutnya, keringkan dengan lap bersih yang sudah disiapkan, sekaligus membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada cakram rem tersebut. Lakukan penyemprotan sekali lagi hingga benar-benar bersih.

Tromol

Saat membersihkan tromol caranya juga hampir sama, hanya saja tromol harus dilepas dari rumahnya. Cara melepas tromol bisa diketok menggunakan palu secara hati-hati untuk mempermudah. Setelah terlepas, bersihkan tromol dengan kompresor jika ada. Atau gunakan kuas halus yang sudah disiapkan.

Jika debu sudah hilang, lakukan penyemprotan dengan brake cleaner agar hasilnya maksimal. Setelah melakukan kedua hal tersebut, pemilik mobil bisa langsung memasang kembali bagian kaki-kaki mobil. Pengemudi mobil bisa mencoba apakah bunyi rem berdecit masih ada setelah melakukan pembersihan ini.

Leave Comment